Sukses

Fashion

Pesan Pemberdayaan Wanita Dibalik Koleksi Pakaian Ramah Lingkungan APR x K.A.L.A Studio

Fimela.com, Jakarta Pakaian yang digunakan sehari-hari bisa membawa pesan positif yang bermakna bagi siapapun yang melihatnya. Produsen serat viscose-rayon berkelanjutan, Asia Pacific Rayon (APR) berkolaborasi dengan fashion brand lokal K.A.L.A Studio menghadirkan koleksi pakaian ramah lingkungan yang tersirat pesan pemberdayaan perempuan.

Kolaborasi ini mengambil tema "Philo Garden", menggambarkan sosok wanita multi-peran yang secara natural memiliki kemampuan untuk menebarkan rasa cinta dan kasih sayang, dalam segala aspek kehidupan. 

Tema Philo Garden sendiri diambil dari nama tanaman hias Philodendron yang kerap berfungsi sebagai dekorasi dalam ruangan karena keindahan helaian daunnya. Dalam bahasa Yunani, dendron artinya pohon dan philo yang berarti love and affection. Dari arti kata inilah in-house illustrator K.A.L.A Studio, Dvita Mahendra menggabungkan beragam elemen dan mengolah 3 corak tumbuhan Philodendron dengan atraktif.  

“Philo Garden ini menceritakan tentang pemberdayaan perempuan. Ada tiga corak yang dikeluarkan. Ada blushing pillow dengan sentuhan warna cerah dari Light Pistachio yang memiliki arti love and affection. Wanita itu penuh kasih sayang, cinta, dan support satu sama lain,” kata CEO K.A.L.A Studio Vina Artha Ameilya saat konferensi persi di Jakarta Fashion Hub, (27/5).

Kemudian corak Night Garden hadir dengan permainan warna dramatis dan menjadi perempuan kekuatan sosok wanita yang selalu mampu menjadi penerang dalam dinamika kehidupan. Terakhir, corak day and Night melengkapi keseluruhan koleksi Philo Garden, dengan ilusi motif garis-garis yang membuatnya multifungsi untuk dapat dikenakan siang dan malam hari.

Menggunakan Bahan Viscose-Rayon yang Ramah Lingkungan

Sejak berdiri tahun 2018, K.A.L.A Studio kerap menghadirkan koleksi yang menggunakan bahan eco-friendly sebagai wujud mengurangi dampak buruk terhadap bumi.  Kali ini, K.A.L.A Studio mengeksplorasi bahan viscose-rayon twill dari APR sebagai material utama koleksi Philo Garden. 

"Kami ingin menjelajahi bahan-bahan yang ramah lingkungan dan APR menjadi salah satu pilihan utama kami. Kampanye sustainable fashion APR yang mendorong fashion brand lokal untuk menggunakan material eco-friendly sangat sesuai dengan keinginan kami untuk ikut mendukung fashion yang lebih berkelanjutan,” kata Vina.

Diakui K.A.L.A Sisters, sebutan untuk ketiga founder, bahwa tidak ada tantangan yang berarti selama proses produksi dengan menggunakan bahan viscose-rayon APR untuk pertama kali.

“Proses kerjasama dengan pabrik dari APR yang memiliki serat Viscose sangat-sangat mudah. Jadi semuanya serba cepat," kata Co-Founder K.A.L.A Studio, Adinda Tri Wardhani.

“Timeline productionnya juga jadi lebih cepat karena bahanya mudah didapat, untuk kita (viscose-rayon APR) membantu proses produksinya,”  tambah Vina.

 

 

Kelebihan Viscose-Rayon

Seperti yang diketahui, viscose-rayon merupakan serat semi-sintetis yang berasal dari selulosa pulp kayu. Penggunaan serat rayon artinya mendukung tren sustainable fashion, karena sifatnya yang terbarukan dan biodegradable (mudah terurai).

“Viscose itu kalau dicuci warnanya tidak mudah pudar. Kalau kita pakai 100 persen viscose dye-nya natural dan merasa bosan sama bajunya bisa ditanam di tanah, after 21 hari sudah terurai,” kata Zoey Rasjid, Head of Marketing Communication APR.

Dari segi karakteristik bahan, viscose-rayon APR juga memiliki tekstur lembut, versatile, breathable, dan daya serap tinggi. Sehingga cocok untuk iklim tropis di Indonesia. 

Dengan menggunakan viscose-rayon APR sebagai material utama, koleksi ini juga menjadi representasi perempuan yang berdampak positif terhadap lingkungan sekitarnya.

"Kami berharap dapat menginspirasi perempuan hebat di luar sana untuk terus berkarya serta mendukung para fashion designer dan brand lokal lainnya untuk beralih ke bahan baku yang ramah lingkungan dan mudah terurai. Ini tidak hanya berlaku untuk produk-produk, tetapi juga untuk konsumen, sehingga bersama-sama kita dapat menjaga bumi lebih baik,” tandas Zoey.

Adapun, koleksi APR x Kala Studio dapat dilihat secara offline di Jakarta Fashion Hub dan dibeli secara online melalui website Kala Studio www.wearekalastudio.com.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading