Sukses

Fashion

Cara Merawat Pakaian Berbahan Sutra agar Awet dan Tetap Lembut

Fimela.com, Jakarta Sutra adalah serat alami yang diproduksi oleh ulat sutra sebagai bahan untuk sarang dan kepompong mereka. Sutra dikenal karena kilau dan kelembutannya sebagai kain.

Sutra adalah macam kain yang sangat tahan lama dan kuat dengan lembaran dan kemilau yang indah. Sutra biasanya digunakan untuk membuat pakaian formal, aksesori, seprei, pelapis, dan banyak lagi.

Tampilannya terlihat berkelas karena memiliki efek mengilap yang natural. Permukaannya yang tipis dan mampu menyerap air, membuat bahan kain yang satu ini sangat mudah sobek. Perawatannya pun harus diperhatikan agar bisa bertahan lebih lama.

Untuk itu, berikut Fimela.com akan mengulas cara merawat pakaian berbahan dasar sutera agar tetap awet dan tetap lembut. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Cara Mencuci Pakaian Berbahan Sutra

Sebagian orang masih takut untuk mencuci pakaian berbahan sutra karena bahan sutra mudah sobek. Berikut beberapa cara yang dapat digunakan dalam mencuci pakaian berbahan kain sutra dengan menggunakan tangan.

  • Pastikan warna baju tidak luntur dan aman dicuci dengan tangan.
  • Isi ember dengan air hangat, campur dengan deterjen yang mempunyai kandungan yang lembut.
  • Rendam pakaian berbahan kain sutra selama 5 menit.
  • Cuci secara perlahan sembari mengucek baju, terutama pada bagian yang terlihat kotor.
  • Buang air rendaman dan isi kembali dengan air dingin.
  • Campur dengan pelembut pakaian yang lembut.
  • Bilas dengan air dingin hingga bersih.
  • Tekan secara perlahan untuk meneluarkan air dari kain sutra, jangan pernah memeras kain sutra dengan keras, hal ini dapat meregangkan serat-serat pada kain sutra.
  • Jemur pakaian berbahan kain sutra.

Cara Menyetrika Pakaian Berbahan Sutra

Salah satu jenis bahan yang sulit untuk disetrika adalah kain sutra. Kain dari benang yang berasal dari kepompong ulat sutra ini sangat tipis, lembut, dan halus, sehingga mudah terbakar saat disetrika. Maka dari itu, bahan ini pun harus diperlakukan dengan sangat hati-hati.

Ketika ingin menyetrika kain sutra, lapisi bagian atas dan bawah kain dengan bahan lain. Hal ini untuk menghindari kain bersentuhan langsung dengan setrikaan. Pastikan pula bahan yang melapisi kain sutra tidak lecek agar tidak membuat kain sutra menjadi lebih kusut.

Selain itu, kain sutra yang bermotif sebaiknya dibalik luar dalam saat disetrika agar motifnya tidak rusak saat kena setrikaan.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan menekan setrikaan terlalu dalam saat menyetrika kain sutra. Setrika kain secara lembut dan dalam satu arah. Sebab, jika kain disetrika secara bolak-balik, dapat timbul kerusakan.

Satu hal lagi yang penting untuk diperhatikan saat menyeterika kain sutra adalah mengatur suhu setrikaan. Suhu untuk menyeterika kain sehalus sutra tentu berbeda dengan temperatur untuk bahan setebal jeans. Karena itu, perlu diketahui besaran suhu yang diperlukan untuk beragam jenis bahan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading