Sukses

Fashion

Aksi Memukau Anak-anak Down Syndrome Melenggang di Atas Catwalk

Fimela.com, Jakarta Penyandang Down Syndrome sering kali mendapatkan stigma dari masyarakat. Mereka tak jarang mendapat diskriminasi dan dipandang sebelah mata. Padahal mereka juga memiliki bakat istimewa dan berhak mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Hal ini dibuktikan oleh anak-anak Down Syndrome dari Yayasan Potads atau Perkumpulan orangtua Anak dengan Down Syndrome. Tidak ingin kalah dari model-model profesional, anak-anak Down Syndrome ini unjuk kebolehan berlenggok di atas catwalk pada fashion show yang digelar di Costess Resto Cyber 2 Tower, di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, (21/3/2022).

Peragaan busana yang digelar oleh Carys Cares dan Yayasan Potads tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Down Syndrome Sedunia yang jatuh setiap 21 Maret. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat mengenai Down Syndrome.

Carys Cares sendiri merupakan yayasan sosial yang berjuan untuk mengakhiri stigma di masyarakat mengenai anak dan remaja berkebutuhan khusus. Didirikan oleh Carys Mihardja pada tahun 2018, tujuan utama Carys Cares adalah membangkitkan kesadaran masyarakat dengan menunjukan bakat istimewa dari anak-anak Down Syndrome melalui hasil karya mereka.

Koleksi Pakaian Ready to Wear Kreasi Anak-anak Down Syndrome

Peragaan busana ini menampilkan 16 model anak dengan down syndrome. Mereka tampil percaya diri berjalan di atas catwalk ditemani oleh dokter spesialis dan beberapa public figure, dengan memakai koleksi pakaian ready to wear yang dibuat dari hasil karya lukisan mereka sendiri, dibantu oleh Alleira Batik.

 

Koleksi bertajuk "Spirit Ramadhan by Carys Cares" ini terinspirasi dari kondisi pandemi Covid-19 yang tak pernah nenyusutkan Carys cares dan temen temen Down syndrome untuk berkarya. Masa Mulia ini semakin menginspirasi bahwa bahagia itu harus tetap ada untuk hidup lebih sempurna.

Semangat Ramadhan ini kemudian diterjemahkan lewat penggunaat palet warna-warna ceria nan sejuk di mata. Siluet Loose Dress yg nyaman di atas kain-kain saten lembut yg memberikan effect ramping bagi si pemakai. Bahagia, ceria, berbagi dan selalu berpikir positif menyambut bulan Mulia Ramadhan. 

 

 

Hasil Penjualan untuk Donasi Yayasan Potads

Selain koleksi pakaian ready to wear, terdapat pula merchandise seperti dompet, tas, masker yang bisa dibeli untuk melengkapi gaya hidup. Hasil penjualan dari program ini diberikan sepenuhnya untuk Yayasan Potads (Persatuan Orangtua dengan Anak Down Syndrome) Indonesia.

Acara yang didukung oleh Rotary Club, Marquee, Costess, Martinezz, Dapur Cokelat, batik Kammi, Gaia Tea serta Alleira Batik ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat mengenai Down Syndrome. Lena Thong, CEO Marquee berharap dengan adanya peragaan busana ini, penyandang Down Syndrome tidak lagi dipandang sebelah mata.

"Harapannya penyandang Down Syndrome ini tidak dikasihani, tetapi disupport. Mereka juga memiliki skills yang tak kalah dengan orang normal lainnya, khususnya di bidang painting," tutur Lena Thong saat dijumpai Fimela di Costess Resto.

Bagi Sahabat Fimela yang tertarik, bisa melakukan pre-order mulai hari ini hingga April 2022 di Direct Message Instagram @carys.cares atau WhatsApp yang mereka punya. Koleksi Spirit Ramadhan by Carys Cares ini eksklusif dan hanya tersedia 15 looks. Jadi jangan sampai terlewat ya, Sahabat Fimela!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading