Sukses

Fashion

FIMELA People: Jolene Marie Dari Panitia Beauty Peagent Sukses jadi Ratu Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Tak butuh waktu lama untuk bisa jatuh hati pada sosok Jolene Marie Cholock-Rotinsulu atau Queen Jolene, begitu para penggemar menyebutnya. Di balik material kecantikan standar ratu kecantikan secara fisik, perempuan asal jazirah utara pulau Sulawesi alias Manado ini, juga memancarkan aura ketulusan dan kemurnian hati. kita bisa merasakan langsung keramahan dan persahabatan yang ditawarkan sebagai warna asli diri.

Sebagai sosok yang selalu dipandang sempurna, ia juga tak menutupi rasa insecure yang pernah dialami. Sambil terus memberi akreditasi dan apresiasi orang-orang yang telah mendukungnya sejauh ini. Simak obrolannya di FIMELA People tentang sederet prestasi Jolene Marie menaklukkan ajang ratu kecantikan, kepuasan di balik gelar beauty queen, sampai akhirnya menemukan elemen yang paling didambanya di industri showbiz sendiri.

Siapa sangka, Jolene Marie tak memiliki ambisi yang menggebu di awal menjejakkan kariernya di industri entertainment. Namun, saat ia nyemplung ke dalamnya, Queen Jolene menerima setiap kesempatan atas anugerah yang diberikan Tuhan akan kecantikannya. Yang mengantarkan Jolene dari ajang beauty peagent lokal, nasional, sampai global. 

Jolene berterima kasih pada keluarga dan orang-orang terdekat yang mendorong, mendukung, dan meyakinkannya bahwa ia memiliki potensi untuk lahir sebagai seorang bintang. Dimulai dari mewakili kota Manado di ajang Miss Celebrity Indonesia 2010, menyabet posisi runner-up 1 Miss Photogenic, kembali menempati runner up-1 Miss Diagold, sampai jadi Puteri Indonesia Sulawesi Utara 2019 dan menerima mahkota Puteri Indonesia Lingkungan sebagai juara runner-up 1.

“Satu kata, aku itu lebih ke dicemplungin (ikut ajang ratu kecantikan). Awalnya aku pengin menjalani hidup sebagai wanita karier yang bangun bisnis atau kerja kantoran. Tapi keluarga dan teman-teman terdekat melihat potensi aku dalam dunia beauty peagent. Puji Tuhan ternyata matanya mereka bener-bener bagus, sampai akhirnya kompetisi terakhir, aku dapat Top 8 Miss International 2019 yang tandingnya di Jepang,” kenang Jolene saat ngobrol di kantor Fimela.com, belum lama ini.

The Greatest Purpose Behind The Crown

Siapa sangka lagi, perempuan yang bermain dalam serial The Sexy Doctor is Mine dan Mendua itu pernah menyanksikan dirinya yang tak memiliki kapasitas dalam dunia beauty peagents. Namun, rasa penolakan dalam diri tersebut, perlahan hilang saat  ia menemukan tujuan yang lebih besar, saat ia memiliki kekuatan untuk memakai suaranya dalam rangka misi kemanusiaan.

“Saat udah nyemplung, aku ternyata menemukan a greater purpose. Aku bisa bantu orang, suara aku jadi makin bisa didengar, dan ketika suara aku didengar, aku bisa pakai itu buat lebih banyak bantuin orang,” lanjut Jolene yang memiliki darah Amerika dari sang mama.

Apalagi, semesta juga memberikan support-nya dan meyakinkan Jolene bahwa ia kandidat yang tepat sebagai seorang beauty queen. Di mana, Jolene yang seharusnya bertugas menjadi panitia beauty peagent saat Miss Celebrity 2010, justru didesak untuk menjadi peserta kontes kecantikan itu sendiri. 

“Siapa suruh kamu jadi panitia? Kamu harusnya jadi peserta. Ayo, kamu ikut besok cepat! Ya udah itu pengalaman kecemplung yang pertama, jadi ya lebih banyak kecemplungnya kali ya hidup aku ini,” ujar Jolene yang juga memiliki kakak jebolan Miss Celebrity 2011 bernama Sirena Elizabeth Rotinsulu.

Perempuan kelahiran Amerika Serikat, 15 Mei 1996 ini juga tak ingin mengecewakan para support system solid yang mempercayakannya untuk masuk dalam kancah kontes kecantikan nasional dan internasional. Lebih dari itu, hati Jolene Marie sendiri sudah terpatri untuk berbuat lebih dari karunia kecantikan yang dimiliki.

“Aku jadi merasa punya panggilan untuk membantu orang. For me, it’s not only about the crown. Tapi what's the greatest purpose behind the crown. Makanya kenapa aku senang banget dengan ajang-ajang beauty contest, jadi bukan hanya menjual kecantikan, tapi ada nilai sosial dan nilai lainnya yang kita bisa advocate pada masyarakat yang menurutku sangat satisfying,” jawab Jolene saat ditanya apakah konsistensi ikut kontes kecantikan sebagai ajang pembuktian.

Jolene Marie dan Elemennya

Menyandang gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2019 membuatnya menjalani hidup lebih dekat pada elemennya yaitu alam. Selain bisa mendekatkan diri dengan alam dan lingkungan, kontribusi nyata Jolene untuk planet bumi dirasakan semakin banyak dilakukan.

Hingga kini, Jolene aktif sebagai Co-Founder dan Vice President Institute for Boder Studies-Millennial Think Tank (IBS-MTT) yang memiliki tujuan untuk membuat perbatasan Indonesia yang semakin aman. Sebab selama ini, perbatasan Indonesia dikenal dengan istilah 3T (Terluar, Tertinggal, dan Terdepan).

“Terutama karena aku dari Manado juga yang bikin tertarik dan concern dengan isu-isu yang ada di perbatasan. Bukan dari Manado saja, tapi kami mengumpulkan anak-anak muda dari 4 arah mata angin yang ada di Indonesia, Papua, Miangas, sampai Pulau Rote. Kami akan aktif lagi pasca pandemi dengan kegiatan-kegiatan nasional, ditunggu saja ya,” ujarnya bersemangat.

Selain lingkungan, elemen lain yang membuat dirinya menjalani hidup dengan maksimal, yaitu tak melupakan hasrat dan passion pribadi. Jolene Marie menambah profesi barunya sebagai penyanyi. Kini ia disibukkan dengan dua project sekaligus, merilis single dan terlibat kolaborasi bersama grup band legendaris Kla Project. 

Jolene menemukan kecintaan pada dunia tarik suara sejak kecil, saat ikut paduan suara di gereja. Namun, ia kembali dibenturkan dengan rasa ketidapkepercayaan diri. Hingga akhirnya baru memutuskan untuk menekuni dunia nyanyi secara profesional sekarang ini.

“Itulah kenapa aku, nih, sangat membutuhkan dorongan-dorongan ’si kecemplung’. Dan sekarang diimplementasikan ke nyanyi. Aku mendapatkan dan menemukan orang-orang yang tepat di industri, dan lahirlah single debut. Tuhan selalu membukakan dan memberikan orang-orang yang tepat,” kata Jolene bersyukur.

Live Life to the Fullest

Jolene pun menyanyikan secara langsung lagu berjudul ‘Terlalu Percaya Kamu’ ciptaan Rayen Pono saat interview bersama tim Fimela. Jolene memiliki karakter vokal kuat yang rasanya bukan hanya akan meramaikan, tapi memperkaya dan siap mewarnai blantika musik terutama ranah solosi perempuan di Indonesia. 

Tak ada kata telat untuk memulai, justru ini adalah gambaran paket komplet dan bakat penyempurna seorang Queen Jolene. Live life to the fullest menggambarkan cara hidup Jolene yang memiliki banyak peran, namun tak melupakan apa yang menjadi keinginan dan kebahagiaan diri sendiri.

Buat Sahabat Fimela yang terinspirasi kiprah Jolene Marie dan tertarik untuk berkarier di industri showbiz, mengikuti kontes kecantikan, dan semacamnya, Queen Jolene memberikan sarannya, nih. 

“Yang pertama pastinya fisik, kedua mental dan ketiga attitude. Keempat, last but not least and the most important adalah brain. Ditambah ilmu soft skill karena dalam dunia entertainment ini kita sangat membutuhkan itu semua and good luck,” tutup Jolene dengan senyum termanis. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading