Sukses

Fashion

Sederet Brand Fashion dan Beauty Dunia Bantu Ukraina di Tengah Perang Melawan Rusia, dari Hermes Hingga Chanel

Fimela.com, Jakarta Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan perang terhadap Ukraina dan memulai invasi ke negara itu pada 24 Februari, setelah berbulan-bulan meningkatnya ketegangan.  

Akibat dari perang tersebut, merek-merek terkenal di industri mode dan kecantikan bersatu untuk perdamaian dan menggunakan platform mereka untuk mengumpulkan sumbangan amal dan sumber daya yang bermanfaat.  Banyak juga yang menghentikan perdagangan di Rusia.

Bersamaan dengan itu, pekan mode yang telah diselenggaran berkeliling Eropa seperti Italia dan Paris menunjukkan koleksi yang ditandai oleh dukungan terhadapa Ukraina. 

Melansir People, Direktur Kreatif Balenciaga Demna Gvasalia, seorang pengungsi Perang Saudara Georgia, menyebut peragaan busana Paris Fashion Week sebagai "dedikasi untuk keberanian, perlawanan, dan kemenangan cinta dan perdamaian."

Dukungan Balenciaga terhadap Ukraina pun terlihat, dari Demna mengenakan tshirt bendera negara tersebut, dan kursi diisi oleh bendara-bendara Ukraina dan sebuah tulisan. 

"Fashion week terasa seperti semacam absurditas. Saya berpikir sejenak untuk membatalkan pertunjukan yang saya dan tim saya kerjakan dengan keras dan kami semua menantikannya. Tapi kemudian saya menyadari bahwa membatalkan pertunjukan ini berarti menyerah, menyerah pada kejahatan yang telah sangat menyakiti saya selama hampir 30 tahun. Saya memutuskan bahwa saya tidak bisa lagi mengorbankan sebagian dari diri saya untuk perang ego yang tidak masuk akal dan tidak berperasaan itu,” ujarnya.

Supermodel Gigi Hadid, yang telah menjadi salah satu model runway paling laris di Eropa bulan lalu, juga mengumumkan bahwa dia akan menyumbangkan pendapatan peragaan busana musim gugur 2022 untuk membantu Ukraina.

Selain Balenciaga dan Gigi Hadid, berikut ini beberapa dukungan hingga sumbangan yang diberikan industri fashion dan kecantikan untuk Ukraina.

1. Chanel

Rumah mode Prancis yang ikonik menutup tokonya di Rusia dan menghentikan semua e-commerce di negara itu. Merek tersebut juga menyumbangkan €2 juta (sekitar $2,18 juta USD) yang diwakili dua organisasi bantuan, CARE dan UNHCR-UN Refugee Agency, yang diakui untuk dukungan pengungsi di penggerek dan untuk perawatan khusus keluarga dan anak-anak.

Dalam sebuah posting Instagram Chanel juga mengumumkan bahwa "Foundation Chanel akan bekerja sama dengan mitra lokalnya untuk memberikan dukungan kritis di masa depan dalam jangka menengah dan panjang untuk wanita dan anak-anak yang terkena dampak situasi yang berkembang ini."

2. L'Oreal Paris

Raksasa kosmetik telah bekerja sama dengan sejumlah organisasi nirlaba lokal dan internasional (termasuk UNHCR, Palang Merah dan UNICEF) untuk mendukung meningkatnya jumlah pengungsi, dan orang-orang di lapangan di Ukraina dengan sumbangan sebesar € 1 juta ($ 1,09 juta USD) melalui L'Oréal Fund for Women.

“Kami telah memberikan donasi sebesar satu juta euro dan telah mulai mengirimkan produk kebersihan ke LSM di Polandia, Republik Ceko, Rumania, dan di Ukraina sendiriz Kami akan mendonasikan 300.000 produk selama  minggu-minggu mendatang,” bunyi pernyataan di situs web perusahaan. 

Merek tersebut melanjutkan: "Kami sangat mengutuk invasi dan perang di Ukraina, yang menyebabkan begitu banyak penderitaan bagi rakyat Ukraina. Pikiran kami tertuju pada 326 karyawan Ukraina kami, keluarga mereka, dan orang-orang Ukraina yang hidupnya telah berubah secara dramatis.  dalam delapan hari terakhir. Meskipun beberapa telah berhasil melintasi perbatasan, sebagian besar karyawan kami tetap berada di negara itu dalam keadaan yang semakin sulit. Kami khawatir tentang mereka dan takut akan keselamatan mereka,” tulisnya.

3. LVMH

Perusahaan global barang mewah Prancis — yang mengendalikan merek-merek desainer termasuk Louis Vuitton, Christian Dior, Fendi, Loewe, Givenchy, Marc Jacobs, Stella McCartney, dan banyak lagi — menyumbangkan €5 juta ($5,4 juta USD) untuk mendukung Komite Internasional Palang Merah (ICRC) untuk membantu para korban langsung dan tidak langsung dari konflik ini.

Selain itu, perusahaan berdiri dalam solidaritas dengan Ukraina dan menutup 124 toko mereknya di Rusia. LVMH masih akan terus membayar 3.500 karyawannya di Rusia.

4. Louis Vuitton

Louis Vuitton memberikan sumbangan langsung sebesar € 1 juta ($ 1,09 juta USD) kepada UNICEF untuk memberikan bantuan bagi anak-anak dan keluarga Ukrania.

Karena jutaan anak-anak dan keluarga mereka menghadapi bahaya langsung, Maison, melalui kemitraan Louis Vuitton untuk UNICEF, berjanji untuk mendukung tanggap darurat UNICEF di lapangan, menanggapi dengan cepat setiap keadaan darurat dengan menyediakan anak-anak dan keluarga di Ukraina dengan bantuan kemanusiaan termasuk akses untuk air bersih, perlengkapan kesehatan dan pendidikan, layanan perlindungan anak dan perawatan psikososial.

5. Giorgio Armani

Setelah menunjukkan koleksi terbarunya di Milan untuk menghormati perang di Ukraina, Grup Armani mengumumkan sumbangan sebesar €500.000 (sekitar $543.000 USD) kepada UNHCR untuk bantuan dan perlindungan mereka yang terpaksa melarikan diri dari perang. Di Ukraina.

Merek ini juga menyumbangkan kebutuhan pokok pakaian kepada para pengungsi melalui organisasi nirlaba Italia Comunità di Sant'Egidio, yang telah hadir di perbatasan Ukraina.

6. Hermes

Hermes mengumumkan bahwa mereka akan "menutup sementara toko kami di Rusia dan menghentikan semua kegiatan komersial kami," di mana mereka memiliki tiga toko dan 60 karyawan.

7. Balenciaga

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Balenciaga by Demna (@demnagram)

Merek tersebut menyumbangkan jumlah yang tidak diungkapkan ke Program Pangan Dunia (WFP), yang meluncurkan operasi darurat untuk memberikan bantuan makanan bagi orang-orang yang melarikan diri dari Ukraina dan di negara-negara tetangga.

8. Burberry

Selain menutup tiga tokonya di Rusia, merek tersebut juga menyumbangkan jumlah yang tidak diungkapkan kepada Palang Merah Inggris untuk Krisis Ukraina.

Ia juga mengatakan akan mencocokkan sumbangan karyawan dengan badan amal yang mendukung upaya kemanusiaan di Ukraina.

9. Gucci

Merek mewah Italia ini memberlakukan kampanye amal globalnya Chime for Change dan mendonasikan $500.000 kepada UNHCR.

10. Valentino

Valentino menyumbangkan €500.000 (sekitar $543.000 USD) kepada UNHCR untuk memberikan bantuan segera kepada para pengungsi Ukraina.

11. Adidas

Setelah menangguhkan kemitraan jangka panjangnya dengan Russian Football Union (RFU), perusahaan pakaian olahraga Jerman itu juga mengumumkan akan menyumbangkan €100.000 (sekitar $108.700 USD) serta alas kaki dan pakaian untuk organisasi yang membantu anak-anak dan pengungsi.

12. Vera Wang

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Vera Wang (@verawang)

Dalam postingan Instagram, Vera Wang pun ikut mendukung Ukraina dengan mengenakan pakaian lambang negara tersebut. Vera Wang juga mengajak siapa saja yang ingin bergabung untuk membantu negara tersebut.

Ia pun menuliskan, “Dari "geng" saya kepada Anda semua di Ukraina: Kami berdiri bersamamu. Jika Anda bisa, silakan bergabung dengan kami untuk mendukung Dana Krisis Ukraina @careorg,” tulisnya.

13. H&M

Brand fast fashion saat ini telah menghentikan semua penjualan di Rusia dan menutup 170 tokonya yang berlokasi di seluruh negeri.

14. ASOS

Perusahaan mode cepat itu mengatakan di Twitter bahwa mereka tidak akan lagi melakukan ritel di luar Rusia.

“Kami telah menyaksikan peristiwa mengejutkan di Ukraina dengan ngeri dan tidak percaya. Kami telah menyimpulkan bahwa tidak praktis dan tidak tepat untuk melanjutkan perdagangan di Rusia & hari ini telah menangguhkan penjualan di sana. Kami mendukung upaya kemanusiaan dan pikiran kami bersama rakyat Ukraina,” tulisnya.

15. Puma

Sementara perusahaan menghentikan pengiriman ke Rusia, toko-toko di negara itu tetap buka. Puma telah menawarkan dukungan keuangan dan pilihan perumahan di Ukraina barat kepada 380 karyawannya di Ukraina dan daerah sekitarnya.

16. Manggo

Mango menghentikan penjualan di Rusia dan menyumbangkan €100.000 (sekitar $108.700 USD) ke Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading