Sukses

Fashion

6 Aturan Berpakaian Saat Interview yang Berpotensi Diterima Kerja

Fimela.com, Jakarta Tidak hanya kemampuan wawancara dan resume sempurna untuk memastikan kamu mendapatkan pekerjaan. Penampilan melalui pakaian dan makeup saat interview kerja juga penting sebagai impresi pertama.

Cara kamu berpakaian saat interview kerja bisa mempengaruhi hasil dan penilaian perusahaan terhadap kualitas interview itu sendiri. Dikutip dari Purewow, setidaknya kamu harus memahami aturan berpakaian saat interview berikut ini dan berpotensi diterima kerja.

1. Pakaian Dalam

Terdengar sepele, namun menjadi esensial saat interview kerja. Bahkan di industri fashion sekalipun yang seringkali berpakaian santai, tidak berarti kamu bisa mengenakan atasan off the shoulder yang membuatmu tidak harus menggunakan bra.

2. Tampilan yang lebih konservatif

Tidak semua lapangan kerja mengharuskanmu menggunakan setelan jas saat interview kerja. Namun juga tidak berarti kamu bisa mengenakan jeans dan oversize shirt. Gunakan pakaian yang memperlihatkan kesopanan, seperti kardigan yang rapi dengan celana panjang dan kemeja berkancing.

 

3. Jangan perlihatkan belahan dada

Tampil seprofesional mungkin. Itu artinya kamu harus memastikan pakaian yang dikenakan tidak menonjolkan area tubuh tertentu, termasuk dada. Pastikan kamu telah memperbaiki kancing kemeja yang rusak.

4. Tidak terlalu ketat

Aturan ini lebih mengutamakan kenyamanan daripada apapun. Jika kamu terkekang secara fisik, kamu cenderung tidak bisa berpikir jenis dan mengikuti alur selama wawancaara. Merasa nyaman adalah kunci untuk membuat kesan yang baik.

5. Tidak menggunakan celana olahraga meski interview lewat Zoom

Interview kerja di masa pandemi mengharuskanmu melakukannya melalui aplikasi Zoom. Namun jangan berpikir kamu hanya akan kenakan atasan yang sesuai namun tidak dengan bawahannya. Berpakaianlah dengan rapi layaknya interview secara langsung. Terkadang ada beberapa hal tak terduga yang mengharuskanmu berdiri saat interview kerja.

6. Berlatih dengan pakaian yang akan kamu kenakan

Aturan ini cukup fleksibel, kamu bisa menerapkannya atau tidak. Tujuannya adalah memastikan kamu sendiri tahu bagaimana rasanya bergerak dengan pakaian yang akan kamu kenakan saat interview kerja. Jika dirasa tidak nyaman, masih ada waktu untuk mencari pilihan yang lebih baik.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading