Sukses

Fashion

5 Motif Batik yang Dipercaya Bawa Rezeki dan Keberuntungan

Fimela.com, Jakarta Batik adalah warisan budaya yang melambangkan Indonesia. Motif cantiknya tak hanya sekedar karya seni semata, namun setiap corak memiliki makna tersendiri. Motif-motifnya sangat beragam, dengan ciri khas tersendiri dari setiap daerah. 

Rupanya, ada sejumlah motif batik yang melambangkan kesejahteraan. Motif tersebut juga dikatakan bisa membawa keberuntungan dan rezeki. Motif tersebut tak hanya cantik, namun makna keindahannya tersebut tentu membuat siapapun patut memilikinya. Lalu, motif batik seperti apa yang dipercaya bisa membawa rezeki dan keberuntungan? 

1. Batik motif Ceplok Grompol

Batik ini memiliki bentuk geometris yang khas menyerupai telur yang diceplok. Dengan kombinasi corak mawar, bintang, hingga benda-benda kecil lainnya membuat Ceplok Gempol dangan indah saat dikenakan. Makna di balik motif Ceplok Grompol adalah berkumpul dan bersatu, sehingga motif ini juga dipercaya bisa mendatangkan rezeki, rasa bahagia, dan harmonis dalam hidup. 

 

2. Batik motif Ninik

Motif batik lainnya yang dipercaya membawa rezeki dan keberuntungan adalah motif Ninik. Batik ini biasanya digunakan oleh pengantin dan dipercaya bisa memudahkan pengantin dalam mencari nafkah dalam mahligai pernikahan. Rupanya, motif ini adalah ciptaan permaisuri Sunan PakuBuwono III. 

3. Batik motif Tangkawang Ampiek

Motif ini berasal dari Kalimantan Timur yang mengangkat keanggunan flora Kalimantan. Namanya juga berasal dari jenis tanaman khas Kalimanyan yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Paduan warna cerah yang mendominasi juga dipercaya untuk menarik keberuntungan dan rezeki saat sedang mengenakannya. 

 

4. Batik motif Gedhong Kembang Waluh

Batik motif ini berasal dari Kerajaan Majapahit di abad 12-14, akulturasi china di abad ke-12, Islam pada tahun 1465-152 M. Ketiga budaya tersebut mempengaruhi motif batik yang satu ini. Berasal dari Jawa Timur, motif batik ini biasanya dipakai untuk selendang, sebagai bentuk upacara khusus dan pernikahan. Motif ini diyakini sebagai perlindungan dari kesialan, dan memberikan rezeki serta kesembuhan bagi yang sakit. 

5. Batik motif Banji

Batik yang berasal dari Jawa Barat ini adalah adaptasi motif swastika India. Banji berasal dari bahasa China Banzi yang artinya sepuluh ribu. Sedangkan swastika adalah simbol. Makna motif ini adalah kekayaan dan hubungan spiritual dari segala hal di dunia yang bertujuan untuk melindungi diri dari bahaya dan menjalani hidup yang penuh berkah. 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading