Sukses

Fashion

Diary Fimela: Kisah Sukses Brand Fashion Lokal, Jadi Langganan Selebritas Tanah Air hingga Tampil di Times Square New York

Fimela.com, Jakarta Tidak ada lagi alasan untuk tak mencintai produk lokal. Pasalnya, brand dalam negeri juga memiliki desain dan kualitas yang tak kalah bersaing dengan brand-brand luar negeri. Termasuk brand fashion lokal.

Salah satu brand fashion lokal yang patut diacungi jempol adalah, Sideline. Didirikan tahun 2017 oleh Shinta Tanjung, Sideline merupakan brand fashion modest wear yang banyak disukai wanita di Indonesia dengan berbagai koleksinya yang wearable dan mix and match friendly.

“Target market sideline sendiri adalah perempuan usia 25-35 yang dinamis. Modest wear tetapi punya activity yang banyak, jadi sebenarnya garis merah Sideline sendiri adalah statement items yang easy to mix and match supaya setiap orang di Sideline bisa menampilkan dirinya sesuai dengan kepribadiannya,” ujar Dian Permata, Brand Manager Sideline kepada Tim FIMELA.

Berkolaborasi dengan Lesti Kejora

Shinta sendiri memang memiliki ketertarikan pada bisnis dan fashion. Jauh sebelum mendirikan Sideline, di tahun 2009 dirinya bahkan memiliki suatu butik fashion muslim di daerah Cikini.

Dengan latar belakang sebagai entrepreneur, Shinta kemudian mengembangkan bisnisnya, adaptasi model, hingga kini sukses membangun Sideline menjadi brand lokal yang juga disukai selebritas Tanah Air.

Sideline saat ini sudah banyak melakukan kolaborasi dengan berbagai kalangan public figure di Indonesia seperti Lesti Kejora, Dewisya, Athieqah Asy-Syahidah dan Amelia Elle. Teranyar adalah kolaborasi bersama Lesti Kejora, Athieqah Asy-Syahidah, dan Dewisya yang bertajuk ‘Dewi Raya’ Series, koleksi spesial untuk sambut Hari Raya Idul Fitri 2021.

“Lesti Kejora, Athieqah Asy-Syahidah, dan Dewisya ini merupakan orang-orang yang pernah berkolaborasi dengan Sideline. Menurut kami tiga public figure ini mewakili pesonanya customer Sideline,” tutur Dian.

Kolaborasi Sideline dengan Lesti Kejora ini bukan kali pertama. Sebelumnya Sideline dan Lesti Kejora sempat berkolaborasi pada tahun 2020, tepatnya pada perayaan ulang tahun Lesti Kejora di salah satu stasiun televisi.

“Jadi kami dihubungi untuk menyediakan wardrobe Lesti Kejora untuk acara ulang tahunnya di salah satu stasiun televisi. Setelah beberapa kali punya kesempatan bertemu, ternyata secara personal Lesti menyukai Sideline dari dulu. Akhirnya keluarlah kolaborasi pertama di bulan September 2020,” jelasnya.

Tampil di Times Square New York

Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-76, Sideline telah mengharumkan nama Indonesia dengan keberhasilannya muncul di tengah hiruk pikuk Times Square New York, Amerika Serikat. Sideline menjadi salah satu dari enam belas brand Indonesia yang terpilih muncul di videotron Times Square New York.

“Ini menjadi salah satu keberuntungan Sideline karena bergabung di Hypefast. Hypefast sendiri selalu punya visi memajukan brand lokal yang berada di bawah payung Hypefast, jadi Sideline menjadi salah satu brand yang berkesempatan menampilkan diri di New York kemarin,” kata Dian.

Strategi di masa pandemi

Tak bisa dipungkiri pandemi membawa imbas terhadap industri fashion dan retail secara global, termasuk Sideline. Namun inovasi akhirnya menyelamatkan eksistensi Sideline.

Inovasi-inovasi yang dilakukan antara lain mulai dari bergabung dengan Hypefast hingga meluncurkan koleksi-koleksi pakaian yang nyaman untuk di rumah.

“Karena Sideline sendiri setiap koleksinya merupakan statement items yang cocok untuk pergi keluar, kini kami beradaptasi meluncurkan pakaian yang lebih nyaman dipakai untuk di rumah. Seperti homewear, loungewear, dan baju-baju untuk work from home. Kami juga meningkatkan engagement social media,” terang Dian.

Selain itu, Sideline juga memiliki campaign yang bertajuk #PPKM (Pesan Kirim dan Makanan) yang mana program ini bertujuan menyumbangkan 100% profit dari penjualan defect sale.

“Jadi kami akan menyumbangkan 100% profit penjualan kita yang akan kita beri kepada ojol atau orang-orang yang membutuhkan. Para ojol juga mendapatkan fee untuk membelikan makanan pada warung-warung atau tempat makan yang terdampak pada pandemi, kemudian makanannya akan dibagikan. Jadi kami harapkan ada multiplier effect di situ,” kata Dian.

Semua produk Sideline bisa didapatkan melalui Instagram @sidelinelabel, situs resmi, dan berbagai e-commerce.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Merayakan 10 Tahun Minang Heritage, Ria Miranda Gelar RiaMiranda Annual Show 2022
Artikel Selanjutnya
Dualisme Kehidupan Menjelma dalam Koleksi Terbaru SVH Juxtaposition Fall Winter 21/22