Sukses

Fashion

Bak Ningrat, Intip 6 Potret Artis Pakai Baju Pengantin Adat Jawa di Pernikahannya

Fimela.com, Jakarta Umumnya, busana pengantin adat Jawa terdiri dari kebaya yang dipadukan dengan kain batik yang klasik. Ada beragam model kebaya yang dapat dipilih, termasuk kebaya kartini, kebaya kutu baru, atau kebaya encim.

Makna dan nilai filosofis yang dalam terkandung di dalam baju pengantin adat Jawa menjadi bagian yang penting dalam pernikahan. Beberapa selebritis Indonesia memilih adat Jawa untuk suasana yang sakral dan anggun dalam momen pernikahan mereka.

Berikut beberapa potret pasangan artis kenakan baju pengantin adat jawa saat menikah dirangkum Kamis (29/02/2024).

Isyana Sarasvati

Pada tanggal 2 Februari 2020, Isyana Sarasvati serta Rayhan sah menjadi pasangan suami-istri. Dalam upacara pernikahan mereka, keduanya mengenakan pakaian adat Jawa. 

Isyana Sarasvati terlihat memesona dalam kebaya kutu baru berwarna putih yang dirancang oleh Didiet Maulana. Desain kebaya putih tersebut dihiasi dengan payet, yang dipadukan dengan kain batik berwarna coklat dan emas, menambah kesan anggun pada penampilannya.

Paula Verhoeven

Paula Verhoeven dan Baim Wong resmi menikah pada 2018 lalu. Saat akad nikah, mereka memilih mengenakan baju pengantin adat Jawa. 

Paula Verhoeven tampil cantik memakai paes dengan aksesori bernuansa perak. Untuk busana, istri Baim Wong ini mengenakan kebaya putih berhias payet yang dipadukan kain batik. Keanggunan Paula sukses mencuri perhatian banyak orang. Sementara Baim Wong, mengenakan beskap putih dengan bawahan batik yang senada.

Maudy Ayunda

Pernikahan Maudy Ayunda dengan Jesse Choi, rekan kuliahnya di Stanford University, dihiasi oleh pakaian adat Jawa yang anggun saat prosesi akad. 

Dalam foto yang dibagikannya di Instagram pribadi, Maudy terlihat menawan dalam balutan kebaya putih modern dengan paduan kain batik coklat. Rambutnya ditata indah dalam gaya sanggul klasik yang dihiasi dengan ronce melati modern, sementara riasan wajahnya dipilih natural dengan sentuhan konsep klasik Jawa.

Erina Gudono

Saat acara tasyakuran pernikahannya, Erina Gudono, istri dari Kaesang Pangarep, tampak mempesona memakai baju pengantin adat Jawa Solo Putri. Kebaya hitam yang dihiasi dengan motif emas dipadukan dengan kain batik, menambah kesan anggun pada penampilannya.

Canti Tachril

Adipati Dolken dan Canti Tachril resmi menjadi pasangan suami-istri pada 18 Desember 2020. Acara pernikahan mereka dilangsungkan di Bangka Belitung.

Keduanya memilih menggunakan baju pengantin adat Jawa dodotan saat menikah. Berpose di tepi pantai, keduanya terlihat kompak mengenakan busana dodotan. Canti terlihat sangat anggun dengan sanggul dan hiasan bunga melati.

Karina Nadila

Karina Nadila, seorang aktris dan finalis Puteri Indonesia, memilih busana tradisional Jogja Putri saat mengikat janji pernikahan dengan Rangga Prihartanto pada bulan Desember 2020.

Untuk penampilannya, Karina Nadila mengenakan kebaya kutu baru yang terbuat dari lace, dipadukan dengan stagen berwarna merah dari kain jumputan dan kain batik. Riasan paes dan sentuhan lipstik merah menambah kesan anggun pada penampilannya.

Artis yang Nikah Adat Jawa?

  • Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. 
  • Adinia Wirasti dan Michael Wahr. 
  • Isyana Sarasvati yang Manis dengan Nuansa Putih. 
  • Pernikahan Fay Nabila dengan Pelaminan Modern. 
  • Canti Tachril dan Adipati Dolken.

Apa Itu Baju Dodotan?

Baju Dodotan adalah sebuah baju adat yang digunakan oleh laki-laki dan terdiri dari kain sarung yang bagian atasnya longgar. Pakaian ini tidak hanya digunakan dalam adat pernikahan namun juga dalam upacara-upacara adat tradisional lainnya.

Apa Nama Baju Pengantin Jawa?

Basahan adalah pakaian adat Jawa Tengah yang digunakan dalam upacara pernikahan adat Jawa. Asalnya adalah warisan dari kebudayaan Mataram. Berbeda dari pakaian adat lainnya, Basahan tidak melibatkan luaran dengan riasan Paes Ageng Kanigaran

Apa Nama Baju Adat Jawa Perempuan?

Kebaya merupakan baju adat yang digunakan oleh kaum wanita. Kebaya biasanya terbuat dari berbagai macam bahan, seperti kain brokat, kain katun, kain beludru dan juga kain nilon. Kebaya Jawa Tengah memiliki dua model, panjang dan pendek. Bawahan yang digunakan yakni kain jarik atau kain batik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading