Sukses

FimelaHood

Dua Komunitas Kompak Saling Dukung dalam Momen Hari Ibu Tahun Ini

Fimela.com, Jakarta Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, Indonesia kembali merayakan Hari Ibu pada tanggal22 Desember. Di momen ini, anak, suami, dan juga lingkungan sekitar tentunya akan merayakan peran ibu dalam keluarga masing-masing. Tak terkecuali para ibu di dua komunitas dengan visi yang sama, yaitu Single Moms Indonesia dan juga Motherland. Dua komunitas ibu tersebut mendapat kesempatan untuk mencoba fitur baru WhatsApp, yaitu fitur komunitas.

Fitur komunitas di WhatsApp ini memudahkan untuk kedua komunitas dalam mengelola percakapan group mereka di dalam satu payung yang sama. Dalam fitur ini, admin dapat melakukan pengumuman grup dan membuat sub-grup dengan mudah.

Platform Para Ibu Tunggal Hebat, Komunitas Single Moms Indonesia

Komunitas untuk kumpulan ibu tunggal hebat ini berdiri di tahun 2014 dan sudah berhasil mengumpulkan lebih dadi 7,800 anggota di seluruh pulau Jawa sampai hari ini. Komunitas ini banyak mengangkat tema-tema program yang sangat bermanfaat, dari mulai kelas makeup dan parenting, hingga public speaking dan financial management.

Sang founder, Maureen Hitipeuw berkata, “Mulanya, waktu saya belum resmi bercerai saya tidak menemukan support group khusus yang isinya Ibu Tunggal dan terbentuklah SMI. Karena menjadi Ibu bukanlah sesuatu yang mudah, terlebih menjadi Ibu Tunggal, kami di sini sama-sama menghadapi tantangan yang lebih berat dan berlapis karena semuanya harus dikerjakanmayoritas sendirian tanpa pasangan. Perlahan tapi pasti kami bangkit bersama dan menjadi group support sebagai Ibu Tunggal, juga pribadi. Misalnya, salah satu anggota yang mengikuti kelas pelatihan menulis kami tahun lalu kini berhasil menjadi penulis lepas yang sukses menulis untuk publikasi internasional.”

Komunitas ini menggunakan fitur komunitas di WhatsApp untuk menguatkan tali persaudaraan yang sudah ada di komunitas ini. Tentunya, fitur ini membuat komunitas Single Moms Indonesia semakin mudah untuk berkomunikasi dengan para anggota-anggotanya. Maureen berharapan dengan adanya grup komunitas ini dapat membuat para Ibu saling mendukung satu sama lain.“Karena Ibu yang bahagia akan membesarkan anak-anak yang juga bahagia.” pungkasMaureen.

Tempat Para Ibu untuk Saling Mendukung, Komunitas Motherland

Komunitas Motherland didirikan pada tahun 2017 dengan maksud untuk menciptakan tempat yang nyaman bagi para Ibu untuk saling sharing tentang banyak hal yang berhubungan dengan parenting. Dari mulai gathering hingga workshop dan training telah dilaksanakan oleh komunitas ini.

Pendiri Motherland, Nurul Hasanah Sahid yang akrab disapa Mami Ara, merasa bahwa semenjak fitur komunitas WhatsApp diadakan, komunikasi yang terjadi dalam komunitas menjadi semakin mudah.

“Untuk Mother University yang kami rintis pada tahun 2019, semua kegiatan dilakukan melalui WhatsApp. Dengan adanya fitur Komunitas di WhatsApp memberikan kami fitur yang sesuai dengan kebutuhan kami, salah satunya adalah grup pengumuman yang dapat dengan mudah menjangkau semua anggota komunitas hanya dari satu jendela obrolan,” kata Nurul.

Di Momen Hari Ibu, Nurul mengatakan “Jalani peran sebagai ibu, seperti manusia pada umumnya; ketidaksempurnaan, kesedihan, kekecewaan, marah saat berperan sebagai ibu adalah hal yang normal dan wajar, jangan berhenti belajar dan tetap bahagia.”

 

Penulis: Daniella Ghani Lovelita

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • Komunitas

  • Mom

What's On Fimela
Loading