Sukses

Fashion

Sejarah dan Perkembangan Celana Jeans Sampai jadi Fashion Item Populer Seperti Sekarang

Fimela.com, Jakarta Dari sekian banyak fashion item yang ada, celana jeans bisa dibilang salah satu yang tak pernah lekang oleh waktu. Secara style, jeans pun cocok dikenakan baik untuk perempuan maupin laki -laki.

Namun siapa sangka, celana berbahan jeans ternyata punya sejarah yang panjang dan cukup historical dalam berkembangannya. Di channel YouTube 3Second TV dalam program 3Logyshow, hal itu diulas secara lengkap dan menyeluruh. Seperti apa, berikut ulasannya.

Sejarah Perkembangan

 Kata Jeans sendiri sudah muncul sejak tahun 1800-an. Kala itu, Jeans dikenal untuk sebutan pabrik berbahan 100% cotton. Di abad 20, jeans mengalami perubahan makna menjadi garment.

Sebelum menjadi item fashion seperti sekarang, jeans ternyata awalnya banyak digunakan untuk pekerjaan berat seperti para pekerja tambang  atau mereka yang bekerja di medan berat. Celana jeans awalnya dibuat berfungsi untuk melindungi para pekerja dari meterial tambang yang kasar.

Bahan jeans pertama kali muncul di Genoa, Italia dan Nimes, Perancis. Celana berbahan jeans sendiri awalnya dibuat oleh penjahit bernama Jacob W. Davis untuk memenuhi kebutuhan pekerja tambang. Di jaman itu jeans juga hanya memiliki dua varian warna, yakni jeans hanya memiliki 2 varian warna, yaitu blue indigo dan cotton duck.

Seiring berjalannya waktu,  tren Celana Jeans mulai mendunia sejak dikenakan oleh pemain film ternama di Hollywood seperti Tom Hix pada tahun 1920 di film The Untamed, John Wayne di film Stagecoach, dan Garry Cooper di film The Westerner. Sejak saat itu, jeans mulai berkembang menjadi budaya counter culture hingga akhirnya celana jeans mulai banyak dikenakan sebagai item wajib dunia fashion mancanegara.

 

Fitur Dasar

Pada umumnya, celana jeans memiliki fitur-fitur dasar seperti zipper, rived, arcuate, dan watch pocket yang merupakan saku berukuran kecil yang biasa terdapat dibagian atas saku utama dari celana jeans.

Tak banyak yang tahu jika watch pocket awalnya berfungsi untuk menyimpan jam kecil atau kompas. Meski saat ini cenderung jarang lagi digunakan oleh sebagian besar orang, namun saku kecil tersebut tidak pernah hilang dan tetap menjadi bagian yang khas dari celana jeans.

Tentang 3Logyshow

3logyshow sendiri merupakan program yang di-create oleh 3Second untuk bisa membuka wawasan publik mengenai dunia  fashion. 3Logyshow merupakan salah satu konten edutaiment di channel youtube 3Second TV yang menyuguhkan berbagai pengetahuan mengenai Fashion secara mendetail, mulai dari sejarah hingga berbagai fungsi dalam sebuah produk Fashion yang tidak banyak orang ketahui.

 

Selain sejarah dan perkembangannya, dalam episode perdana 3Logyshow yang sudah tayang di channel YouTube 3Second TV juga membahas sisi lain soal celana jeans. Para milenial diberi pemaparan secara rinci tentang tips dan trik bagaimana cara styling yang tepat dan cocok dengan celana jeans, baik untuk tampil formal maupun kasual sesuai dengan kebutuhan.

 

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading