Sukses

FimelaHood

Puan Bisa Festival 2023, Ruang Bagi Perempuan Untuk Mengoptimalkan Potensi Diri

Fimela.com, Jakarta Puan Bisa, komunitas berbasis pemberdayaan perempuan muda Indonesia, membuahkan kajian cepat pada Juli - September 2023 bahwa perempuan muda Indonesia rentan terhadap budaya hustle culture. Hal ini mengakibatkan lebih dari 80% perempuan muda Indonesia mengalami stres, overthinking, resah, tidak percaya diri, dan dampak buruk lainnya. Berangkat dari kajian tersebut, Puan Bisa mengadakan acara Puan Bisa Festival 2023 dengan tema “Girls Day Out : Unlock Your Inspirational Potential to Empower Women” dengan rangkaian acara dimulai tanggal 6 hingga 15 Oktober 2023 sebagai hari peringatan ulang tahun Puan Bisa yang ke-3 yang dihadiri total lebih dari 55 perempuan muda. 

Puan Bisa merupakan organisasi pemberdayaan perempuan dengan gerakan penyampaian pesan positif mengenai self- improvement, career serta mental health sehingga para perempuan muda dapat melewati masa mudanya dengan kegiatan yang positif dan terarah. Sesuai dengan apa yang menjadi cita-citanya, Puan Bisa mengadakan Puan Bisa Festival sebagai perayaan hari ulang tahun Puan Bisa yang ke-3 tahun

Rangkaian Puan Bisa Festival dimulai dengan kegiatan talkshow melalui live Instagram Puan Bisa selama tiga hari dimulai dari tanggal 6,7, dan 8 Oktober yang diisi oleh tiga sosok perempuan muda yang berpengaruh yakni Rachel Amanda Aurora (6/10), Aldilla (7/10), dan Christy Raina (8/10). Talkshow menghadirkan topik “Finding Inspirations Within : Empowering Personal Growth”

Dikemas Berbeda dengan Tahun Sebelumnya

Salah satu pembeda dari Puan Bisa Festival 2023 dengan tahun lalu terletak pada puncak acara. Hari pertama yang diselenggarakan pada tanggal 14 Oktober 2023 diisi dengan aktivitas Yoga dan talkshow bersama 'Yoga With Amira' di Dewandaru Pendopo. Kegiatan ini diperuntukkan agar perempuan dapat mengendalikan keseimbangan mental dan emosional serta berkesempatan untuk berinteraksi dengan sesama perempuan muda agar bisa saling menginspirasi."

“Harapannya dari kegiatan yoga bersama di acara Puan Bisa Festival ini para perempuan muda bisa me-refresh otak dan pikiran mereka dengan segala kesibukan yang ada serta mereka aware bahwa tubuh kita penting, tubuh harus kita jaga, rawat, dan sayang salah satunya melalui yoga.”ucap Dian Fadilla selaku Founder dari Puan Bisa dalam acara resmi Puan Bisa Festival Day 1, Sabtu.

Kegiatan yoga bersama dibimbing oleh Fatima Amira yang merupakan seorang holistic self-love yoga coach. Bagi beliau, perempuan muda perlu menaruh diri mereka sebagai prioritas utama agar dapat menyeimbangkan kesehatan mental dan juga kegiatan lainnya.

“Agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan tenang dan lebih banyak ruang untuk diri sendiri. Perlu adanya time management dan set prioritas untuk diri sendiri agar bisa balance dengan diri sendiri maupun kegiatan lainnya.” tambahnya dalam wawancara pada day 1 Puan Bisa Festival.

Ditutup dengan Talkshow yang Menarik

Kegiatan Puan Bisa Festival ditutup pada tanggal 15 Oktober di Visinema yang dihadiri lebih dari 40 perempuan muda dengan main eventnya yakni talkshow bersama Sherly Senja Rindiani seorang Author dan Personal Growth Content Creator. Tidak hanya talkshow, Puan Bisa Festival juga memberikan acara hiburan mengundang Nadhila Nasya Iskandar, Singer sekaligus Songwriter. Dilanjutkan dengan kegiatan workshop yang dibawakan oleh Marsya Nurmaranti yang merupakan Executive Director Indorelawan yang sekaligus merupakan Pembina Puan Bisa. Bagi kedua narasumber, penting untuk kita sebagai perempuan mempunyai role model atau contoh seseorang yang bisa dipelajari mengenai hal-hal baik dan juga mempelajari bagaimana sosok itu berjuang dengan keterbatasannya namun tetap menggapai cita-cita sehingga perlu mencari orang yang dapat dijadikan acuan guna menjadi inspirasi bagi perempuan muda Indonesia. 

Melalui acara Puan Bisa Festival ini diharapkan seluruh perempuan muda dapat mengeksplorasi potensi inspirasional mereka dengan cara mendapatkan ilmu praktikal untuk 'mempersiapkan' diri serta mendorong pola pikir agar menjadi pribadi yang menginspirasi untuk lingkungan sekitarnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading