Sukses

Fashion

Bangga, 5 Desainer Ini Sukses Gaungkan Batik ke kancah Internasional

Fimela.com, Jakarta Batik menjadi warisan wastra Indonesia yang diakui dunia. Keindahan motifnya disertai proses pembuatan yang sarat akan nilai tradisi membuat batik semakin menggema. Tak hanya di dalam negeri saja namun gaung batik semakin dikenal di mancanegara. Tanggal 2 Oktober yang menjadi penanda diperingati sebagai Hari Batik Nasional, membuat kita kembali mengingat, bagaimana kisah sukses batik hingga ke kancah internasional. 

Kesuksesan batik tentu berkat banyak pihak yang terlibat. Bahkan patut diakui jika kreativitas para desainer Indonesia juga menjadi tombak keberhasilan batik di panggung dunia. Kali ini, Fimela merangkum 5 desainer Indonesia yang berhasil membawa batik hingga go internasional. Penasaran siapa saja mereka? Simak selengkapnya berikut ini. 

 

1. Oscar Lawalata

Oscar Lawalata adalah salah satu desainer Indonesia yang go internasional. Bahkan, konsistensinya mengangkat wastra nusantara, salah satunya batik, berhasil mengangkat keindahan kain Indonesia ini unjuk gigi di kancah dunia. Bahkan di tahun 2018 lalu, Oscar Lawalata berhasil menggelar pameran Batik for The World di markas UNESCO Paris, Juni 2018. 

2. Edward Hutabarat

Dikenal sebagai seorang maestro batik, Edward Hutabarat juga turut memamerkan karya batik di kancah dunia. Bersama Oscar Lawalata dan Denny Wirawan, Edward Hutabarat membawa motif Megamendung di markas UNESCO Paris. Ia berhasil mengkreasikan batik menjadi sebuah karya fashion dengan paduan etnik dan modern, memberikan hasil akhir batik yang tidak tampak membosankan. Justru ia berhasil membuat para fashionista dunia jatuh hati pada batik.

 

3. Ghea Panggabean

Ghea Panggabean juga termasuk ke dalam desainet yang berhasil mengolah kain nusantara, salah satunya batik. Karyanya terkenal dengan potongan-potongan etnik yang loose, menghadirkan pesona batik yang berbeda dan tampak lebih menarik. Di tahun 2013, Ghea bekerjasama dengan Rumah Pesona Kain, menghadirkan koleksi yang terbuat dari batik Kudus dan Garut, dan menggelar fashion show bertajuk Treasures of Indonesia: A Journey Into Indonesian Fashion, Art, and Culture di Milan, Italia. 

4. Iwan Tirta

Kim Seo Ryong merupakan desainer yang dikenal dengan label Kim Seo Ryong. Garis rancangannya identik dengan koleksi luxury menswear yang mengintegrasikan konsep tailored suitr dan perfect fit dalam sebuah look. Di Korea sendiri selebritas ternama menjadi pelanggan Kim Seo Ryong. Uniknya, ia merilis koleksi Resort Collection 2022 yang berkolaborasi dengan maestro batik Indonesia, Iwan Tirta Private Collection. Kolaborasi ini berhasil mengangkat batik modern yang diadaptasi ke dalam potongan fashion item bergaya modern. 

 

5. Alleira Batik dan Carys Mihardja

Alleira Batik dan Carys Mihardja sukses meramaikan panggung New York Fashion Week (NYFW) 2023 dengan tema Paradise. Tema ini mengeksplorasi keindahan batik Indonesia yang dilukis tangan oleh anak-anak berkebutuhan khusus. Koleksi in i dibuat dengan cermat melalui proses batik tradisional Alleira dengan presisi tinggi. Bahkan koleksi ini juga terisnpirasi oleh arsitektur Bali dan alam Indonesia yang memukau.

 

What's On Fimela
Loading