Sukses

Fashion

Diary Fimela: Cerita Fresh Graduate Membangun Bisnis Lokal Sepatu Bersama Sang Ayah di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Covid-19 memang membatasi ruang gerak semua orang, namun tidak untuk kreativitas. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang mulai merintis bisnis di tengah situasi tak menentu ini. 

Misalnya saja, Lieviena Nosavelinda bersama papahnya sejak Agustus 2020 mulai membangun bisnis sepatu lokal yang diberi nama Giselle Colls.

“Kebetulan papa pernah terjun di bidang sepatu, jadi aku kerjasama dengan papa untuk bikin usaha ini,” jelas Linda sapaan akrab Lieviena kepada Fimela.com. 

Lulus dan jadi fresh graduate tahun 2019, awalnya dia ingin melanjutkan usahanya sejak kuliah yang mana ia sempat kerjasama dengan berbagai online shop di bidang beauty imports. Namun karena pandemi, semua negara lockdown sehingga dia kesulitan untuk akses ke luar negeri.

Hingga akhirnya memutuskan membuka bisnis sepatu ini bersama sang papah, tapi masalah tidak berhenti sampai di situ saja. 

Tentu membangun bisnis di situasi COVID-19 membuat Linda mengalami kesulitan tersendiri dalam merintis bisnisnya. Salah satunya penjualan harus menjadi full online sehingga tantangan selanjutnya adalah mempelajari bagaimana strategi digital marketing.

Sudah melawati target penjualan

Berkat usaha dan kerja kerasnya, bisnis ini pun membuah hasil menguntungkan. Antusiasme pembeli Giselle Colls sangat baik, bahkan sudah lebih dari setahun berjalan ini Linda mengaku penjualan sudah melewati targetnya.  

Linda mengatakan Giselle Colls menyediakan sepatu untuk perempuan dengan beragam jenis, model dan warna. Mulai dari sandal hingga heels dengan tinggi hak 3-5 cm hingga bisa customize sesuai keinginan pelanggan. 

Untuk size mulai dari ukuran 36-41, namun Linda memastikan bahwa segera akan diluncurkan ukuran yang big sampai 42-43. 

“Ternyata banyak juga yang chat ke kita request dibuatkan sepatu yang size-nya besar. Kita ingin memberikan kenyamanan dan Giselle Colls ini harapannya bisa all size di mana semua orang bisa menemukan sepatunya di sini,” ujarnya. 

Linda menyampaikan jika model sepatu di Giselle Colls ini memiliki ciri khas style semi formal yang bisa digunakan oleh perempua  karier. Model terbaru ada Zeline, Cora dan Camella yang langsung booming sejak pertama kali diluncurkan. 

“Untuk model paling favorit sejak awal Giselle Colls berdiri adalah Delaney yang masih masuk jadi top populer hingga saat ini,” tuturnya.

Alasan membuat sepatu dengan style tersebut, Linda menyampikan terinspirasi dari perempuan karier yang harus tampil formal dan semi formal setiap hari, sepatu yang indah akan membuat kaki terlihat lebih indah juga. 

“Maka dari itu, lokal sepatu Giselle Colls bisa jadi pilihan perempuan saat ini, karena sepatu ini punya keunggulan yang bisa membuat pemakai sepatu merasa nyaman seharian,” tuturnya.  

Banyak warna yang tersedia untuk semua koleksi sepatu, dan kebanyakan adalah warna netral seperti white, black, mocha, cream hingga beberapa series ada yang peach dan olive.

“Kita belum mencoba warna lilac, tosca atau coffee, tapi rencananya akan diperkaya lagi warnanya agar pembeli bisa lebih bervariasi lagi pilihannya,” jelas Linda. 

Kualitas sepatu dengan harga terjangkau

Di marketplace memang banyak brand lokal sepatu dengan pilihan dan harga yang miring, namun Giselle Colls memiliki prinsip bahwa mulai dari bahan hingga pelayanan akan dilakukan dengan sangat maksimal sehingga membuat pembeli bisa merasa nyaman.  

Seperti dengan ada pelayanan tukar size tanpa biaya sama sekali. Pembeli bisa langsung mengajukan untuk penukaran size, yang nanti prosedurnya akan diarahkan oleh tim Giselle Colls. 

“Jangan khawatir prosedurnya sangat mudah dan tidak memberatkan pembeli sama sekali,” ucapnya. 

Mengutamakan kenyamanan pembeli, semua sandal dan sepatu dibuat menggunakan bahan kulit sintetis premium yang mana terasa lembut, tidak keras, anti bikin kaki sakit, dan pasti terasa nyaman serta tidak cepat mengelupas. 

Linda mengatakan dirinya bersama brand sepatu lokalnya ini sudah memiliki beberapa plan yang akan datang, yaitu model baru seperti flat shoes dan sneakers. Lalu ukuran big size yang sudah sangat dinantikan, dan nantinya pilihan warna akan lebih bervariasi lagi. Bahkan ada rencana untuk merilis produk tas juga, namun masih dalam proses perancangan yang matang. 

Bagi para pebisnis muda sepertinya, Lieviena Nosavelinda mengingatkan, jangan takut memulai bisnis, baiknya mulai saja dulu. Meski ada perasaan pesimis dan takut tapi harus dilakukan dan dicoba. “Its okay to start small. Seiring berjalannya waktu, kita akan mempelajari semuanya dan terus bertumbuh. Jangan pernah merasa cukup (pengetahuan), harus selalu haus akan pencapaian dan ilmu baru,” ucapnya.

Sepatu di Giselle Colls dibanderol dengan harga rate aslinya Rp 159.000 - 199.000 yang sudah tersedia diberbagi ecommerce dan Instagramnya.

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Kisah Rumini, Tinggalkan Karier Cemerlang Demi Menjadi Peternak Sapi
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Berawal dari Hobi jadi Cuan, Cerita Ella Dirikan Salon Kecantikan One Stop Service

Live Streaming

Powered by