Sukses

Fashion

2 Desainer Cilik Asal Bandung Siap Tampilkan Koleksinya di Paris

Fimela.com, Jakarta Dua desainer cilik asal Bandung akan memeriahkan fashion show bertajuk Front Row Paris di The Westin Vendome, Paris, Prancis pada September 2023 mendatang. Ini merupakan program berkelanjutan yang diinisiasi oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) untuk memperkuat pemasaran produk fashion Indonesia di pasar Eropa.

Desainer yang merupakan kakak-beradik ini adalah, Michelle Liu (14) dan Catherine Liu (10). Keduanya akan menampilkan koleksi yang terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia.

Dalam Front Row Paris 2023, Michelle Liu akan menampilkan koleksi ready to wear deluxe terinspirasi kebudayaan Sriwijaya yang kaya nilai sejarah dan tak lekang oleh waktu. 

“Sriwijaya adalah kerajaan yang sangat luar biasa pada abad ke 7 di Palembang. Sri artinya "Gemilang", Wijaya artinya "Kemenangan", Sriwijaya berarti kemenangan yang gilang gemilang. Masyarakatnya memiliki toleransi yang sangat tinggi. Selain itu Sriwijaya pernah menguasai jalur perdagangan di Asia Tenggara. Sungguh terpesona dengan Sriwijaya yang menurut Michelle sangat luar biasa,” ujar Michelle dalam konferensi pers Front Row Paris 2023 di Jakarta, (24/8).

 

Michelle Liu Angkat Tema Sriwijaya

Michelle menggunakan paduan kain songket Palembang yang unik dari motif dan tenun menggunakan motif emas menambah daya tarik tersendiri sehingga sangat nampak masa kejayaannya. Michelle mencoba menuangkan ide dari budaya Indonesia ke Kancah Internasional. 

Bagaimana songket Palembang dapat beradaptasi dengan trend fashion dunia lewat rancangan bertema western style yang diangkat dengan menggunakan kain tenun Palembang. 

Rancangan ini berupa blazer, coat, dress yang semua ditujukan bagi yang menyukai trend kekinian namun tetap ada unsur budaya Indonesia dengan memakai wastra yang dapat go internasional. Sementara palet warna yang digunakan didominasi merah dan emas yang menunjukan kejayaan Sriwijaya di masanya. 

“Harapan Michelle semoga kasanah kain Indonesia menjadi pilihan yang baik untuk tetap dapat melestarikan budaya Indonesia,” tambahnya.

Catherine Liu Angkat Tema Jepara

Berbeda dari sang kakak, Catherine Liu mengangkat tema kebudayaan khas Jepara untuk koleksinya di Front Row Paris 2023. Jepara dikenal dengan berbagai kerajinannya. Selain ukir kayu, Jepara juga memiliki kerajinan tenun. Salah satunya adalah kerajinan tenun troso.

Terinspirasi dari anak remaja yang memakai kain troso khas Jepara. Catherine mencoba kombinasikan dengan kain kotak supaya terlihat muda. Bersiluet asimetris berupa blazer, blouse, skirt, coat yang memberi kesan ceria. Dan di padukan dengan taburan payet agar terlihat mewah.

Catherine memakai aksesoris topi baret sehingga menambah kesan pretty look. Catherine mencoba mengangkat kain tenun jepara ke kancah internasional. Catherine berharap semoga bisa menginspirasi dengan memakai produk warisan budaya Indonesia .

“Looknya asimetris berupa blazer, blus, rok dan coat (mantel),” kata Catherine.

Disampaikan sang kakak, Michelle, bahwa kegemarannya di bidang fashion design sudah dimulai sejak sekolah dasar. Mulanya, dia membuat desain sendiri untuk dipakaikan ke boneka Barbie miliknya.

“Belajarnya sendiri gara-gara dulu suka gambar, dari kecil dari SD kelas 2,” kata Michelle.

Sedangkan Catherine mengaku pertama mendalami bidang ini karena terinspirasi oleh sang kakak.

Dari hobi tersebut, Michelle  berhasil mendalami desain busana. Ia kemudian mencoba mengajukan karyanya di ajang nasional, seperti Jogja Fashion Week 2023 dan Surabaya Fashion Parade. Keberhasilannya ini tentu tidak lepas dari bimbingan dan dukungan orangtua. Kini, Michelle dan adiknya mencoba terjun ke ajang tahunan Front Row Paris. Selamat Michelle dan Catherine!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading