Sukses

Fashion

Hiasan Kepala Lorde di Met Gala 2021 Viral, Disebut Mirip Siger Sunda

Fimela.com, Jakarta Tampilan sejumlah pesohor di karpet merah Met Gala tak lepas dari perhatian publik. Setelah penampilan Kim Kardashian yang mencuri perhatian karena berbusana serba hitam ‘tanpa wajah’, kini kabar lain datang dari penyanyi berdarah Selandia Baru, Lorde.

Datang ke Met Gala 2021, Lorde tampil memukau dalam padanan blus warna putih gading rancangan Emily Adams Bode dari Label Bode. Elemen lain yang tak kalah mencuri perhatian adalah headpiece atau hiasan kepala yang dikenakan pelantun lagu “Royal” tersebut.

Akun Instagram Diet Prada dalam unggahan Instagram Story nya menilai aksesori kepala Lorde di Met Gala 2021 mirip dengan mahkota adat pernikahan khas Indonesia. Sebagai bukti, Diet Prada pun menampilkan referensi berupa foto sejumlah pengantin perempuan memakai mahkota adat pernikahan, termasuk salah satunya Siger Sunda.

"Sepintas mungkin hanya terlihat seperti pakaian yang terinspirasi dari Renaisans (Abad Pembaharuan)," bunyi keterangan akun @diet_prada, Kamis (16/9/2021).

"Tapi sebenarnya itu sangat mirip dengan hiasan kepala pernikahan yang dipakai di seluruh Asia Tenggara, terutama Indonesia. Dalam konteks dengan pakaian lainnya, ini berisiko disalahartikan," sambungnya.

Label Bode Sebut Mahkota Terinspirasi dari Kembang Api

Sejauh ini, dalam unggahan di Instagram Bode tidak menyinggung secara khusus apakah desain dari headpiece tersebut memang terinspirasi dari mahkota Siger Sunda atau tidak. Namun melansir Daily Mail, hiasan kepala penyanyi asal New Zealand itu dituliskan terinspirasi dari kembang api.

Dalam akun Instagramnya, Bode pun hanya menjelaskan bahwa penampilan Lorde adalah persatuan dari kenangan, pelestarian, kerajinan, dan sejarah era 1890-an.

"Penampilannya menampilkan pesona, cabochon, payet, manik-manik kaca merkuri, dan uang receh dari tahun 1890 dan lain-lain. Kenangan, pelestarian, kerajinan, dan sejarah," tulis label Bode di Instagram.

Jika memang Bode terinspirasi dari desain Siger Sunda tentu tak ada salahnya untuk mengajarkannya. Karena Siger Sunda sendiri memiliki filosofi mendalam dibalik desain dan penggunaanya.

Sementara itu, akun @diet_prada sendiri memang dikenal sebagai momok bagi label mode mewah karena unggahannya. Akun ini kerap membongkar plagiarisme atau isu lain dari rumah mode mewah dunia.

Akun ini bahkan sudah terverifikasi dan memiliki lebih dari 2 juta pengikut. Beberapa pengikutnya merupakan para pesohor terkenal seperti Gigi Hadid, model Naomi Campbell, dan editor majalah mode dunia, Edward Enninful.

Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading