Sukses

Fashion

Review: Amazfit GTR 4, Jam Tangan Pintar Terjangkau dengan Fitur yang Menakjubkan

Fimela.com, Jakarta Jam tangan pintar, atau dikenal dengan smartwatch sudah menjadi sebuah item yang wajib dimiliki setiap orang. Tak hanya berguna sebagai penunjuk waktu, namun jam tangan pintar juga memiliki fungsi lebih dari jam tangan pada umumnya. Sebuat jam tangan pintar mampu mengakomodasi gaya hidup yang lebih terorganisir dan seimbang melalui fitur-fiturnya. 

Ragam merek jam tangan pintar hadir dengan segala fitur canggihnya. Model beragam dan juga harga yang variatif membuat setiap orang memiliki ragam opsi yang bisa jadi pilihan. Lalu, bagaimana jika budget yang dimiliki terbatas? apakah jam tangan pintar yang dimiliki juga tidak memiliki fitur yang optimal? 

Hal ini tentu tidak akan terjadi jika kamu melirik Amazfit. Baru-baru ini Amazfit meluncurkan seri terbarunya yaitu GTR 4. Sebuah jam tangan pintar dengan fitur luar biasa, bahkan jam tangan ini disebut-sebut sebagai “ the king of budget smartwaches,” dalam ragam review internasional. Lalu, apa saja sih keunggulannya? tim Fimela juga mencoba langsung dan membuktikan, apakah betul sesuai dengan klaimnya? 

Tampilan yang modern

GTR 4 mempunyai tampilan layar 1,4 inch display OLED dan dial alumunium sebesar 46mm. Tampilan yang sedikit besar memang membuat gaya jam tangan pintar ini terkesan maskulin. Namun, jika kamu ingin tampil lebih sporty dan sedikit edgy, GTR 4 bisa jadi pilihan sempurna. Meskipun sedikit besar, namun ham tangan pintar unu memiliki kisaran berat 34g, dan ketebalan 10,6mm yang tetap nyaman saat digunakan. Selain itu, daya tahan water resistance sedalam 5ATM membuat kamu tak perlu khawatir untuk lakukan ragam aktivitas yang berhubungan dengan air. 

Ketahanan baterai dan sensor

Jam tangan ini kaya akan sensor. Terdapat sensor gerak, akselerometer, giroskop, senor geomagnetik, altimeter barometrik, dan sensor cahaya sekitar. Tak ketinggalan sensor untuk memantau heart rate yang juga bisa mengukur kadar oksigen dalam darah. Selain itu, konektivitas Wi-Fi, bluetooth 5.0, dan Bluetooth low Energy menjadi pelengkap jam yang menjanjikan. Bahkan ada juga fitur speaker, dan microphone yang memudahkan kamu untuk melalukan interaksi digital, dan juga telepon. 

Yang menariknya lagi, Amazfit GTR 4 memiliki multiband GPS, sebuah fitur yang tidak banyak dimiliki jam tangan lain. Fitur ini biasanya bisa ditemukan pada jam tangan fitness. Kini dengan kehadiran multiband GPS, maka kamu bisa bereksplorasi lagi lebih akurat menjelajah kota hingga hutan. Berbicara mengenai daya baterai, klaim dari Amazfit menyatakan jika jam tangan ini mampu bertahan selama 7 hari tanpa perlu di-charge dalam penggunaan yang berat. Sedangkan pemakaian normal, jam ini mampu bertahan selama 14 hari.

Saya sendiri yang menggunakan jam tangan ini untuk ragam aktivitas mulai dari olahraga, hingga aktivitas harian merasa jika baterai yang dimiliki bertahan lama. Penggunaan setiap hari yang cukup berat bisa bertahan hingga 10 hari. 

 

Fitur yang kaya

Fitur dasar sebuah smartwatch sudah kamu dapatkan di GTR 4. Diantaranya adalah; push notifications dari ponsel, timer, alarm, stopwatch. ada juga pilihan balas pesan singkat yang hanya bisa terkoneksi dengan Android. Tak hanya itu saja, kamu bisa lakukan panggilan pada jam, untuk mengetahui letak jam jika kamu lupa melepasnya. GTR 4 cocok dengan Alexa untuk smart home control dan kebutuhan dasar lainnya. Sedangkan untuk offline assistant dalam mengontrol jam tangan kamu, maka pemakaian perintah suara bisa jadi alternatif yang baik, seperti pengaturan untuk olahraga, launching fitur kesehatan, di saat kamu tidak memiliki akses internet. 

Selain itu, GTR 4 juga dilengkapi dengan fitur fitness dan kesehatan. Kamu bisa memantau kualitas tidur, menjadwalkan waktu tidur, heart rate monitoring, blood axygen tracking, dan stress tracking. Selain itu kita juga bisa mendeteksi kualitas udara melalui GTR 4. Sebagai warning akan aktivitas abnormal pada detak jantung, level oksigen dan tingkat stress, maka jam tangan ini adalah pilihan yang tepat.

Health Tracking

Ingin memantau aktivitas kesehatan? GTR 4 memiliki Personal Activity Intelligence atau PAI. sebuah algoritma untuk memantu aktivitas. Kamu bisa memantau 150 menit olahraga yang direkomendasikan oleh American Heart Association. Dengan ini maka kamu tak hanya bisa menyimpan poin PAI, namun juga menghitung detak jantung. GTR 4 juga membantu melacak V02 Max dan Beban Latihan, yang bisa mengukur kemajuan sekaligus prioritas pemulihan. 

Kesimpulan

Menurut saya, ada sejumlah keunggulan yang jadi highlight dari GTR 4. 

- Fitur komperhensif

- Harga terjangkau

- Dua asisten digital 

- Multiband GPS

- Navigasi turn-by-turn

- OLED display

- baterai tahan lama. 

 

Kekurangan: 

 

- Dial yang besar memberi kesan maskulin

Sebagai sebuah smartwach dengan harga terjangkau, tentu Amazfit GTR 4 memiliki fitur yang memuaskan dan tak kalah dari jam tangan pintar high end ternama. 

 

 

 

 

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading