Sukses

Fashion

Peringati Hari Ulos Nasional 2021 dengan Revitalisasi Ekosistem Ulos dan Pemberdayaan Para Pelaku UMKM

Fimela.com, Jakarta Memperingati Hari Ulos Nasional 2021 yang jatuh di hari ini, Minggu (17/10/2021), Tobatenun gelar kampanye budaya bertema "Bangga Bertenun Bangga Berbudaya." Tobatenun berupaya mempresentasikan wastra Nusantara Ulos agar tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara saja, tapi juga secara nasional.

Kampanye ini merupakan wujud komitmen Tobatenun untuk memberi edukasi, tidak hanya bagi para pelaku usaha dan komunitas Ulos, tapi juga masyarakat secara umum. Upaya Tobatenun untuk menjangkau publik agar bisa memahami Ulos sebagai produk budaya dan ekonomi, serta meningkatkan kesadaran konsumen untuk semakin bangga dengan buatan Indonesia sendiri.

Kerri Na Basaria, Founder dan CEO PT Toba Tenun Sejahtera menjelaskan bahwa pihaknya berupaya melakukan revitalisasi Ulos lewat program pendampingan perajin tenun, memanfaatkan sumber daya alam untuk produksi tenun, serta membuat sebuah platform distribusi tenun Sumatera Utara yang terkurasi lewat website resmi tobatenun.com. Ulos memiliki potensi untuk bisa bersaing di pasar nasional, maupun mancanegara, sehingga Tobatenun berharap melalui program kerja yang telah dan akan dilakukan, bisa memperkuat ekosistem kain ulos dan para pelakunya.

 

 

Hari Ulos Nasional 2021

Di website tobatenun.com, kamu bisa berbelanja dan mengenal Ulos lebih jauh. Tobatenun juga membuka pendaftaran bagi UMKM untuk memasarkan produk Ulos di website tersebut, memberikan edukasi bagi pelaku usaha produk Ulos di Sumatera Utara agar terus meningkatkan standarisasi dan kompetensi untuk menciptakan karya terbaik.

Kamu bisa menemukan beragam produk komtemporer hasil pengembangan Ulos, seperti merchandise, produk rumah tangga, koleksi ready to wear, dan koleksi spesal. Tobatenun sebelumnya juga telah bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia lewat Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja berkomitmen memberdayakan para perajin Ulos di Toba.

Tidak hanya itu, Tobatenun juga berkomitmen menggunakan pendekatan ramah lingkungan dalam proses produksi dan penciptaan karya. Para penenun binaan menggunakan benang dan pewarna alami dalam pembuatan Ulos, bagian dari kontribusi Tobatenun sendiri untuk meminimalisir pencemaran lingkungan dengan memanfaatkan pewarna alam dari Warlami.

Hari Ulos Nasional 2021

Warna Alam Indonesia atau Warlami sendiri adalah organisasi yang memiliki misi menggerakan upaya peningkatan kualitas zat pewarna alam dan serat alam Indonesia dengan sumber yang berkelanjutan. Tobatenun berpartisipasi dalam TENUN Fashion Week secara virtual pada tanggal 15 sampai 17 Oktober 2021 ini.

Acara ini menampilkan 45 komunitas tenun yang berpartisipasi dari Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Dalam acara ini, Tobatenun akan membawa 2 lini produk, yaitu Tobatenun yang dihadirkan dalam motif Ragi Hotang, Ragi Idup, dan Tumtuman, sedangkan BORU menampilkan koleksi RTW "Sindar" hasil kerjasama desainer muda, berbagai UMKM, dan perajin asal Siantar, Yogyakarta, serta Jepara.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tenun Ulos Indah dan Elegan di Fashion Show untuk Toba