Sukses

FimelaHood

Pengin belajar masak? Yuk gabung ke Natural Cooking Club

Fimela.com, Jakarta "Bu, bedanya apa butter dan margarine? Bedanya itu bahan baku," suara ramah ibu Fatmah Bahalwan itu dijawab dengan senyuman beberapa perempuan yang tengah sibuk memperhatikannya menjelaskan. Ya, kali ini Fimela.com mampir ke Natural Cooking Club (NCC), sebuah komunitas buat para penggila makanan, yang tidak cuma hobi makan, tapi juga memasak.

Terletak di Matraman, ruang dapur Natural Cooking Club setiap harinya selalu dipenuhi dengan beberapa perempuan yang haus akan pengetahuan tentang masakan, khusunya memasak kue. Sabtu, 13 Oktober 2018, kebetulan kali ini Fatmah, pendiri Natural Cooking Club tengah mengajarkan cara membuat Spoon Cake.

"Bu adonan kue memangnya tidak boleh terlalu padat ya bu," tanya perempuan bernama Lery yang serius memerhatikan bagaimana caranya membuat bentuk kue sehingga bisa terlihat sempurna. Di Natural Cooking Club memang bukan sekadar masak memasak, tapi di sini semua peserta diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai apa pun supaya hasil masakannya tidak cuma memiliki bentuk yang sempurna tetapi juga rasanya enak.

Tidak heran jika Lery jauh-jauh dari Kupang hanya untuk belajar memasak dengan Fatmah. “Saya tahu ibu Fatmah dari berbagai macam video tutorial memasaknya di YouTube. Kebetulan lagi ke Jakarta selama beberapa hari, jadi saya belajar masak saja di sini,” jelas perempuan yang ternyata juga memiliki usaha kue di tempat asalnya.

Buat Lery menonton video saja tidaklah cukup, ia harus melihat langsung proses memasak itu dan kalau ada yang tidak dimengerti, maka juga langsung ditanyakan. Itu pula yang menjadi salah satu alasan Fatmah dan sang suami, Wisnu Ali Martono mendirikan NCC pada 15 Januari 2005.

Pada awalnya Natural Cooking Club  hanyalah sebuah komunitas dunia maya yang dijadikan sebagai tempat untuk berbagi resep serta curhat soal masakan, mulai dari membahas soal masakan yang enak, yang gagal, hingga bagaimana caranya membuat usaha makanan. “Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama pastinya kan belajar masaknya lebih semangat. Dari milis itu mereka bisa curhat soal apa pun. Dari situ juga teman-teman yang lainnya memberikan berbagai solusi,” terang Fatmah. Data pada Mei 2014 menyebutkan jika Natural Cooking Club sudah mengumpulkan 17 ribu anggota.

Asal ada kemauan pasti ada jalan

Didirikan sejak tahun 2005, Natural Cooking Club secara rutin mengadakan kegiatan masak memasak setiap harinya. Selain itu, ada juga beberapa kegiatan lainnya yang pernah dibuat, yakni HomeMade Food Fiesta yang diselenggarakan setiap tahun, online Culinary Weeks, mencetak rekor MURI (lomba menghias cake dan cupcake), Tour d’Toko, Tour d’Pasar, demo member, cooking and baking party, “bakulan” kue, lempar-lemparan order, kursus food photography, kursus catering management, dll.

Bagaimana, jadi tertarik untuk belajar masak? Tips dari Fatmah Bahalwan adalah jangan takut untuk mencoba. “Kalau takut ya nggak bakalan mencoba apa-apa, tidak akan menghasilkan apa-apa. Kalau gagal, jangan berhenti, coba lagi, belajar lagi,” tegas Fatmah. Selain itu menurut Fatmah jangan mempermasalahkan soal alat, pergunakan alat yang ada saja dulu. Begitu juga dengan mereka-mereka di luar sana yang ingin memulai bisnis.

“Bisnis pasti akan menghadapi yang namanya komplain. Bahkan mereka yang usahanya sudah memiliki nama pasti akan mendapatkan komplain kok. Jangan takut, bisnis terus menerus,” tambah Fatmah lagi. Ingin coba belajar masak di Natural Cooking Club? Bisa langsung datang ke Jl. Matraman Dalam III No. 11 Rt 09/07, Jakarta Pusat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading