Sukses

Fashion

Rayakan Hari Batik, KAI Adakan ‘KAI Fashion Week’

Fimela.com, Jakarta Bertepatan dengan hari Batik Nasional tepatnya pada 2 Oktober 2023, banyak sekali perusahaan salah satunya adalah perusahaan yang diurus oleh pemerintahan negara merayakan hari spesial ini. Salah satu perusahaan tersebut adalah Kereta Api Indonesia (KAI). Dalam merayakan hari spesial ini, KAI rayakan dengan mengadakan fashion show yang berkonsep batik di KAI Daop 5 Purwokerto, tepatnya di dalam stasiun dan kereta. Fashion show yang diadakan oleh KAI bertajuk “Fashion Batik on The Train and Station”.

Bukan hanya sekadar untuk merayakan hari batik, KAI mengadakan acara fashion show ini karena memiliki tujuan untuk mempromosikan seni dan budaya dari batik Indonesia. Untuk membuatnya terkesan unik dan berbeda dengan fashion show pada umumnya, acara penampilan busana ini dilakukan dengan panggung stasiun kereta api dan dalam kereta api. Hal ini dilakukan agar masyarakat umum dan pengunjung KAI dapat merasakan pengalaman yang spektakuler dalam kereta api sambil menikmati keindahan fesyen batik Indonesia.

Bukan hanya fashion show para pengunjung dan masyarakat umum juga akan mendapatkan edukasi terutama tentang sejarah dan pentingnya batik Indonesia. Khususnya batik yang sedang dikenakan model-model “Fashion Batik on The Train and Station”. Selain itu, acara yang diadakan KAI juga ada menampilkan proses-proses pembuatan batik terutama di berbagai macam daerah yang ada di Indonesia.

Perancang Lokal

Demi membuat KAI fashion show yang serba lokal Purwokerto, KAI juga mengundang empat perancang busana lokal Purwokerto yang bernama Ari Nugroho, Dewi Firda, Iran Satja, dan Reni Andri yang sudah tergabung dalam satu komunitas desainer lokal yang bernama “Banyumasanku”. 

Selain dari fashion show, KAI juga ada menghiasi beberapa stasiun kereta api di wilayah Daop 5 Purwokerto dengan menggunakan berbagai macam ornamen yang terbuat dari batik. Dengan ini, KAI berharap para pengunjung dan pengguna fasilitas kereta api dapat berfoto-foto ria sembari menikmati fashion show yang berjudul “Fashion Batik on The Train and Station”.

 

 

Meningkatkan apresiasi batik

Bukan hanya itu, KAI berharap dengan acara ini para masyarakat dapat meningkatkan kesadaran mereka terutama dalam meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap batik Indonesia, serta dengan hal ini para calon penerus bangsa yang menggunakan sering menggunakan batik sebagai identitas seni Indonesia. 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading