Sukses

FimelaHood

Gundam Community Indonesia, Hobi Masa Kecil yang Digemari Orang-orang Dewasa

Fimela.com, Jakarta Orangtua kerap kali membelikan mainan untuk anaknya. Bukan sekadar penghibur, mainan juga bisa berfungsi melatih syaraf motorik dan sensorik anak. Saat masih kecil, Sahabat Fimela pasti punya mainan kesukaan, bukan? Kendati demikian, sebagian orang tidak hanya menikmati keseruan mainan saat kanak-kanak, melainkan hingga dewasa.

Seperti yang dilakukan oleh para anggota Gundam Community Indonesia (GCI). Sesuai dengan namanya, para anggota GCI memiliki ketertarikan pada action figure bongkar pasang Gundam. Dihubungi melalui surat elektronik pada beberapa waktu lalu, Arsa, salah satu pengurus inti GCI bercerita seputar komunitas garapannya ini. 

"GCI merupakan komunitas non-profit yang didirikan untuk memasyarakatkan franchise dan segmen hobby Gundam pada masyarakat Indonesia," jelasnya di awal pembicaraan. Lebih lanjut, ia menceritakan latar belakang terbentuknya komunitas ini.

"GCI dibentuk karena tingginya permintaan teman-teman yang memiliki minat serupa pada franchise Gundam agar memiliki tempat bernaung. Melalui GCI, anggota dapat berinteraksi dengan sesama anggota yang untuk dapat membahas atau berkegiatan seputar franchise Gundam," ujar pemilik nama lengkap Muhammad Arsa Adilla ini.

"Selain merangkul para pencinta franchise Gundam, GCI juga mengenalkan franchise Gundam kepada masyarakat awam dan juga penikmat baru. Pengenalan franchise Gundam dilakukan dengan melakukan koordinasi antar daerah yang tercakup basis komunitas afiliasi," imbuh pria yang menyukai Gundam sejak era 2000-an.

Terdiri dari banyak jenis, GCI tidak memfokuskan anggotanya pada satu macam dan grade saja. "Fokus GCI sendiri adalah gundam secara general sebagai franchise, tidak terfokus ke satu buah lini khusus atau satu jenis gundam saja," kata Arsa.

Tidak hanya berkegiatan untuk internal, GCI juga bekerja sama dengan pihak luar untuk berkarya bersama. Salah satunya bekerja sama dengan Uniqlo pada 2019 lalu. "Kami sudah pernah berkolaborasi dengan brand Uniqlo di 2019 untuk mempromosikan baju gundam yang baru mereka rilis, jadi kita membuat showcase beberapa outlet uniqlo di Indonesia dan mengadakan kontes fotografi berhadiah," kenang Arsa.

"Kami juga pernah kerja sama dengan yayasan anak kanker Indonesia yang acara di Bandung, kegiatannya itu kami showcase dan galang dana untuk disumbangkan. Kami juga pernah organize nonton bareng dengan GCV PVJ untuk screening movie Gundam," tambahnya.

 

 

Mengenal Gundam Lebih Jauh dengan Gundam Community Indonesia

Melalui perbincangan ini, Arsa juga berkisah tentang jenis-jenis Gundam dan kisaran harganya. "Untuk harga, tergantung dari lini apa yang dipilih. Kalau kita bicara mengenai Gunpla (Gundam Plastic Model), yang paling murah ada yang kisaran Rp75 ribu untuk lini SD Gundam (Super Deformed)," terang Arsa.

"Sedangkan yang paling mahal bisa ada di kisaran Rp12 jutaan untuk lini Perfect Grade. Itu baru kalau bicara model kit ya, sedangkan kalau Gundam sendiri merchandise-nya banyak banget, bukan Gunpla doang, bisa dari CD album, komik, action figure, dan masih banyak lagi. Harganya pun beragam ada yang dari ratusan ribuan sampai puluhan jutaan. Kalau saya sih paling mahal pernah beli Perfect Grade Gundam MK. II di harga Rp2 jutaan," tambah Arsa.

Seperti mainan pada umumnya, Gundam juga butuh perawatan. Menurut Arsa, untuk merawat gundam terbilang mudah. Cukup disimpan di tempat yang tertutup supaya terhindar dari debu dan tidak terkena matahari langsung karena cahaya matahari langsung dapat merubah warna material Gundam.

Untuk bergabung dengan CGI, rupanya tidak sulit. Menurut Arsa, Sahabat Fimela bisa langsung menuju grup mereka di Facebook. "Oh mudah banget kok! Bisa langsung search di Facebook nama grup kami, Gundam Community Indonesia, dan langsung klik join untuk bergabung! Jangan lupa jawab kuesioner ketika bergabung ya agar tim Admin lebih mudah memproses permintaan bergabungnya," jelas pria kelahiran Palembang ini.

"Saat ini, GCI memiliki anggota sebanyak 13.533 orang di grup Facebook, dan yang aktif perharinya sekitar 700-800 orang. Untuk Instagram sendiri follower kita berjumlah 6.668 followers," imbuh Arsa. Wah banyak juga ya yang aktif, Sahabat Fimela?

Meski mainan gundam didominasi oleh kaum milenial, tapi rupanya ada beberapa anggota yang usianya di bawah 17 tahun dan bahkan orangtua. "Kalau dari gender, sekitar 90% cowok. Kami dari seluruh indonesia ada bahkan beberapa member yang sedang kuliah atau kerja di luar negeri juga ada," ungkapnya.

Tertarik untuk gabung bersama Gundam Community Indonesia? Langsung ikuti langkahnya seperti yang sudah dipaparkan oleh Arsa, ya, Sahabat Fimela!

 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Kegiatan Ketika Sahabat Fimela Bosan Nonton Drama Korea
Artikel Selanjutnya
Menemani Para Orangtua dengan Anak-anak Disabilitas, KPDS Adakan Webinar Secara Rutin