Sukses

Fashion

Puan Maharani Kenakan Kebaya Kutubaru Warna Terakota Karya Didiet Maulana di Sidang Tahunan 2022, Ini Maknanya

Fimela.com, Jakarta Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD, Selasa (16/8/2022). Pada pagelaran akbar ini, putri Presiden RI ke-4 Megawati Soekarnoputri ini tampil mengenakan kebaya kutubaru warna terakota.

Puan Maharani mempercayakan kebayanya kepada Didiet Maulana, desainer sekaligus pendiri brand Svarna by IKAT Indonesia. Warna ini sengaja dipilih sebagai simbol semangat optimisme dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77.

“Kebaya Kutubaru berwarna terracotta (terakota) atau saya sebut warna tembikar, dipilih untuk mengambil konsep membumi, back to the roots, kembali ke akar,” ungkap Didiet Maulana dalam unggahan Instagramnya.

Kebaya tersebut dilengkapi dengan selendang lembut yang disematkan di bahu kanan dengan bros. Serta dipadukan dengan batik tulis Jawa bermotif Semen Romo (Semen Rama).

Makna Batik Tulis yang Dikenakan Puan

Batik tulis Jawa bermotif Semen Romo ini dimaknai sebagai penggambaran dari kehidupan yang bersemi, kehidupan yang berkembang dan sejahtera. Sebuah pengharapan dan doa untuk kehidupan yang makmur.

Motif ini sering dikaitkan dengan cerita Ramayana dengan ajaran kepemimpinan Hastha Brata (8 jalan ajaran utama). Di antaranya sikap semangat, penuh kasih, bertanggung jawab berpengetahuan luas, berwibawa, adil, melindungi rakyat dan mengendalikan diri. Sebuah ajaran kepemimpinan untuk diri sendiri dan masyarakat.

Motif batik terdiri dari tiga bagian utama yang dibagi menjadi ornamen udara, darat dan laut. Melambangkan keseimbangan dan keadilan. Motif Tree of Life atau Pohon Hayat melambangkan darat, garuda melambangkan udara dan motif baito (perahu) melambangkan laut.

“Sarat makna, sarat doa dan pengharapan baik yang disampaikan dalam satu helai kain,” pungkas Didiet.

Penampilan Puan disempurnakan dengan pulasan makeup fresh karya MUA Bubah Alfian, dengan sanggul dari rambut Puan sendiri yang dibuat apik oleh Mbak Yayuk. 

Berdasarkan pantauan Merdeka.com, Puan Maharani tiba di gedung Komplek Parlemen sekitar pukul 08.00 WIB. Puan langsung masuk ke dalam gedung menuju ruang sidang tahunan.

Tampak juga, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang hadir dalam sidang tahunan. Berbeda dengan Puan, Megawati tampil berkebaya merah dengan kain coklat dan dibalut selendang berwarna coklat di pundaknya.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading