Sukses

Fashion

Mengenang Ratu Elizabeth II, Berikut 5 Fakta Gaun Pernikahannya Bersama Pangeran Philip

Fimela.com, Jakarta Ratu Elizabeth II, raja terlama dalam sejarah Inggris, meninggal di rumahnya di Balmoral pada 8 September 2022 di usianya ke 96 tahun. Tak lama setelah sang saumi Pangeran Philip meninggal dunia.

Ratu Elizabeth II menikah dengan perwira angkatan laut yang gagah, Pangeran Philip dari Yunani pada 20 November 1947, pernikahan tersebut ditunggu-tunggu semua orang di Inggris pasca-Perang Dunia II.

Menjelang hari besarnya, spekulasi tentang apa yang akan dikenakan putri berusia 21 tahun itu di pelaminan menjadi perbincangan. Bahkan, pintu sang desainer Norman Hartnell harus ditutup rapat untuk mencegah mata-mata, dan bahkan ada novel sejarah tentang pembuatan gaun terkenal, berjudul "The Gown."

Pakaian yang menakjubkan ini memiliki cerita yang luar biasa di baliknya, untuk mengenang pernikahan Putri Elizabeth dan Pangeran Philip berikut lima fakta menarik tentang gaun cantiknya, melansir pagesix.

1. Desain akhir disetujui kurang dari tiga bulan sebelum pernikahan

Jika banyak pengantin memesan gaun pernikahan jauh sebelum hari pernikahan sekitar sembilan bulan hingga satu tahun atau lebih, namun ini tidak berlaku untuk gaun Putri Elizabeth, menurut Royal Collection Trust gaun ratu dipesan kurang dari tiga bulan sebelum pernikahannya.

Sebuah desain sketsa oleh Norman Hartnell, salah satu perancang busana terkemuka di Inggris pada saat itu, menyebutnya "gaun paling indah yang pernah saya buat," menurut People.

Butuh kerja keras dari 350 wanita untuk berhasil menciptakan detail yang rumit dalam jangka waktu yang begitu singkat, dan mereka semua disumpah untuk menjaga kerahasiaan setiap detail tentang hari istimewa Putri Elizabeth agar tidak bocor ke pers.

2. Wanita Inggris biasa memberi Putri Elizabeth kupon jatah mereka untuk membantu membayar gaun itu

Di Inggris pasca-perang, langkah-langkah penghematan berarti bahwa orang harus menggunakan kupon jatah pakaian - dan seperti yang dapat dibayangkan, gaun pengantin desainer tidak sesuai dengan anggaran itu.

Kain mahal yang digunakan untuk gaun Putri Elizabeth sangat sulit didapat pada saat itu, seperti yang dikatakan pengiring pengantin (dan sepupu Pangeran Philip) Lady Pamela Hicks kepada People.

“Tulle bisa dengan mudah didapat, sedangkan duchess satin sangat sulit didapat pada masa itu,” katanya, seraya menambahkan bahwa pengiring pengantin mengenakan gaun tulle sementara gaun sang putri terbuat dari satin dengan aksen tulle.

Pemerintah Inggris memberi Putri Elizabeth kupon jatah tambahan 200, per Kota dan Negara, tetapi wanita di seluruh Inggris sangat senang melihatnya menikah sehingga mereka benar-benar mengirimkan voucher mereka sendiri untuk membantu menutupi gaun itu.

3. Gaun sang putri terinspirasi oleh lukisan Botticelli

Menurut Royal Collection Trust, inspirasi Hartnell untuk gaun pengantin datang dari tempat yang tidak biasa: lukisan seniman terkenal Italia Sandro Botticelli "Primavera."

Kata "primavera" berarti musim semi dalam bahasa Italia, dan lukisan itu menampilkan Flora, dewi musim semi, dan Venus, dewi cinta dan kecantikan — cara sempurna untuk menggabungkan awal baru pernikahan dan juga awal baru setelah perang .

Sama seperti gaun bermotif bunga dalam lukisan itu, gaun Putri Elizabeth ditutupi dengan motif bunga dan daun yang rumit dengan sulaman kristal dan mutiara.

4. Desainnya menampilkan 10.000 butir mutiara yang diimpor dari Amerika

Satu detail yang menonjol pada gaun pengantin Putri Elizabeth dan kerudung yang rumit. Penampilannya ditutupi dengan 10.000 mutiara yang menakjubkan, semuanya dijahit dengan tangan ke gaun dalam pola bunga.

Sementara perawatan dilakukan untuk memastikan sutra dan satin diproduksi di Inggris (termasuk Kastil Lullingstone, Kent, dan Dunfermline, Skotlandia, menurut Royal Collection Trust), mutiara gaun itu sebenarnya diimpor dari Amerika.

Satu masalah dengan kain sutra?  Istana harus meyakinkan publik bahwa ulat sutra berasal dari Cina, dan bukan dari salah satu negara yang diperangi Inggris Raya dalam perang, seperti Jepang atau Italia, menurut Town and Country. 

5. Elizabeth tidak mencoba gaun itu sampai hari pernikahannya

Meski anggota keluarga kerajaan jelas memiliki kelengkapan gaun pengantin seperti calon pengantin lainnya, ternyata Putri Elizabeth sebenarnya tidak tahu apakah gaunnya pas hingga pagi hari ia menikah.

Foster seorang penjahit, mengatakan kepada Telegraph bahwa gaun Elizabeth dikirim pada hari pernikahan, "menghormati tradisi bahwa akan sial" untuk mencobanya sebelumnya.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading