Sukses

Fashion

6 Fakta Menakjubkan Mahkota Ratu Elizabeth II dengan Berat Capai 1 Kilo

Fimela.com, Jakarta Mahkota tentu indektik digunakan bagi para ratu, tidak terkecuali Ratu Elizabeth II dari Inggris. Bukan sembarangan aksesori kepala, mahkota juga memiliki makna mendalam.

Melansir brightside, berikut ini beberapa fakta menari mahkota Ratu Elizabeth II yang bisa sahabat Fimela ketahui. Apa saja mari kita simak.

1. Sejarah mahkota

Fakta pertama tentu kita harus tahu dahulu asal usul mahkota Ratu Elizabeth. Istilah Mahkota Negara Kekaisaran berasal dari abad kelima belas, ketika raja Inggris memilih desain tertutup oleh lengkungan untuk menunjukkan bahwa Inggris tidak tunduk pada kekuatan duniawi lainnya.

Pada 1937, potongan itu dibuat untuk penobatan ayah Ratu, George VI, tetapi didasarkan pada mahkota yang dirancang untuk Ratu Victoria pada tahun 1838.

2. Desain mahkota

Mahkota dibuat tentu tidak sembarangan, mahkota yang sering digunakan oleh Ratu Elizabeth II terdiri dari bingkai emas kerawang yang menakjubkan, hampir 3.000 berlian di tunggangan perak, 17 safir, 11 zamrud, dan sekitar 270 mutiara. Dengan berat kira-kira satu kilogram.

Tidak hanya itu, ada juga berlian besar, beberapa batu rubi dan safir, yang menghiasi bagian depan dan belakang salah satu mahkota paling terkenal dalam sejarah.

Permata yang hiasi mahkota memiliki nilai perkiraan kolektif antara 3 dan 5 miliar pound ($4-$7 miliar). Berlian Cullinan I, yang merupakan permata terbesar dalam koleksi, bernilai 400 juta pound (sekitar $550 juta). Namun, tidak ada catatan resmi tentang berapa nilai Imperial State Crown saja.

3. Didesain ulang

Mahkota kerajaan Inggris digunakan secara turun temurun, tak heran jika kemudian mahkota tersebut sudah didesain ulang untuk mendapatkan bentuk dan keindahan baru yang semakin menakjubkan.

Untuk penobatan Elizabeth II pada tahun 1953, mahkota kerajaan Inggris mengalami desain ulang untuk membuatnya lebih ringan dan lebih feminin, karena raja muda itu baru berusia 27 tahun saat itu. Jadi, ada perbedaan antara desain yang digunakan oleh George VI dan ratu saat ini.

4. Digunakan pada acara tertentu

Ratu Elizbeth II juga tidak setiap hari mengguanakan mahkota, ia hanya menggunakan ketika ada acara tertentu, misalnya saja saat penobatan.

Mahkota indah tersebut biasanya akan dibawa dari Menara London di mana biasanya tempat untuk disimpan, sampai ke Istana Westminster.

5. 3 Mahkota 1 Acara

Ratu Elizabeth II juga pernah menggunakan 3 mahkota dalam satu waktu. Pada tahun 1953, Ratu Elizabeth II tidak mengenakan 1 atau 2 mahkota selama penobatannya, melainkan mengganti 3 mahkota besar untuk menghiasi kepalanya.

Pertama, ratu mengenakan Mahkota Negara George IV dalam perjalanannya ke upacara. Selanjutnya, Mahkota St. Edward ditempatkan di kepala Ratu. Sementara untuk kembali ke Istana Buckingham, Elizabeth II mengenakan Mahkota Negara Kekaisaran.

6. Batu rubi di tengah mahkota

Batu rubi atau ‘Black Prince Ruby’ terdapat di tengah mahkota. Batu semi mulia ini konon milik Peter I dari Kastilia, sering dikenal sebagai "The Cruel" dan kadang-kadang sebagai "The Just”.

Sebelum diberikan kepada Edward, Prince of Wales, yang dikenal sebagai "Black Prince." Pangeran ini diberikan batu sebagai hadiah pada tahun 1367 karena berhasil mengalahkan musuh-musuhnya dalam pertempuran.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading