Sukses

Fashion

How To: 3 Cara Mudah Mengikat Pita pada Baju

Fimela.com, Jakarta Mengikat pita menjadi cara yang elegan dan menyenangkan. Mengenakan pita pada pakaian sebagai aksesoris membuat pakaian menjadi lebih mewah. Pita tidak hanya menarik perhatian secara instan, tetapi juga bisa menjadi cara mudah untuk menonjolkan dan menyanjung sosok seseorang dan membawa pakaian kamu ke level berikutnya.

Dilansir dari connectedapparel.com dan itsoutfit.com, Rabu (14/9/2022), menggunakan pita menjadi cara terbaik untuk menyatukan penampilan dan menambahkan penampilan pribadi. Karena pita bisa digunakan di segala pakaian, dari gaun kasual sehari-hari hingga gaun acara khusus, maupun jumpsuits yang nyaman

Seperti yang telah kita lihat, ada banyak cara berbeda untuk membuat pita sempurna untuk baju. Setiap orang memiliki selera mode yang unik dan semua orang suka memamerkan individualitas mereka sendiri. Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, pakaian pun akan terlihat lebih elegan.

Tiga Metode Umum Membuat Pita

1. Ikat Simpul Dasar (Basic Knot)

Metode pertama adalah mengikat simpul dasar. Cara paling sederhana untuk mengikat pita dan cocok untuk gaun dengan pita tipis. Mulailah dengan melipat pita menjadi dua, lalu ikat simpul di tengah. Selanjutnya, ambil kedua ujung pita dan ikat menjadi satu untuk membentuk simpul pita.

2. Buat Lingkaran (Loop)

Cara kedua adalah dengan membuat lingkaran. Ini adalah cara yang lebih rumit untuk mengikat pita dan cocok untuk gaun dengan pita yang lebih tebal. Mulailah dengan melipat pita menjadi dua dan membuat lingkaran. Selanjutnya, ikat simpul di tengah lingkaran. Ambil kedua ujung pita dan ikat menjadi satu untuk membentuk simpul pita.

3. Buat Simpul Prancis (French Knot)

Metode ketiga adalah membuat simpul Prancis. Ini adalah cara yang paling rumit untuk mengikat simpul pita dan cocok untuk pita yang sangat tebal. Mulailah dengan melipat pita menjadi dua dan membuat lingkaran. Selanjutnya, ikat simpul di tengah lingkaran.

Ambil kedua ujung pita dan ikat menjadi satu untuk membentuk busur. Kemudian, ambil salah satu ujung pita dan buat lingkaran. Putar lingkaran di sekitar ujung pita yang lain tiga kali. Terakhir, ikat simpul di tengah lingkaran.

3 Cara Mengikat Pita

Mulailah dengan memegang tali pita di masing-masing tangan di tempat yang berjarak setidaknya 25 cm dari tubuh. Tali pita di tangan kiri harus beberapa cm lebih panjang dari yang ada di tangan kanan. Dimulai dengan ikatan dengan panjang yang tidak sama adalah rahasia simpul pita yang sempurna.

1. Buat simpul dasar

  • Silangkan tali pita di tangan kiri di atas tali pita di tangan kanan.
  • Bungkus tali pita tangan kiri ke belakang ke arah tubuh dan di sekitar dasi kanan.
  • Tarik ikat tangan kiri ke atas melalui lubang.
  • Ambil tali pita di masing-masing tangan dan tarik ujungnya dengan lembut ke arah yang berlawanan untuk melengkapi dasar simpul.

2. Buat lingkaran

  • Ambil tali pita dibagian kiri di kedua tangan.
  • Dengan menggunakan penilaian terbaik, kira-kira 12-15cm dari tubuh dan lipat dasi kiri ke belakang pada saat itu.
  • Pertahankan lingkaran yang baru buat di tangan kiri dan biarkan tangan kanan kamu bebas.

3. Lengkapi pita

  • Ambil tali pita gantung bebas di tangan kanan.
  • Bungkus tali pita tangan kanan di atas loop atau lingkaran di kiri.
  • Sama seperti simpul dasar, bungkus tali pita dibagian tangan kanan kembali ke tubuh , di sekitar lingkaran di kiri.
  • Dengan bantuan kedua tangan, buat lingkaran terakhir pita.
  • Dorong ikatan tangan kanan melalui lubang dan tarik lingkaran terakhir ke atas dan ke luar dengan tangan kiri.

Sentuhan terakhir

Pastikan kedua loop atau lingkaran berukuran sama. Jika loop tidak rata, sesuaikan loop satu per satu. Tarik perlahan loop untuk menambah panjang. Atau, tarik perlahan dasi di ujung loop yang berlawanan, untuk memendekkannya. Terakhir ratakan simpul tengah.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading