Sukses

Fashion

Jokowi Tampil Gagah Pakai Ageman Songkok Singkepan Ageng di HUT ke-78 RI, Baju Adat Para Raja Pakubuwono Kesultanan Surakarta

Fimela.com, Jakarta Presiden Jokowi memasuki area Istana Negara mengenakan baju adat pilihannya di HUT ke-78 Republik Indonesia, hari ini, Kamis (17/8/2023). Tahun ini, Jokowi memilih baju adat Surakarta, tepatnya Ageman Songkok Singkepan Ageng.

Baju adat ini merupakan busana para raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat. Dijelaskan bahwa Ageman Songkok Singkepan Ageng biasanya dikenakan para raja di acara Enggar Eggar Soho Tedhak Loji, atau ketika raja keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda di mana kudanya berjumlah 4 atau 8, untuk melihat langsung kondisi masyarakat.

Baju adat Jokowi ini juga menunjukkan kedudukan tinggi atau tingkat kebangsawanan. Kata 'Ageman' merujuk pada busana yang biasanya dikenakan oleh pangeran atau bangsawan.

Penampilan Jokowi di HUT ke-78 RI

Sedangkan 'Singkepan Ageng' menunjuk pada bagian terpenting dari baju adat ini, yaitu kerah besar dan melengkung di bagian leher dan dada. Terakhir adalah Songkok yang merupakan tutup kepala.

Songkok biasanya berwarna gelap dan memiliki bentuk khas. Ketika mengenakan busana ini, para raja biasanya juga membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba/turun ke bawah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading