Sukses

Fashion

5 Tips Memakai Cheongsam Pernikahan Dengan Benar

Fimela.com, Jakarta Kamu pernah mendengar istilah cheongsam? Apa sebenarnya cheongsam itu? Cheongsam adalah pakaian yang digunakan oleh pengantin perempuan Tionghoa untuk memberikan penghormatan terhadap warisan mereka. Cheongsam secara harfiah adalah gaun panjang. Cheongsam merupakan gaun satu atau dua potong tradisional Tingkok yang terbuat dari bahan sutra halus dan memiliki kerah mandarin.

Jika kamu menginginkan sentuhan tingkok pada tampilan gaun pengantin maka kamu dapat mengenakan cheongsam. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengenakan cheongsam, dilansir dari herworld (18/7) ini 5 tips memakai cheongsam pernikahan dengan benar. 

Kenali bentuk tubuh

Tubuh kamu berbentuk seperti buah pir? Maka cobalah rok A-line. Kamu dapat memilih gaun yang lebih longgar dengan belahan di bagian depan agar tidak terlalu melekat, namun kamu akan tetap mendapat siluet yang indah. Untuk kamu yang memiliki tubuh mungil, desain gaun cheongsam yang sepanjang lantai akan memberikan ilusi tinggi. 

Perhatikan model lengan pada cheongsam

Kebanyakan cheongsam memiliki lengan yang tertutup untuk memberikan tampilan anggun dan klasik. Namun, jika kamu memiliki lengan yang lebih berisi maka cheongsam yang memiliki lengan tentu akan memberikan ilusi lebih besar pada lengan. Kamu dapat gunakan desain cheongsam tanpa lengan yang dapat membuat lengan terlihat lebih panjang dan ramping.

Cheongsam tidak boleh ketat

Ketika hari pernikahan kamu akan bergerak dan berjalan sepanjang hari. Pastikan cheongsam yang kamu pilih tidak terlalu ketat yang membuat kamu tidak bisa duduk, berlutut atau makan dengan benar. Ketika kamu mencoba cheongsam pernikahan, cobalah untuk duduk dan pastikan cheongsam tidak terlalu tinggi. Pastikan terdapat ruang untuk kaki dengan cara menyilangkan kaki. 

Perhatikan kerah cheongsam

Cheongsam memiliki banyak model dan kerah. Kerah yang lebih dalam akan cocok dipakai oleh pengantin wanita dengan leher yang panjang. Kerah ini juga bisa dipakai untuk kamu yang memiliki leher pendek namun akan lebih menarik jika kamu mengenakan cheongsam yang sedikit lebih dangkal di bagian depan untuk memberikan efek leher terlihat memanjang secara visual. 

Kain cheongsam

Kain dengan bahan yang elastis atau berpotongan miring akan membentuk tubuh dengan indah. Kain yang lebih berat seperti jacquard dan brokat dapat mempertahankan bentuknya dengan lebih baik. Dengan kain ini akan mengurangi liptan-lipatan pada tubuh sehingga tubuh menjadi ramping.

Demikian 5 tips yang harus kamu perhatikan sebelum mengenakan cheongsam. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading