Sukses

Fashion

7 Jenama Modest Fashion Indonesia Siap Unjuk Gigi di London Fashion Week

Fimela.com, Jakarta Indonesia semakin bersemangat untuk merengkuh predikat sebagai kiblat modest fashion dunia. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan modest fashion Indonesia ke Industri mode global adalah dengan mengikuti berbagai pekan mode internasional.

Melalui group show bernama Indonesia Now, 7 jenama modest fashion Indonesia siap menunjukkan koleksi busananya di London Fashion Week Spring Summer 2023/2024 pada tanggal 18 September 2023 pukul 20.30 waktu London. Mereka adalah Buttonscarves, Benang Jarum, Ivan Gunawan, Nada Puspita x Khanaan, Ayu Dyah Andari, dan Kami.

Para desainer melihat modest fashion Indonesia memiliki potensi besar di London, Inggris yang  memiliki department store terkenal, yakni Harrods. Ikon pusat belanja mewah ini ramai dikunjungi oleh masyarakat middle east yang mencari modest wear.

“Di London yang punya Harrods (toko serba ada kelas atas di London) itu orang middle east. Jadi orang-orang yang belanja di situ sebenarnya adalah prince, princess kuwait, Saudi Arabia, billionaire-nya orang dubai. VVIP di Harrods itu orang middle east yang pastinya mau cari bajunya yang modest tapi tetap chic dan juga in trend,” ungkap Allyssa Hawadi, selaku Co-Founder Benang Jarum dalam press conference London Fashion Week di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, (29/8).

Dengan begitu, keikutsertaan jenama modest Tanah Air di London Fashion Week dapat diharapkan menjadi langkah strategis untuk melebarkan pangsa pasar produk fashion Indonesia di mancanegara. 

“Semakin hari market London itu semakin Middle East. Jadi semoga 7 brand ini bisa memberikan warna dan napas baru di industri modest fashion dunia,” tambah Ivan Gunawan, Founder dan desainer IVAN GUNAWAN PRIVE.

Lantas, koleksi busana apa saja yang akan ditampilkan para desainer di London Fashion Week Spring Summer 2023/2024? Yuk, intip selengkapnya di bawah ini, Sahabat Fimela!

1. Buttonscarves

Buttonscarves mempersembahkan koleksi Enchanting Dreamscape. Koleksi Enchanting Dreamscape memperoleh namanya dari esensi mimpi yang memikat. Setiap potongan dalam koleksi ini merupakan perpaduan yang menakjubkan antara keanggunan dan kreativitas, mencerminkan daya tarik para penggemar mode yang menginginkan sentuhan keanggunan ataupun keeleganan.

Terdiri dari 10 looks, ciri khas dari koleksi ini terletak pada desain monogram yang telah dipercantik dengan berbagai teknik kain, menciptakan potongan-potongan yang elegan dan memesona. Palet warna yang dipilih untuk koleksi ini adalah Cyber Lime, Pink Flash, dan Apricot Crush.

2. Benang Jarum

Benang Jarum dengan bangga mempersembahkan koleksi bertemakan Lustrous Whispers. Koleksi ini memukau dengan inspirasi dari keindahan gaya Chinoiserie yang memesona.

Melalui perpaduan yang memikat antara keanggunan dan sentuhan modern, koleksi ini menghadirkan tema sulaman manik-manik yang anggun dan hiasan-hiasan yang melengkapi desain-desainnya, menciptakan aura kemewahan yang elegan. Hadir dalam 10 looks, koleksi ini terinspirasi dari gaya Chinoiserie yang memikat. Palet warna yang digunakan dalam koleksi ini meliputi shades of cream, navy, dan yellow.

 

3. Nada Puspita x Khanaan

Nada Puspita menggandeng desainer ternama Indonesia, Khanaan, untuk membawakan koleksi “Take A Bow “di salah satu pagelaran mode termegah di dunia ini. Sesuai namanya, Take A Bow, yang secara harfiah berarti memberikan hormat, merepresentasikan hadiah serta cara Nada Puspita dan Khanaan untuk memberikan hormat atau ‘giving a bow’ pada setiap wanita yang memiliki keberanian untuk percaya dengan dirinya sendiri.

Take A Bow hadir dalam total 10 looks dengan beberapa artikel, mulai dari wrap blouse, flowy skirt, hingga statement dresses, yang dipercantik dengan berbagai macam aksen feminin dan elegan, seperti pleasant sleeves, pleated accents, serta frilled cuffs and collar. Koleksi inipun dirancang dari beberapa jenis bahan, seperti satin, shimmering organza, dan tile, yang ditampilkan dalam warna-warna ciri khas Nada Puspita dan Khanaan tersendiri, yaitu hitam, ivory, dusty blue, camel, lemon, dan blush.

4. Ayu Dyah Andari

“Rose and Beyond” karya Ayu Dyah Andari merupakan kisah kolektif tentang relasi duniawi dan perempuan yang dieksplorasi melalui media sulaman indah yang dibuat oleh pengrajin terampil Indonesia. 

Desainernya, Ayu, menggunakan koleksi ini untuk menghidupkan kembali siluet klasik dan indahnya menjadi pakaian dunia lain. Dikenal sebagai pola mawarnya yang rumit, Ayu berfokus pada sesuatu yang sering diabaikan; mawar bukan sekedar simbol feminitas, tetapi juga gambaran kekuatan. Semak mawar bisa tumbuh di tempat yang paling aneh, terlepas dari lingkungannya. 

Terdiri dari 11 tampilan, koleksi “Rose and Beyond” merupakan kombinasi warna dalam dan bersahaja. Lima desain di antaranya merupakan hasil kolaborasi Putri Zulkifli Hasan – seorang pengusaha perempuan yang dikenal karena usahanya di bidang kecantikan dan pendidikan. 

5. Kami.

Kami. selaku pioneer jenama modest fashion meluaskan kiprahnya di pasar internasional dengan berpartisipasi di London Fashion Week Spring Summer 2023/2024, membawa

koleksi Orva. Orva terinspirasi dari keanggunan kota London digabungkan dengan gaya urban yang menjadi identitas Kami. Menghadirkan siluet elegan, 12 looks yang akan dibawakan di London Fashion Week Spring Summer 2023/2024 diperkaya dengan sentuhan modern, seperti potongan asimetris, pleats, potongan oversize, dan yoke yang terinspirasi dari siluet trench coat yang identik dengan Inggris. 

Semua elemen ini dipercantik dengan adanya beadings, membuat tampilan semakin memikat. Detailed craftsmanship juga menjadi ciri khas Kami. Hal itu terlihat dari bagaimana motif bunga Rain Lily dieksplorasi dalam permainan material yang kaya, mulai dari shantung yang memberi kesan formal, diikuti dengan satin, sutra, chiffon, yang melambai elegan mengikuti langkah kaki, hingga Kain Tenun Garut sebagai wujud kecintaan Kami terhadap kain wastra. Tiga warna menawan yaitu biru, peach, coklat selaras dengan gaya urban dan chic warga London.

6. IVAN GUNAWAN PRIVE

Ivan akan membawa lini busana modest fashionnya yang bernama “IVAN GUNAWAN PRIVE”. Ivan akan menampilkan 12 looks dari koleksi bertajuk “English Rose” yang terinspirasi dari keindahan mawar yang tumbuh di banyak kastil di Inggris 

Di Inggris sendiri, sang mawar sering dikaitkan dengan beauty, upper class, modest, dan elegan. Unsur-unsur yang sesuai dengan koleksi premium yang menjadi karakter utama jenama IVAN GUNAWAN PRIVE.

“Karena potensi modest wear di sana besar banget dengan adanya orang-orang dari middle east, jadi saya tampilkanlah koleksi dari lini busana modest saya,” kata Ivan.

Koleksinya terdiri dari kerudung, gaun, tunik, outerwear, dan bawahan seperti rok dan berbagai desain celana panjang.  Koleksi terbaru berwarna cerah dan optimis ini dibuat khusus untuk edisi Hari Raya 2024. 

Buttonscarves Beauty jadi Official Beauty Sponsor

Fashion dan beauty adalah dua hal yang tak terpisahkan. Makeup memiliki peran yang tak kalah penting dalam keseluruhan penampilan para model. Karena itu, sinergi antara sektor fashion dan beauty bertujuan untuk membangun suatu ekosistem industri kreatif Indonesia yang diwakili oleh karya anak bangsa agar dapat bersama-sama maju di kancah internasional.

Menjelang ulang tahun keduanya, Buttonscarves Beauty meraih kehormatan menjadi Official Beauty Sponsor untuk London Fashion Week Spring Summer 23/24 bersama group show Indonesia Now. 

Tema look yang akan diangkat London Fashion Week Spring Summer 23/24 adalah Opulence in Gold. Pada kesempatan ini, Buttonscarves Beauty akan menampilkan makeup look yang mewah dan merona melalui produk pilihannya yang telah dikurasi langsung oleh Budhitama sebagai Creative Director Buttonscarves Beauty. Warna gold akan menginspirasi sebagai warna pada riasan mata, sementara tampilan merona akan menginspirasi riasan pada bibir.

“Menjadi bagian dari London Fashion Week Spring Summer 23/24 adalah bukti nyata bahwa kita dapat bersama-sama menunjukan eksistensi secara global. Kami percaya bahwa hal ini akan membuka jalan bagi brand-brand dan designer Indonesia untuk go global, termasuk Buttonscarves Beauty," tandas Kanya Trihapsari, Marketing Director Buttonscarves Beauty.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading