Sukses

Fashion

Harry Halim Tampilkan Koleksi Punk Couture yang Mendobrak Batasan Gender di Jakarta Fashion Week 2023

Fimela.com, Jakarta Desainer kenamaan Harry Halim menarasikan kekuatan cinta dalam mendobrak batasan melalui koleksi terbarunya untuk Spring-Summer 2023 yang bertajuk ‘The Impossible Love’. Koleksi tersebut dipamerkan pada gelaran Jakarta Fashion Week 2023 hari keempat, (27/10/2022) di Pondok Indah Mall 3. 

Narasi ini diwujudkan Harry Halim melalui koleksi punk couture yang mendobrak batasan gender. Sesuai dengan semangat pemberontakan yang menjiwai koleksi ini, keseluruhan koleksi menghadirkan tampilan lintas-busana yang unisex.

"Saya sudah lama memelajari sejarah punk, tetapi saya belum pernah berkesempatan menjajakinya ke dalam koleksi. Sehingga kali ini saya menggabungkan elemen punk dengan demi-couture," tutur Halim.

Sesuai dengan DNA jenama Harry Halim, koleksi kali ini didominasi oleh luaran seperti setelan jas, jaket (oversized dan cropped), coat panjang, dan jaket bomber dekonstruktif. Potongan lingkar yang menjadi aksen jumbai (frill) dominan di seluruh tampilan. 

Koleksi genderless itu ditampilkan melalui bustier, strapless top, dan celana berpotongan lebar yang diperagakan oleh model-model pria. Ada pula setelan bustier dan celana yang menyerupai gaun pengantin, serta busana warna neon dengan veil warna senada.

 

Bereksperimen dengan Denim

Koleksi dibuka dengan nomor serba hitam berbahan utama kulit sintetis, dilanjutkan dengan tampilan yang seluruhnya berbahan denim. Di pertengahan, Harry Halim menghadirkan sentuhan neon menyala dan payet keperakan.

Di akhir, terdapat ansambel berwarna pastel untuk menekankan aspek romantik jenama Harry Halim. Seluruhnya menggunakan boots andalan Harry Halim, Kitana Boots, setinggi 8 inci.

Melalui koleksi ini, Harry Halim menciptakan siluet baru untuk pakaian pria (menswear) melalui pemilihan warna, tekstur yang lebih feminin, serta penggunaan bahan. Seperti beberapa koleksi ini bermain dengan material viscose dan vegan leather.

“Saya juga bereksperimen dengan bahan denim, yang belum pernah saya coba sebelumnya,” tutur Harry Halim.

Gandeng Mahija untuk Perhiasan

Untuk perhiasan, Harry Halim kembali menggandeng kolaborator dekatnya, Mahija, gubahan desainer perhiasan kontemporer, Galuh Anindita.

Kesamaan detail dan gaya inilah membuat Harry Halim kembali menggandeng Mahija untuk presentasi koleksinya di JFW 2023 ini. Lewat ‘The Impossible Love’ Harry Halim berambisi menghadirkan gemerlap Hollywood ke panggung Jakarta Fashion Week.

"Saya rasa ciri khas jenama kami ini sudah dinantikan konsumen di Jakarta, karena bukankah semua orang ingin berada di Hollywood?,” tuturnya.

Ke depan, Harry Halim mengungkapkan dirinya berencana menghadirkan koleksi Batik dan berkolaborasi bersama UMKM lokal Tanah Air.

“Karena interesting sekali. Saya mau di Hollywood pakai batik tetapi dengan desain khas Harry Halim,” tutupnya.

Harry Halim adalah desainer Indonesia yang terkenal akan pendekatan eksperimentalnya terhadap romantisisme. Ia memulai karirnya di Paris, Prancis, lewat debut dalam peragaan musim semi Paris Fashion Week 2012.

Estetika Harry Halim, dengan siluet struktural yang berani dan potongan yang kenes, telah memikat perhatian selebritas dunia. Koleksi-koleksinya pernah dipakai sederet selebritas Hollywood papan atas, seperti di antaranya Lady Gaga, Dua Lipa, Cardi B, Anggun C Sasmi, Chaelin CL, dan Billy Porter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading