Sukses

Fashion

Denim Tanpa Kapas dari Tencel Jadi Inovasi Kain Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, Lenzing Group yang merupakan produsen serat khusus berbasis kayu terkemuka di dunia telah berkolaborasi dengan pabrik denim Advance Denim dan perusahaan kimia dari Italia Officina+39 untuk memperkenalkan perkembangan baru dalam pengembangan estetika denim tanpa kapas. Tentunya, kolaborasi terbaru ini menjadi fokus dan komitmen yang berkesinambungan bagi ketiga perusahaan tersebut dalam mempromosikan perkembangan berkelanjutan di industri denim yang terbuat dengan serat TENCEL Lyocell.

Hal tersebut, juga didorong dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan dampak lingkungan dari pakaian denim membuat para merek denim bereksperimen dengan pendekatan baru untuk menciptakan dan menghasilkan produk denim yang lebih ramah akan lingkungan. Oleh karena itu, pada koleksi terbarunya, Advance Denim menggunakan serat TENCEL Lyocell untuk mendorong terciptanya denim yang memiliki dampak lingkungan lebih rendah. 

Koleksi terbarunya ini terdiri dari kain denim inovasi milik Advance Denim yang terbuat dari serat TENCEL Lyocell dengan kemampuan finishing Officina+36 yang unik dan perawatan bleaching yang menggunakan sumber daya alam secara efisien serta proses pencucian berkelanjutan “Aqualess” sehingga menghemat penggunaan air hingga 75% dibandingkan dengan proses pencucian konvensional. Hasil inovasi tersebut terjadi karena produk yang tidak memiliki komposisi kapan dan tentunya dapat menjadi peluang eksplorasi desain serta estetika menggunakan serat alternatif untuk berkelanjutan produk denim.

 

 

Denim Ramah Lingkungan

“Sebelumnya, kain tanpa kapas dikenal memiliki teksur yang lebih lembut dan tampilan yang lebih ‘bersih’. Pembuatan tampilan vintage yang otentik serta teksur yang lebih kering ketika disentuh dari penggunaan serat TENCELTM Lyocell akan menginspirasi lebih banyak kemungkinan desain dan estetika baru untuk merek/brands denim yang dapat menghadirkan lebih banyak variasi dari opsi denim berkelanjutan untuk para konsumen. Kemitraan antara TENCELTM, Advance Denim, dan Officina+39 sangat mendorong dan menggarisbawahi usaha keras serta komitmen dalam mempelopori inovasi-inovasi denim yang mendukung pembuatan produk denim yang lebih berkelanjutan, yang pada akhirnya akan mengurangi dampak lingkungan dari industri denim,” ucap Tuncay Kılıçkan, Head of Global Business Development Lenzing, Denim.

Terbuatnya kain denim tanpa kapas dengan serat TENCEL Lyocell memberikan kelembutan, kenyamanan, dan kemilau pada produk akhir. Selain itu, serat TENCEL Lyocell juga memberikan pengaturan kelembapan suhu tubuh yang lebih baik dan peka terhadap laser yang menjadi keuntungan tambahan serta dapat menjadi alternatif denim bernilai sustainable yang sebenarnya jika melalui kemampuan pencucian yang benar.

“Tujuan kami dari kolaborasi ini adalah untuk menggabungkan inovasi garmen tanpa kapas dengan teknik pencucian ramah lingkungan yang unik untuk mencapai tampilan konvesional dan hasil washing otentik yang biasanya didapat hanya pada denim dari kapas. Kolaborasi ini sejalan dengan ‘Aqualess Mission’ kami, sebagaimana kami terus mempelajari cara-cara baru untuk meningkatkan efisiensi proses produksi kami selagi mengurangi penggunaan sumber daya energi, ruang, dan air,” ucap Andrea Venier, Managing Director Officina+39.

 

 

Kolaborasi TENCELTM dengan Advance Denim dan Officina+39

“Kolaborasi dengan TENCELTM dan Advance Denim dimulai dari visi bersama dalam menciptakan produk denim yang memiliki dampak lingkungan minimum. Dengan menggabungkan serat berkelanjutan untuk menciptakan kain tanpa kapas dan teknik pencucian ramah lingkungan dengan dampak rendah, kami menawarkan inovasi denim yang unik yang dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan merek/brands denim serta industri secara keseluruhan. Harapan kami kolaborasi ini dapat mendorong inovasi dalam industri untuk pengembangan aspek keberlanjutan dalam sektor tersebut,” ucap Michael Lam, Director Advance Denim.

Dengan kolaborasi inovatifnya bersama Advance Denim dan Officina+39, Lenzing Indonesia berhadap dapat menjadi inspirasi bagi merek denim lokal untuk mendorong transformasi industri denim Indonesia ke arah yang lebih hijau dan mendukung target pemerintah untuk mencapai bebas emisi karbon pada tahun 2060. Sebelumnya, pada 2022 lalu, TENCEL juga sempet berkolaborasi dengan MASSHIRO&Co dalam koleksi “Breathe in Denim” yang menggunakan TENCEL denim yang ramah lingkungan.

“Indonesia merupakan salah satu pasar fashion yang berkembang secara signifikan, termasuk denim. Besarnya para pelaku industri dan insan fashion, termasuk merek/brands karya anak bangsa diharapkan dapat semakin mampu bersaing di kancah global dengan membawa nilai keberlanjutan bagi alam. “Saya sangat berharap kemitraan inovatif Lenzing Group bersama Advance Denim dan Officina+39 dapat mendorong pelaku industri denim tanah air untuk turut serta menyadari dampak lingkungan dari produk mereka dan terinspirasi untuk mulai mengedepankan aspek keberlanjutan, terutama dengan tingginya limbah dari industri fashion yang menjadi salah satu sampah industri terbesar di Indonesia,” ujar Winston A. Mulyadi, Commercial Head Textile, Lenzing Group SEA & Oceania. 

Koleksi terbaru denim tanpa kapas ini akan ditampilkan pada 19-20 Juli 2023 di booth Lenzing selama Kingpins New York - Green Area #7. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading