Sukses

Fashion

Makin Mendunia, Batik Blitar Dipesan oleh Pebasket Justin Holiday untuk Dipromosikan di NBA

Fimela.com, Jakarta Sejak ditetapkan sebagai karya agung warisan kemanusian untuk budaya lisan dan nonbendawi atau Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh Organisasi Kebudayaan Dunia (UNESCO), pamor Batik di dunia kian melambung.

Terbaru, Justin Holiday pebasket professional Amerika dari klub Indiana Pacers di National Basketball Association (NBA) yang secara khusus memesan batik tulis asli Blitar, Jawa Timur kepada perajin batik Indonesia. Perajin batik tersebut adalah Yogi Rodianta dan istrinya, Santika yang juga merupakan owner dari Batik Mawar Putih.

Yogi menceritakan, bahwa Justin Holiday memesan batik tulis khas Blitar rancangan Yogi dan Santika ini secara personal, bukan untuk merchandise NBA. Tujuannya tidak lain adalah ingin memperkenalkan batik ke kancah internasional lewat berbagai bidang.

“Ada yang perlu saya luruskan. Jadi Justin Holiday dengan kami ini pribadi, tidak ada sangkut pautnya dengan merchandise NBA. Sebenarnya tujuan kita adalah untuk memperkenalkan batik secara internasional melalui beberapa bidang. Salah satunya Justin Holiday dan NBA,” ujar Yogi saat dihubungi langsung oleh Fimela, Selasa (8/2/2022).

Sebab menurut Yogi, penampilan para bintang NBA di karpet merah juga merupakan salah satu momen yang kerap jadi sorotan publik. Oleh karena itu, Yogi sepakat dengan Justin Holiday untuk mempromosikan batik asli Indonesia di NBA.

“Karena pemain sebelum memasuki lapangan akan berjalan di karpet merah, yang mana akan disorot fesyen-nya. Jadi kami sudah sepakat dengan Justin Holiday bahwa dia akan memakai batik yang dipesan dan secara gamblang akan mempromosikan bahwa batik itu batik asli Indonesia,” jelas Yogi.

Mengusung Konsep Motif Indonesia

Batik pesanan Justin Holiday ini mengusung konsep motif Indonesia, khususnya khas Jawa Timur. Seperti motif burung Garuda, candi penataran ikon Jatim, Jimbe sebagai produksi andalan Blitar, dan Jaranan beserta pecut atau cambuknya.

“Saya juga kasih simbol Indiana Pacers (logo klub Justin Holiday) dan inisial huruf JH dari Justin Holiday. Lalu yang menarik adalah Pacers itu kalau di sana adalah kuda balap, namun kami masukkan kuda lumping yang dikombinasikan ornamen tribal. Andalannya, ada motif gapura makam Bung Karno,” imbuh Yogi.

Lebih lanjut, Yogi menjelaskan makna dari penggunaan motif Garuda itu sendiri melambangkan negara Indonesia. Gapura makam Bung Karno melambangkan bahwa batik tersebut produksi Kota Blitar. Sementara kuda lumping filosofinya adalah kombinasi dari dua budaya dari Indonesia dan Amerika yang dikenal dengan Pacers.

Batik tulis yang dikerjakan pakai canting ini merupakan pesanan eksklusif, hanya satu lembar berukuran lebih dari tiga meter. Dengan bahan dasar katun primisima atau jenis kain katun grade A, Yogi menuturkan akan menjahit batik menjadi sebuah kemeja lengan pendek dengan ukuran yang sesuai dari Justin Holiday.

Harapan Perajin Batik Tulis Blitar

Justin Holiday sendiri memang dikenal sebagai NBA player yang sangat mengagumi batik. Tahun lalu saja, pria 32 tahun itu membagikan foto dirinya berbaju batik di akun Instagram @justholla7 dengan caption bintang dan bendera Indonesia.

“Justin Holiday memang dikenal sebagai NBA player yang sangat mengagumi batik. Saya dan istri saya sejak tahun 2019 memang movement sering melakukan diskusi dengan KBRI dan duta besar Rusia untuk mencari tahu pasar di luar sana seperti apa. Dan ternyata orang di luar sana orang yang sangat mengagumi dan mencintai batik,” cerita Yogi.

Kedepannya, Yogi berharap akan lebih banyak pergerakan yang dilakukan oleh pebatik Nusantara untuk memperkenalkan batik ke kancah global. Sebab di luar sana, pasar Indonesia sangatlah besar.

“Selain itu manfaatkan perkembangan teknologi, kami bisa kerja sama dengan Justin Holiday ini tidak terlepas dari internet. Jadi kita harus melangkah untuk beradaptasi dengan perkembangan digital,” tandasnya.

Proses pengerjaan yang dimulai dari Desember 2021 ini ditargetkan kelar pada pertengahan bulan Februari. Karena akhir bulan harus segera dikirimkan, sebelum sesi liga NBA selesai.

“Untuk saat ini kami sedang tahap finishing, baru setelah itu dijahit dan dikirimkan ke Justin Holiday dalam bentuk kemeja lengan pendek sesuai ukuran yang diberi Justin Holiday,” kata Yogi.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading