Sukses

Fashion

5 Tips Menentukan Personal Style dalam Berpakaian

Fimela.com, Jakarta Kunci dari tampilan yang bagus bukan dari mengikuti tren yang paling baru, melaikan dari kekonsistenan personal style-mu. Namun, bagaimana jika kita belum mengetahui personal style sendiri? Nah, artikel ini akan membantu Sahabat Fimela untuk menemukan personal style berpakaian.

Style mengarah pada cara seseorang dalam mengekspresikan dirinya, baik melalui pakaian, tulisan, maupun gaya arsitektur. Dilansir dari Masterclass.com, dalam dunia fashion,"style" biasanya merujuk pada personal style atau cara seseorang mengekspresikan diri mereka melalui pilihan estetisnya, seperti pakaian, gaya rambut, aksesori, dan caranya memadupadankan outfit.

Style adalah suatu hal yang timeless. Orang yang stylish bisa saja mengikuti tren atau bahkan tidak sama sekali. Akan tetapi, mereka selalu konsisten dengan gaya estetika mereka sendiri. Personal style lebih mengacu pada mengembangkan rasa diri daripada hanya sekadar mengikuti tren.

Bagi yang masih bingung dalam menemukan personal style, jangan khawatir. Berikut adalah tips untuk membantu menentukan personal style dalam berpakaian. Simak informasinya, yuk!

1. Lihat isi lemari pakaian

Lihatlah isi lemari pakaianmu. Pikirkan pakaian-pakaian yang membuatmu merasa senang dan percaya diri saat digunakan. Apa saja fashion item favorit yang Sahabat Fimela miliki? Ambil dan kumpulkan semua fashion item tersebut, kemudian pikirkan mengapa itu semua membuatmu merasa senang saat digunakan. Selanjutya, identifikasilah kesamaan-kesamaan dari fashion item tersebut. Bila perlu, catat hal-hal itu supaya lebih mudah untuk mengingatnya.

2. Cari inspirasi fashion

Ketika mencari inspirasi fashion, Sahabat Fimela bisa memulainya dengan keluarga dan teman-teman di sekitar yang style-nya kamu kagumi. Luangkan waktu untuk browsing di media sosial dan amatilah cara teman-teman atau selebriti berpakaian. Saat ini, banyak fashion blogger atau fashion influencer yang style-nya mengagumkan serta membagikan tips untuk berpakaian. Carilah beberapa fashion blogger atau influencer yang menarik perhatianmu. Kemudian, scroll feed media sosialnya untuk menemukan outfit yang paling disukai.

Jika menyukai style dari selebriti, cobalah untuk menemukan siapa stylist dari selebriti tersebut, lalu lihatlah media sosialnya untuk mencari inspirasi. Selain media sosial, Sahabat Fimela juga bisa mencari inspirasi pada majalah fashion. Pelajarilah tentang berbagai tipe fashion style dan identifikasi mana yang paling cocok dengan selera dan nilai-nilai pribadi.

3. Buat fashion mood board

Membuat mood board adalah cara terbaik untuk mengembangkan personal style. Setelah Sahabat Fimela menemukan semua inspirasi fashion, susunlah semua foto-foto inspirasi tersebut pada sebuah mood board. Meskipun inspirasi tersebut terlihat beragam, tetapi semua inspirasi tersebut pasti memperlihatkan vibe atau mood yang sama. Mood board ini bisa dijadikan acuan untuk membeli pakaian yang diinginkan.

4. Buat capsule wardobe

Capsule wardobe adalah sebuah koleksi sederhana yang dapat dipadupadankan untuk menghasilkan tampilan yang effortless. Koleksi ini berupa pakaian-pakaian dengan warna netral dan gaya timeless yang cocok dipadukan dengan segalanya, seperti mini dress hitam, jaket denim, kaos sederhana, atau leather tote. Membuat koleksi capsule wardobe memudahkan kita untuk memadukan outfit karena pakaian-pakaian ini bersifat versitile. Capsule wardobe juga akan memudahkan kita dalam memilih outfit dengan waktu yang lebih singkat. Meskipun style kita bisa berganti seiring berjalannya waktu, pakaian capsule wardobe akan tetap terlihat modis.

5. Bereksperimen dengan pilihan style yang unik

Setelah membuat koleksi capsule wardobe sendiri, tambahkanlah beberapa fashion item unik yang mencerminkan gaya atau personality-mu. Bereksperimenlah dengan segala fashion item yang menarik perhatianmu. Hal ini akan membuatmu menemukan signature untuk personal style-mu sendiri. Jangan takut untuk memadupadankan fashion item. Sahabat Fimela bisa memulai dengan akseseori yang bold dan

Itulah beberapa tips untuk menentukan personal style dalam berpakaian. Bagaimana, sudah menemukan personal style-mu?

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading