Sukses

Fashion

Presiden China Xi Jinping dan Istri Jadi Sorotan Kenakan Tenun Endek Bali di Welcoming Dinner G20

Fimela.com, Jakarta Presiden China Xi Jinping beserta istri turut hadir dalam gelaran Welcoming Dinner G20 yang berlangsung di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali pada Selasa malam (15/11/2022). Mengenakan pakaian formal, Presiden Xi Jinping beserta istri tampil kompak dengan kain tenun Endek Bali.

Kain tenun Endek Bali yang dikenakan Presiden Xi Jinping pada G20 dibuat sebagai kemeja. Sementara sang istri tampil anggun mengenakan gaun cheongsam berwarna putih dengan sentuhan kain Endek Bali sebagai selendang.

Sebenarnya tidak hanya Presiden Xi Jinping dan istri yang mengenakan kain tenun Endek di acara tersebut. Hampir sebagian besar tamu VVIP G20 mengenakan kemeja berbahan tenun endek tersebut. Mengutip dari situs resmi Direktorat Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Rabu (16/11/2022), tenun endek Bali menjadi satu karya tradisional hasil perpaduan sosial, budaya, kepercayaan dan bakat alami masyarakat Bali yang proses penenunannya dilakukan manual.

 

Disambut Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi

Setibanya di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Presiden Xi Jinping dan istri disambut hangat oleh Presiden Joko Widodo beserta ibu Iriana Jokowi yang telah menunggu di red carpet. Mereka pun saling berjabat tangan sembari berbincang dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi tampil serasi dengan busana adat Bali saat menyambut tamu undangan dari berbagai negara di Welcoming Dinner G20. Busana adat Bali yang dikenakan dilengkapi dengan aksesori yang menonjol, seperti ikat kepala dan keris yang terpasang di punggung.

Gelaran Welcome Dinner G20 yang diselenggarakan di area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana sudah ditutup untuk umum. Keamanan arus lalu lintas di sekitar area GWK juga sudah diperketat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading