Sukses

Fashion

Kemitraan Terbaru Lenzing Group, Hadirkan Bahan Kulit untuk Mode Berkelanjutan

Fimela.com, Jakarta Lenzing bekerja sama dengan NFW (Natural Fiber Welding Inc.) untuk menghadirkan serat bermerek TENCELTM. TENCELTM merupakan merek unggulan di bawah Lenzing Group yang mencakup penawaran serat produk khusus tekstil yang telah berdiri sejak 1992 dengan mendorong evolusi solusi serat untuk segmen pakaian jadi dan teksil rumah melalui beberapa inovasinya. 

Milan, Italia menjadi tempat pertama Kolaborasi MIRUM® x TENCELTM akan ditampilkan, tepatnya selama pameran kulit internasional yaitu LINEAPELLE yang berada di Hall 8, booth H02 dan akan berlangsung pada 21-23 Februari 2023. Tak hanya memamerkan produk kolaborasi terbarunya, tetapi material MIRUM® yang didukung dengan serat TENCEL juga akan ditampilkan. 

MIRUM® merupakan bahan berkelas yang dikategorikan unik. Biasanya penggunaannya untuk aksesoris, fashion, alas kaki, otomotif sampai dengan peralatan rumah tangga yang mewah. Sedangkan serat TENCELTM Lyocell berasal dari sumber kayu yang berkelanjutan dan diproduksi menggunakan proses yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Melalui Teknologi Identifikasi Serat dari Lenzing, memungkinkan identifikasi fisik asal serat. Tak hanya itu, serat juga dapat diverifikasi dan dilacak.

Pendekatan unik bahan NFW

MIRUM® terbuat dari karet alam, pigmen tumbuhan dan mineral, minyak dan lilin nabati, serta alas kain alami. Setiap resep MIRUM® memiliki keunikan, tetapi menggunakan bahan-bahan alami yang tidak akan berubah. Sebagai pengikatan, MIRUM® menggunakan karet alam dan minyak nabati. 

Menggabungkan berbagai bahan alami seperti arang biobased, tanah liat, bubuk gabus, sekam padi, serabut kelapa, denim daur ulang atau rumput laut yang dapat mengembangkan warna dan menambah daya tarik visual menjadi pendekatan yang dilakukan NFW. Nantinya juga produk yang dibuat dengan menggunakan MIRUM® dapat didaur ulang menjadi MIRUM® baru, sedangkan serat TENCELTM dapat dijadikan kompos dan dapat terurai secara alami, sehingga produk dapat disirkulasikan sepenuhnya. Kolaborasi ini menciptakan alternatif berkelanjutan yang unik untuk aplikasi kulit karena serat TENCELTM dan MIRUM® dapat digunakan dalam berbagai aplikasi.

“Di NFW, kami percaya bahwa materi tumbuhan adalah satu-satunya bahan yang dapat digunakan untuk menggantikan plastik. Sejak awal, MIRUM® telah dirancang untuk memberi manfaat bagi planet kita. Dengan menambahkan kain yang terbuat dari TENCELTM ke dalam MIRUM®, kami dapat meningkatkan transparansi dan ketertelusuran bahan, sekaligus menjamin kenyamanan dan sentuhan tangan yang nyaman di kulit. Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan merek TENCELTM dan kami akan terus menciptakan alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk industri mode,” kata Oihana Elizalde, Wakil Presiden dan Manajer Umum MIRUM® di NFW. Salah satu contoh kolaborasi terbaik adalah Allbirds Plant Pacer, yang dirilis musim gugur lalu. Bagian atas sepatu dibuat dengan MIRUM® yang dilapisi dengan TENCELTM.

 

 

MIRUM®, pilihan yang lebih ramah lingkungan

Pilihan yang ideal dan tepat bagi seorang desainer dan merek yang ingin mengurangi jejak lingkungan dan memperluas palet kreatif, MIRUM® dapat menjadi jawabannya, sedangkan serat TENCELTM merupakan serat lembut dan nyaman di kulit dengan pengelolaan kelembapan yang luar biasa. Menggabungkan bahan pendukung yang terbuat dari serat TENCELTM ke MIRUM® dapat meningkatkan kenyamanan produk yang dibuat dari alternatif kulit.

 “Kemitraan ini adalah contoh sempurna tentang bagaimana kombinasi serat TENCELTM kami yang berkelanjutan dan material inovatif seperti MIRUM® dapat melampaui tekstil tradisional. Dengan berinovasi dari hati maka inovasi permainan dengan material baru pun tidak akan terbatas. Serat TENCELTM digunakan sebagai pelapis tidak hanya meningkatkan tingkat transparansi dan ketertelusuran MIRUM®, tetapi juga memaksimalkan kenyamanan dan memiliki jejak karbon yang sangat rendah. Kami yakin bahan serbaguna ini akan disukai oleh mitra di seluruh rantai pasokan dan merek seperti merek alas kaki, busana fashion, aksesori, furnitur, dan bahkan industri otomotif,” kata Birgit Schnetzlinger, Head of Business Development Functional Wear and Footwear, Global Textiles Business di Lenzing AG.

 

*Penulis: Fani Varensia.

 

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading