Sukses

Fashion

5 Tips Membuat Capsule Wardobe, Strategi untuk Fashion Berkelanjutan

Fimela.com, Jakarta Fast fashion telah memungkinkan banyak dari kita untuk memenuhi lemari pakaian sambil tetap tidak menguras kantong. Maka tak heran banyak orang yang gemar berburu fast fashion.

Padahal, fast fashion adalah salah satu penyebab limbah fashion terbesar di dunia yang merusak lingkungan. Kehadiran fast fashion menimbulkan polusi air, tanah, dan penghasil gas emisi efek rumah kaca yang bisa berdampak pada perubahan iklim.

Sebagai langkah memulai gaya hidup yang ramah lingkungan, Capsule Wardobe patut kamu pertimbangkan. Sebab, capsule wardobe bisa mempengaruhi kebiasaan konsumsi fashion karena sudah memiliki rencana pakaian yang akan dikenakan.

Sehingga tak hanya lemari kamu yang tertata, kamu juga mendukung sustainability. Namun apa itu capsule wardobe dan bagaimana cara memulainya? Lebih lanjut berikut ini penjelasan selengkapnya.

 

Apa itu capsule wardobe?

Melansir dari Independent, Capsule Wardobe adalah lemari yang memuat pakaian yang telah terkoordinasi dengan baik. Capsule wardobe sebenarnya telah populer pada era 70-an.

Kala itu, pemilik butik Inggris Susie Faux menggunakan ide ini untuk menyempurnakan lemari pakaian mereka agar hanya memasukkan barang-barang penting berkualitas tinggi yang dapat dipakai secara bergantian.

Capsule wardobe dibuat dari beberapa jumlah pakaian yang telah dipersiapkan sebelumnya, sehingga memudahkanmu untuk mix and match satu sama lain dan menghasilkan banyak penampilan yang berbeda. Pada umumnya, capsule wardobe dibuat berdasarkan musim. Seperti pakaian untuk musim hujan ataupun pakaian musim panas.

Apa manfaat dari capsule wardobe?

Ada banyak sekali manfaat dari memiliki capsule wardobe. Mulai dari lebih menghemat biaya pengeluaran untuk membeli pakaian, menghemat waktu, lebih berkelanjutan, dan mengurangi stres.

Selain itu, kamu bisa menggunakan kreativitasmu untuk memadupadankan satu pakaian berkali-kali dengan style yang berbeda. Tentu selain hemat, cara ini lebih berkelanjutan ya, Sahabat Fimela.

Cara membuat capsule wardobe

1. Pilih pakaian dengan warna dasar

Pertama, kamu harus memilih pakaian dengan warna dasar yang cocok untuk dipadupadankan. Misalnya seperti warna hitam, navy, dan putih. Setelah itu pisahkan ke capsule wardobemu. Namun usahakan untuk memilih pakaian yang sering kamu gunakan, dan mementingkan kualitas, bukan kuantitas.

2. Tentukan outfit yang cocok dengan warna dasar

Pikirkan outfit yang cocok dengan warna dasar. Baik itu celana jeans, kemeja putih, kaus lengan pendek abu-abu. Sweter krem, atau rok hitam.

Saat kamu memilih hal-hal penting ini, pastikan semuanya berwarna netral  seperti hitam, putih, abu-abu, chambray, atau krem. Pastikan pula warna yang kamu pilih cocok dengan pakaian dengan warna dasar.

3. Pilih aksen

Apakah kamu memiliki warna favorit? Seperti pink, olive, atau brick? Silahkan kamu tambahkan beberapa atasan atau bawahan dengan warna favorit ke lemarimu.

Namun, dengan catatan pastikan outfit yang kamu pilih cocok dan bisa dipadupadankan dengan outfit warna dasar yang kamu punya.

4. Tambahkan beberapa item bermotif

Bosan dengan outfit polos? Jangan khawatir, kamu juga bisa menambahkan beberapa item bermotif. Tambahkan 1 hingga 3 item bermotif, baik itu atasan, bawahan, ataupun gaun.

Sebagai tips, kamu bisa memilih item fashion yang netral dan cocok dipadupadankan dengan oufit apapun. Seperti t-shirt  bergaris horizontal yang cocok untuk celana jeans maupun rok.

5. Pilih sepatu dan aksesori

Setelah kamu selesai membuat sebagian besar capsule wardobe, inilah saatnya kamu menambahkan sepatu dan aksesori. Untuk sepatu, kamu bisa menambahkan sepasang atau dua dengan warna dasar yang sama, navy atau hitam, menambahkan sepasang heels atau flat netral, tambahkan pasangan kasual, seperti sepatu kets, tambahkan sepatu bot atau sandal.

Jumlah pasang sepatu yang kamu pilih dan jenis sepatu tergantung pada gaya hidupmu. Untuk aksesori, pilih satu atau dua tas tangan. Tas tangan hitam atau krem ​​​​selalu merupakan tambahan yang bagus untuk lemari pakaian kamu karena warnanya cocok dengan pakaian kamu. Tambahkan kalung pernyataan atau satu atau dua syal untuk melengkapi kapsulmu.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Ide Padu Padan Gemas Busana Kembar Ibu dan Anak dari COTTONINK
Artikel Selanjutnya
55 Fashion Item Eklektik dalam Koleksi Kolaborasi Pomelo dan Pantone Bernuansa Kasual

Live Streaming

Powered by