Sukses

FimelaHood

Peringati Hari Down Syndrome Sedunia, Komunitas Peduli Down Syndrome Gelar Festival Talenta Rayakan Karya Istimewa

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Hari Down Syndrome Sedunia, Komunitas Peduli Down Syndrome (KPDS) menyelenggarakan serangkaian kegiatan sejak 15 Februari 2023, dengan puncak acara bertajuk Festival Talenta “Rayakan Karya Istimewa!” yang digelar di Scientia Square Park, Gading Serpong.

Kegiatan ini bertujuan menghimpun Individu dengan Down Syndrome (IDDS) di Indonesia, serta sebagai sarana IDDS untuk meningkatkan kepercayaan diri, berbagi bakat dalam keceriaan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat atas kesetaraan hak asasi manusia bagi IDDS.

Mengenal Down Syndrome Lebih Jauh

Down syndrome adalah kondisi kelainan genetik yang menyebabkan individu memiliki keistimewaan, baik fisik maupun psikis. Dalam kesehariannya, IDDS menghadapi berbagai permasalahan internal dan eksternal. Penerimaan masyarakat merupakan hal yang terpenting, di mana belum semua pihak mengerti tentang down syndrome yang menyebabkan terjadinya diskriminasi. Dampaknya, IDDS kerap tidak memperolah kesempatan untuk berkecimpung di tengah-tengah masyarakat dan kesulitan berinteraksi di lingkungan sosial, khususnya bagi IDDS anak di mana mereka kerap dikucilkan di lingkungan bermain. Saat ini, tercatat lebih dari 300 ribu IDDS di Indonesia.

Berbagai Macam Kegiatan di Festival Talenta oleh KPDS

Dalam Festival Talenta  “Rayakan Karya Istimewa!” ini, berbagai kompetisi akan diadakan, mulai dari Lomba Mewarnai (kategori usia dibawah 10 tahun), Lomba Menggambar (kategori usia diatas 11 tahun), Lomba Foto Twibbon, Lomba Video Talenta, hingga workshop cake decoration. Tak hanya itu, beragam pentas seni meliputi musik, fashion show, Tari Nusantara, puisi, karate, boxing, dan ballet juga akan dihadirkan oleh IDDS dan farm tour.

Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan penuh dari berbagai Mitra KPDS, di antaranya Scientia Square Park, PT SUMA, Optik SEIS, UNIKEY, Asia Works Graduate LP163, Yayasan Wings Peduli, 858 Toys, Yayasan Peduli Kasih ABK, Tentang Anak, serta Universitas Tarumanagara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading