Sukses

Fashion

How To: Trik Menyetrika Rok Plisket agar Lipatannya Tidak Rusak

Fimela.com, Jakarta Rok plisket atau pleats merupakan salah satu produk fashion yang cocok digunakan oleh para perempuan untuk segala musim. Dibuat dengan bahan yang indah, rok plisket seringkali membuat bentuk tubuh pemakainya menjadi terlihat lebih bagus. Oleh karena itu, rok plisket menjadi salah satu pakaian yang wajib ada di lemari setiap perempuan.

Gaya dan bahan rok plisket yang terkesan elegan membuatnya cocok dikenakan untuk acara makan malam mewah atau sekedar berkumpul di akhir pekan bersama teman-teman. Meskipun tergolong serbaguna, rok plisket tentunya bukan suatu pakaian yang mudah dalam hal perawatannya. Hal ini dikarenakan rok plisket yang memiliki banyak bentuk lipatan.

Lipatan yang ada pada rok plisket dapat berubah setelah dipakai karena banyaknya kerutan akibat gerakan yang dilakukan selama mengenakan rok plisket tersebut. Selain itu, cara penyetrikaan yang tidak tepat juga dapat merusak lipatan yang ada pada rok plisket. Oleh karena itu, merangkum dari berbagai sumber, berikut trik menyetrika rok plisket agar lipatannya tidak rusak.

Tips Umum Menyetrika Rok Plisket

Sebelum beralih ke trik menyetrika rok plisket, ada baiknya mengetahui tips umum terlebih dahulu. Melansir dari faultless.com, cara untuk mengetahui bagaimana seharusnya menyetrika lipatan rok plisket adalah dengan mencubit bagian atas lipatan dan dengan lembut menarik bagian bawah bahan. Cara ini dilakukan untuk mengetahui sampai mana lipatan rok plisket berakhir, sehingga tidak akan melakukan kesalahan saat menyetrika lipatan rok plisket.

Tips umum selanjutnya yaitu, jika rok plisket memiliki saku maka balikkan bagian dalam keluar dan setrika sakunya sampai rapi dan rata. Saku pada rok plisket yang rata akan memudahkan proses penyetrikaan lipatan yang ada pada rok plisket. Setelah mengetahui tips umum terkait cara menyetrika rok plisket, langsung saja simak trik menyetrika rok plisket di bawah ini.

Trik Menyetrika Rok Plisket Lipatan Besar

Merangkum dari chums.co.uk dan faultless.com, berikut merupakan trik untuk menyetrika rok plisket yang memiliki lipatan besar:

1. Siapkan papan setrika dan gelar rok plisket dengan posisi bagian pinggang menghadap ke arah bagian mengerucut pada papan setrika. Setrika bagian pinggang rok plisket terlebih dahulu. 

2. Setelah menyetrika bagian pinggang, langkah selanjutnya adalah mencubit bagian atas lipatan yang ada pada rok plisket dan tarik dengan lembut ke arah bawah. Jika perlu, gunakan jarum pentul untuk menjepit lipatan rok agar tidak berantakan saat proses menyetrika berlangsung.

3. Langkah ketiga adalah menyetrika lipatan rok satu-persatu, mulai dari bagian bawah hingga ke arah bagian pinggang rok plisket.

4. Untuk memastikan lipatannya tidak kusut setelah disetrika, angkat setrika beberapa inci di atas setiap lipatan dan tekan tombol uap pada setrika. Biarkan setiap lipatan menjadi dingin dahulu sebelum melanjutkan untuk menyetrika lipatan berikutnya.

Tips Menytrika Rok Plisket Lipatan Kecil

Menyetrika rok plisket yang memiliki lipatan kecil tentunya lebih menantang dibanding menyetrika rok plisket dengan lipatan besar karena dapat memakan waktu lebih banyak. Namun, tidak perlu khawatir lagi karena berikut merupkan trik menyetrika rok plisket dengan lipatan kecil seperti yang dilansir dari chums.co.uk:

1. Pisahkan lipatan menjadi beberapa bagian. Gunakan jarum pentul untuk menjepit bagian yang belum ingin disetrika.

2. Mulai setrika dengan menggeser setrikaan ke arah atas bagian yang tertutupi oleh lipatan. Bagian ini memiliki jahitan berbentuk V diatasnya yang dihasilkan dari jahitan setiap lipatan rok.

3. Seteleh selesai menyetrika bagian yang tertutupi oleh lipatan, posisikan rok plisket sedemikan rupa sehingga terlihat siap untuk disetrika.

4. Mulai menyetrika dari bagian atas lipatan sampai ke bagian bawah.

5. Setelah selesai menyetrika semua bagian bahan rok plisket, gantung rok plisket lewat bagian atasnya untuk menghindari kerutan yang tidak diinginkan pada lipatan rok plisket.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading