Sukses

Fashion

Tulola Hadirkan Kawan Nusantara 3, Kolaborasi ke-Indonesiaan dengan Instalasi yang belum Pernah Dibuat Sebelumnya

Fimela.com, Jakarta Tulola bersama PT Pegadaian dan BRI menghadirkan kembali Kawan Nusantara di tahun ini. Kawan Nusantara edisi ketiga ini diberi tajuk "Angkasa dan Bumi" yang bisa dinikmati hingga hari ini, Jumat (25/8/2023) di Nusantara Ballroom, The Dharmawangsa, Jakarta.

Kawan Nusantara di tahun 2023 ini merupakan penyelenggaraan ketiga, di mana program ini diciptakan sebagai ruang eksplorasi untuk terus mempelajari warisan para leluhur. Tulola menggandeng 8 brand atau produk UMKM Indonesia yang sama-sama memiliki semangat kearifan lokal, menghargai warisan leluhur, namun diinovasikan dengan modern sesuai zaman.

"Kawan Nusantara tidak hanya perayaan penciptaan, tapi juga perayaan kolaborasi. Setiap tahun, kamu mewajibkan diri berkolaborasi dengan beberapa brand yang dikurasi bersama. Brand-brand ini juga memiliki semangat yang sama, yaitu mengangkat tema ke-Indonesiaan dan mampu membuat jembatan antara masa lalu dan masa kini. Kami juga menyadari bahwa dengan bersinergi, kamu bisa tumbuh bersama untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia berlandaskan kreativitas dan seni," jelas Happy Salma, Founder dan Creative Conceptor Tulola.

Kawan Nusantara di tahun ini juga semakin menarik, karena Tulola membuat instalasi yang belum pernah dibuat sebelumnya. Tulola bekerja sama dengan Rangga Djoned dan Sigit D. Pratama dalam bentuk ruang instalasi, di mana para pengunjung bisa merasakan sensasi dan pengalaman batin berinteraksi dengan ruang-ruang kreatif yang diciptakan.

Tentang Angkasa dan Bumi

Angkasa dan Bumi adalah konsep dualitas, dua hal yang kontras namun saling berpaut. Hubungan angara dunia yang fisik dengan energi dimanifestasikan menjadi keindahan.

"Tulola ingin para pengunjung bisa menyelami perasaan-perasaan magis, sekaligus membumi lewat koleksi perhiasan terpilih Tulola dan instalasi yang dihadirkan selama acara ini berlangsung," tambah Dewa Sri Luce Rusna, Founder, Principal Designer, dan Creative Director Tulola.

 

Tulola Kawan Nusantara 3

Di momen ini juga, Tulola merilis koleksi artwear yang diberi tema Kawan Nusantara 2023. Koleksi ini terdiri dari 17 item, berupa anting, kalung, dan gelang yang memadukan kepiawaian pekerjaan tangan dengan teknik seni perhiasan adiluhung Nusantara.

Koleksi ini juga menggunakan motif-motif yang diberi nama, seperti Esa, Leluhur, Salam Nuswantara, Wijaya Kusuma, dan Serumpun. Motif Wijaya Kusuma menggambarkan tanah daratan Indonesia yang indah dan beragam, Salam Nuswantara adalah sebuah salam dan doa bahwa Indonesia lebih dari tanah yang bisa dilihat kasat mata, Leluhur merupakan gambaran dari akar Indonesia.

Esa mewakili energi sebagai sumber kekuatan utama dan kreativitas, sedangkan Serumpun relevansinya pada manusia yang selalu berkumpul. Perayaan Kawan Nusantara kali ini, Tulola juga berkolaborasi dengan Nyoman Nuarta, menghadirkan salah satu mahakaryanya berupa instalasi patung bertajuk Dancing Queen II.

Acara dibuka dengan pertujukan koreografi oleh Josh Marcy yang bertajuk Ritus Semesta. Ritus Semesta menampilkan gerak tari, musik, dan vokal sebagai peristiwa utuh dan meruang, serta interaktif, baik dengan instalasi ruang maupun dengan penonton yang hadir.

Karya pertunjukan ini direspon oleh Dewi Gita dan Jessica Yanuar. Sedangkan para kolaborator yang bisa ditemui di Kawan Nusantara tahun ini adalah Adrie Basuki, Bebeboo, Ikat Indonesia by Didiet Maulana, TobaTenun, Peau, Studio Dapur, Raine Beauty, dan Juara Beauty.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading