Sukses

Fashion

4 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan ketika Memilih High Heels

Fimela.com, Jakarta Sepatu high heels atau hak tinggi merupakan pilihan sepatu yang biasa digunakan dalam acara-acara tertentu. Namun, biasanya pemakai sepatu high heels ini mengalami masalah kaki, lutut, bahkan punggung sehingga menimbulkan ketidaknyamanan ketika menggunakan sepatu tersebut. 

Seberapa besarnya kamu menyukai sepatu high heels, kamu harus memilih opsi yang lebih sederhana untuk penggunaan sehari-hari. Sehingga dalam pemakaiannya akan merasa nyaman dan tidak terganggu dengan rasa sakit yang disebabkan oleh penggunaan sepatu hak tinggi yang salah. 

Rasa sakit yang dirasakan saat menggunakan sepatu high heels ini, berdasarkan penelitian disebabkan oleh otot kaki yang bekerja terlalu keras dan terdapat ketidakseimbangan otot kaki saat digunakan untuk berjalan

Dilansir dari verywellhealth, beberapa podiatris dan spesialis ortopedi memberitahukan secara langsung beberapa masalah yang timbul dari penggunaan sepatu hak tinggi. Apa saja? Simak penjelasan berikut.

Sepatunya tidak pas

Perhatikan celah antara sepatu dan area tumit serta lengkungan dari sepatu tersebut, karena hal itulah yang menunjukkan sepatu yang digunakan terlalu panjang atau terlalu lebar. 

Hal ini dapat menyebabkan kaki bergeser di sekitar sepatu saat berjalan dan pasti akan menyebabkan rasa sakit serta ketidaknyamanan karena kaki yang lecet. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan ukuran kakimu dari tahun ke tahun, karena seringkali ukuran kakimu berubah seiring bertambahnya usia.

Agar terhindar dari ketidaksesuaian sepatu ini dengan kakimu, pastikan untuk selalu mengukur panjang dan lebar kakimu sebelum membeli sepatu. Ukuran sepatu yang tepat mungkin tidak selalu cocok. Jadi, cobalah beberapa gaya yang berbeda sampai kamu menemukan yang paling nyaman.

 

Toe Torture

Dalam Bahasa Indonesia, istilah ini diartikan sebagai penyiksaan jari kaki. Hal ini sangat sering terjadi ketika seseorang menggunakan sepatu hak tinggi dengan model bagian depan yang runcing. 

Dengan menggunakan sepatu yang bermodel seperti itu, maka otomatis jari-jari kaki akan terjepit ke dalam sepatu. Kondisi inilah yang memaksa jari-jari kakimu untuk bekerja lebih keras dalam menjaga stabilitas. 

Sebaiknya, pilihlah model yang memiliki lebih banyak ruang dan menghindari bentuk runcing pada bagian kaki sehingga memungkinkan kakimu untuk bisa bergerak lebih fleksibel ketika menggunakan sepatu hak tinggi tersebut. 

 

Terlalu tinggi

Salah satu masalah yang paling umum dirasakan ketika memakai sepatu hak tinggi adalah rasa sakit pada jari-jari kaki, terutama ibu jari. Tumit yang lebih tinggi berarti akan menimbulkan tekanan pada jari kaki, pergelangan kaki, serta lutut. Tekanan ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya ketinggian dari sepatu tersebut. 

Dalam memilih sepatu hak tinggi, ada baiknya kamu memilih sepatu dengan bahan yang nyaman, seperti adanya bantalan pada bagian tumpuan kaki. Selain itu, pilihlah sepatu hak tinggi yang tumitnya diposisikan di belakang, bukan yang di tengah.

Gaya spatu yang tidak sesuai dengan kaki

Jika kamu memiliki kaki dan pergelangan kaki yang besar, namun kamu memilih sepatu dengan ukuran kecil, maka kakimu akan kesulitan ‘bernapas’, dan membuat kakimu lelah, sakit, dan berisiko mengalami keseleo pada pergelangan kaki. 

Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih gaya sepatu yang sesuai dengan bentuk kakimu, dan sepatunya menggunakan bahan yang nyaman di bagian dalam. 

Penulis: Chrisstella Efivania

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Sederet Idola K-Pop Pria Menentang Norma Gender Menggunakan Sepatu Hak Tinggi dari BTS hingga NCT