Sukses

Fashion

Merawat Perhiasan Berlian Ternyata Ada Triknya

Fimela.com, Jakarta Punya koleksi perhiasan berlian kesayangan? Tentu sangat membanggakan. Terlebih dengan perhiasan tersebut, kamu bisa tampil menawan dan elegan setiap saat. Hal ini belum ditambah jika berlian tersebut menyimpan kenangan spesial, seperti pemberian orang tersayang, biasanya jadi enggan untuk melepasnya.

Meski begitu, jangan hanya dipakai terus-terusan. Apapun bentuknya, mau itu cincin berlian, anting berlian, atau liontin berlian, kamu juga perlu melakukan perawatan. Hal ini diperlukan agar kilau perhiasan berlian yang kamu miliki tetap terpancar. Nah, biar tak salah melakukan perawatan, berikut trik merawat perhiasan berlian yang tepat.

Hindari Paparan Logam Mulia ke Bahan Kimia

Berlian tak boleh dibersihkan dengan sembarang cairan, termasuk bahan kimia yang terkandung di dalam parfum, losion, kosmetik hingga skincare. Jauhkan perhiasan berlian dari produk-produk tersebut. Sebab, paparan bahan kimianya bisa meninggalkan residu pada permukaan berlian. 

Jika terpapar terus menerus, maka dapat menyebabkan berlian jadi memudar dan kehilangan kilaunya. Supaya residu ini bisa dihindari, kamu bisa makeup, memakai losion hingga parfum terlebih dulu. Minimal tunggu selama lima menit, baru kemudian gunakan perhiasan berlian favoritmu.

Lepas Perhiasan saat Berenang

Cara lainnya yang perlu kamu lakukan untuk merawat perhiasan berlian adalah melepasnya saat berenang. Biasanya anting berlian dan cincin berlian kerap lupa melepas, kala berenang. Bukan hanya berisiko menyebabkan perhiasan terjatuh, tetapi kandungan klorin pada air dalam kolam renang juga bisa berdampak buruk. Klorin mudah bereaksi dengan emas yang biasa digunakan sebagai tempat untuk mengikat berlian. Ketika terus terpapar klorin, logam emas jadi melunak. Hal ini bisa mengakibatkan berlian terlepas, bahkan bisa berakhir hilang karena sulit ditemukan.

Hindari Menggosok Perhiasan Berlian dengan Logam Lain

Sekalipun berlian bersifat keras dan tahan dengan gesekan, bukan artinya tak bisa tergores. Hindari menggosok berlian dengan logam mulia lain, bahkan sesama berlian. Selain itu, jangan gunakan cincin berlian saling berdekatan, agar tak sampai terjadi gesekan. Begitu juga dengan gelang berlian bertumpuk-tumpuk. Gesekan yang terjadi akan membuat kualitas berlian jadi berkurang.

Simpan di Kotak Khusus yang Bersih, Kering, dan Punya Permukaan Lembut

Supaya berlian tetap terawat dengan  baik, simpan berlian pada kotak terpisah. Jika bisa kotak tersebut memang dibuat khusus untuk menyimpan perhiasan berlian. Jangan mencampur cincin berlian, anting berlian, maupun perhiasan berlian lainnya jadi satu. Lagi-lagi karena hal tersebut bisa menyebabkan gesekan sekaligus bisa mengurangi kualitas berlian.

Goresan yang terjadi mungkin sangat kecil, hingga tak sampai terlihat mata. Namun saat dicek menggunakan alat khusus, biasanya kerap ditemukan cacat atau kerusakan akibat gesekan tak terduga tersebut.

Bagaimanapun keindahan kilau berlian akan selalu mencuri perhatian, jika kamu juga pandai merawatnya. Namun, bila kamu benar-benar telah memahami dengan betul dan mampu merawat berlian dengan tepat, tak ada salahnya untuk mulai menambah koleksi berlian terbaru, seperti #FlareCollection dari Frank & co.

Terinspirasi dari tennis ring yang klasik, koleksi tersebut hadir dengan modern twist, sehingga benar-benar mampu membuat pemakainya jadi tampak edgy, modern, youthful, stylish sekaligus elegan. Terlebih Flare Collection dari #FrankNco ini dibuat dengan susunan, taburan serta besarnya berlian dengan desain sedemikian rupa, sehingga cocok digunakan setiap hari.

Flare Collection hadir dengan berbagai pilihan produk terbaru, seperti anting berlian asli dan liontin berlian model terbaru BLAZE, anting berlian LUMINE, anting dan kalung plus liontin berlian SPARKLY, hingga yang tak kalah indah liontin dan cincin berlian wanita GLIMMER. Selain itu, ada juga cincin berlian cantik GLISTEN. Adapun untuk harga perhiasan berlian ini bisa kamu cek langsung di website Frank & co. Kamu juga bisa cek beragam model Flare Collection dari Frank & co. lainnya di Instagram @franknco_id.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengintip Zodiak yang Sering Terjebak Friendzone, Jangan-jangan Kamu Salah Satunya
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Sahabat adalah Soulmate yang Ditunggu Selama Ini