Sukses

FimelaHood

Super Indo Berkebun: Ajak Masyarakat Menanam di Rooftop Food Garden

Fimela.com, Jakarta Banyak cara yang dilakukan untuk mempromosikan gaya hidup hijau yang tidak hanya baik untuk kesehatan diri sendiri, tetapi juga untuk lingkungan tempat tinggal. Salah satu cara unik dipilih oleh komunitas Super Indo Berkebun yang mengajak para anggotanya untuk menanam di rooftop alias di atap.

Lahan yang semakin terbatas menjadi alasan banyak orang mengapa mereka tidak memiliki tanaman hijau di rumahnya. Tapi, melalui program Rooftop Food Garden, Super Indo Berkebun membuktikan kalau menanam, apalagi menanam tanaman atau sayuran yang dapat dikonsumsi bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rooftop.

"Kegiatan ini dibuat untuk mempromosikan healthy lifestyle, khususnya healthy cooking. Kita pengin para anggota kita nantinya bisa menanam sendiri sayuran mereka, meskipun mereka hanya memiliki lahan yang terbatas," jelas Head of Corporate Affairs and Sustainability Super Indo Yuvlinda Susanta. "Kegiatan ini juga dibuat supaya para anggota dapat mengadopsi kebiasaan makan sehat dengan cara yang menyenangkan," tambah Yuvlinda.

Berada di Super Indo Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Rooftop Food Garden yang dimiliki oleh Super Indo Berkebun ditanami oleh berbagai macam sayuran yang menurut para anggotanya sangat cepat untuk dipanen, seperti kangkung, bayam dan sawi. "Saya bergabung di sini karena bisa dapat banyak teman dan juga banyak ilmu karena saya memang tidak tahu dengan ilmu bertanam, tapi saya mau belajar," jelas Tatie, perempuan berusia 61 tahun yang tengah sibuk mengurusi tanaman sawinya.

Tatie bukanlah satu-satunya orang tua yang bergabung di Super Indo Berkebun, tapi bukan berarti anggota komunitas berkebun yang satu ini diisi oleh para orangtua saja. "Anggota tertua itu berusia 65 tahun dan anggota termuda berusia sembilan tahun. Kita memang membebaskan baik muda atau tua yang mau belajar menanam pasti kami persilakan," jelas Yuvlinda.

Dalam program Rooftop Food Garden para anggota Super Indo Berkebun akan diajari tentang dua teknik menanam, yakni bercocok tanam di lahan tanah dan vertikultur. Selain kelas berkebun para anggota juga berkesempatan untuk belajar mengenai nutrisi dan kelas memasak, di mana para anggota nantinya diajarkan bagaimana cara mengolah hasil kebun dan cara memasak menu makanan lezat dengan cara sehat.

Super Indo Berkebun adalah sebuah komunitas yang dibentuk oleh Super Indo, supermarket yang menjadi bagian jaringan ritel internasional Ahold Delhaize. Dimulai sejak 2016, awalnya kegiatan berkebun dijalankan di Super Indo RM Martadinata, Ciputat, Tangerang Selatan. Dan kini program tersebut diikuti oleh banyak gerai di daerah lainnya, seperti di Bandung dan Bogor.

Fimelahood #MyGoalMatter, Tempat Perempuan Berbagi Kisah Inspiratif
Loading
Artikel Selanjutnya
Depok Rubik's Cube Community, Belajar Pecahkan Masalah dan Kesabaran Lewat Permainan
Artikel Selanjutnya
Pesona Timur, Upaya Perempuan Menari Kenalkan Indonesia Timur