Sukses

Fashion

Unjuk Karya di Rusia, 12 Jenama Indonesia Sukses Pukau Mata Dunia

Fimela.com, Jakarta Satu lagi prestasi membanggakan yang ditorehkan desainer Indonesia di kancah internasional. Lewat gelaran Moscow Fest Edition - Russian Creative Week 2023, sederet desainer Tanah Air berhasil memukau mata dunia lewat rancangan busananya.

Sederet jenama lokal yang terlibat merupakan gabungan anggota dari beberapa asosiasi, seperti Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Indonesia Fashion Week (IFW), maupun Asosiasi Pemasok Garmen dan Aksesoris Indonesia (APGAI).

Total 12 jenama lokal terlibat di event ini, antara lain Poppy Dharsono, Naniek Rachmat, Musa Widyatmodjo, Koyko, PT Trisco, serta merek-merek dalam naungan APGAI yakni Lyne Halim, Batik First, Personal Style, M2, Johnwin, Rodeo, dan Felix B.

Moscow Fest Edition - Russian Creative Week 2023 sendiri berlangsung di Kota Moskow, Federasi Rusia. Menurut Poppy Dharsono, Indonesia mendapat kehormatan diundang secara khusus oleh pihak penyelenggara.

 

Koleksi busana dari berbagai daerah

"Indonesia menjadi salah satu negara yang diundang khusus oleh pihak Moskow untuk berpartisipasi dalam program festival fashion ini," kata Poppy Dharsono.

Negara lain yang ikut serta dalam acara ini adalah Thailand, Kazakhstan, Korea Selatan, Srilanka, dan banyak lagi.

Koleksi busana bernuansa modern-etnik hingga aksesori karya berbagai UMKM dari Garut, Jawa Tengah, Gorontalo, Lombok, dan Sumatera jadi daya tarik utamanya. Diharapkan, mata dunia semakin terbuka bahwa produk fashion Indonesia berbasis heritage tak kalah menawan dari jenama besar dunia.

"Kami konsisten mempromosikan heritage Indonesia ke mata dunia. Presentasi saya sendiri terbagi dalam 2 sesi presentasi, saya sendiri menampilkan karya fashion menggunakan balutan kain Nusantara mulai batik, tenun, sulam, hingga material kulit," ujar Poppy Dharsono.

 

Unjuk karya di Rusia

Selain presentasi dan demonstrasi busana serta mengisi panel diskusi, para delegasi Indonesia mengisi waktunya melakukan banyak pertemuan dengan pelaku industri fesyen dan pendukungnya, buyers, pun dengan pemerintah kota Moscow juga Rusia.

"Tujuannya adalah untuk membuka serta mencari peluang usaha antara negara Rusia dan Indonesia di bidang industry kreatif khususnya fesyen," terang Poppy Dharsono.

Sesuai dengan tujuannya, Moscow Fest Edition - Russian Creative Week 2023 diselenggarakan guna untuk meningkatkan permintaan produk dan layanan industri kreatif dan melibatkan warga di berbagai bidang kreatif, yang akan mempertemukan semua industri kreatif di Moskow dengan audiens 2,8 juta orang.

Acara ini termasuk memiliki skala yang cukup besar di Moskow. Struktur proyeknya tersebar di 60 tempat festival dengan kategori industri kreatif seperti fashion, design, publishing, video games, performance, art, music, filmmaking, and animation. Selanjutnya, sebagai bentuk keberlangsungan kampanye, di bulan November rencananya para delegasi dari Indonesia juga akan berpartisipasi dalam ajang Moscow Fashion Week.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading