Sukses

Fashion

Pesona Jessica Mila yang Sudah Resmi Jadi Perempuan Batak, Cantik dalam Balutan Kain Songket Sutra Mahal

Fimela.com, Jakarta Hendak menikah dengan Yakup Hasibuan, Jessica Mila sudah menjalani beberapa prosesi adat. Salah satunya pemberian nama Marga melalui prosesi Mangain yang dilakukan pada Sabtu lalu.

Ritual adat Mangain dilakukan untuk memberikan marga kepada calon pengantin wanita. Karena sang calon pengantin wanita bukan berasal dari suku Batak, maka diberikan marga yang diambil dari marga ibu calon pengantin pria. Calon pengantin wanita diangkat anak dari saudara pria dari ibu calon pengantin pria.

Prosesi pengangkatan anak ini disimbolkan dengan menggendong calon pengantin wanita menggunakan kain tenun Hiou oleh istri saudara pria dari pihak ibu pengantin pria.

Lewat prosesi Mangain tersebut, Jessica Mila mendapatkan nama marga Damanik. Acara Mangain ini dimulai dengan berkenalan dengan keluarga besar calon suami, Yakup Hasibuan. Dilanjut dengan berbagai prosesi yang mengandung banyak makna sebelum akhirnya resmi diterima di keluarga besar adat Batak.

 

Busana Jessica Mila

Kini, Jessica Mila sudah resmi menyadang nama sebagai Jessica Mila Agnesia Damanik. Resmi memiliki nama Damanik, Jessica Mila pun kini memiliki pesona perempuan Batak yang khas dalam balutan busana adat.

Selama proses Mangain, Jessica Mila mengenakan kebaya full payet berwarna lilac dan kain songket berwarna senada. Kain songket yang dikenakan Jessica Mila memiliki motif Tapak Catur rancangan Merdi Sihombing

Dalam akun Instagramnya, Merdi Sihombing menyebut tenun songket yang dikenakan Jessica Mila memang dibuat secara khusus.

 

Kain sutera mahal

"Terbuat dari benang sutra import dari negeri China dan disulam tenun ( dikain Songket) dgn memggunakan benang metalik import yang sangat mahal harganya.Karena jika nanti umur songket rarusan tahun, dan jika benang sutranya rusak...Benang metaliknya akan bisa ditenun ulang...Teknik ini yang biasa dikenal oleh para ibu2 Batak sebagai Songket Cabutan..( Songket Rewoven)," jelas Merdi Sihombing dalam akun Instagramnya.

Ternyata, ada alasan di balik pemilihan warna ungu sebagai warna busana Jessica Mila saat prosesi Mangain. Menurut Merdi, warna ungu memberikan kesan elegan, misterius, mewah, dan bijaksana. Dalam sejarah Romawi kuno, warna ungu menjadi simbol warna kerajaan yang menunjukkan status sosial seseorang.

 

Martumpol

Rampung dengan pemberian marga untuk Jessica Mila, dilanjut dengan pesta adat. Merdi pun menjelaskan masyarakat Batak yang sudah beragama Kristen, melakukan ritual adat Martumpol yang diadakan di Gereja. Martumpol ini menjadi prosesi pra nikah sebelum kedua mempelai mengucap janji suci dalam pemberkatan pernikahan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading