Sukses

Fashion

Alexander Wang Kembali Muncul di NYFW Pasca Skandal Pelecehan Seksual, Tuai Kecaman dan Dukungan

Fimela.com, Jakarta Sempat terjerat kasus pelecehan seksual kepada sejumlah pria dan transpuan, Alexander Wang kembali menunjukkan batang hidungnya di New York Fashion Week 2023 pada (8/2) lalu.

Desainer asal Amerika Serikat itu menggelar pertunjukan landasan pacu bertajuk Cupid’s Door, yang menampilkan koleksi pakaian wanita Fall 2023 serta peluncuran kembali lini pakaian prianya.

Ini menjadi show kedua yang diadakan setelah hampir tiga tahun hiatus dan menjalani rehabilitasi. Alexander Wang yang tengah berusaha mengembalikan reputasinya pun tampak menerima dukungan dari sejumlah pelaku industri fashion dan selebritis yang hadir. Seperti pemimpin redaksi majalah Vogue dan Julia Fox.

 

Tuai Kecaman dan Dukungan

Melihat Alexander Wang yang masih eksis dan menerima dukungan dari orang-orang di industri mode, netizen di media sosial pun turut mengecam dan menyuarakan kekesalan mereka. Bahkan, akun Instagram yang kerap mengkritisi industri mode turut mengunggah beberapa komentar tersebut dan menambahkan tagar #predator.

“Aku tidak mengerti alasan para selebriti begitu terobsesi terhadap Alexander Wang. Apa yang dilakukan pria ini sampai membuat kamu bisa melupakan tuduhan pemerkosaan yang dilakukannya? Apakah mereka begitu menyukai koleksi busana yang murah dan pelecehan seksual,” komentar netizen di media sosial.

“Sungguh gila mendapati Alexander Wang yang melecehkan banyak model dan orang di industri mode dan media masih gemar mempromosikan labelnya,” tulis lainnya.

“Apa yang membuat saya kesal adalah Alexander Wang bahkan bukan desainer yang inovatif, dia belum melakukan apa pun yang pantas mendapatkan dukungan yang masih dia dapatkan,” timpal lainnya.

 

Julia Fox Dikritik usai Bela Alexander Wang

Sorotan khusus juga tertuju pada Julia Fox.  Mantan kekasih Kanye West ini sempat menuai kritik lantaran pembelaanya terkait Alexander Wang pada kolom komentar di TikTok.

“Sejujurnya saya menyukai cancel culture, namun kita harus memberikan ruang untuk rehabilitasi dan bagi mereka yang mau berusaha dan belajar dari kesalahannya,” komentar Julia Fox yang tak lama kemudian dihapus.

Dalam kesempatan ini, Julia Fox hadir sebagai model sekaligus muse yang berjalan di landasan pacu. Aktris berusia 33 tahun itu membawakan gaun kristal menerawang yang mengekspos dadanya. Gaun tersebut dipadukan dengan oversized blazer dengan detail manik-manik yang mewah.

Sebelumnya, tudingan pelecehan seksual terhadap Alexander Wang muncul ke permukaan pertama kali pada Desember 2020, ketika model Owen Mooney menceritakan pengalamannya dilecehkan oleh Alexander Wang di TikTok. Tak lama kemudian, penata gaya dan pengarsip mode David Casavant juga berbagi pengalaman serupa dengan New York Times. Total ada 11 orang yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual sang desainer.

Mulanya, Alexander Wang membantah. Namun pada akhirnya ia meminta maaf dan menyelesaikan tuduhan bersama para korban tersebut di luar pengadilan.

Well, kalau menurut kamu bagaimana Sahabat Fimela? Apakah Alexander Wang berhak untuk memulihkan reputasinya dan kembali berkarya?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading