Sukses

Food

5 Tips agar Kue Kering Lebaran Tidak Mudah Melempem dan Berjamur

Fimela.com, Jakarta Lebaran akan tiba, salah satu persiapan yang perlu dilakukan umat muslim mungkin adalah menyajikan kue kering. Bagi yang suka membuat kue kering mungkin sudah sibuk mempersiapkannya. Jika mempersiapkan jauh-jauh hari, satu kekhawatiran yang sering menghantui adalah kue kering jadi melempem atau tidak renyah lagi, bahkan bisa berjamur, apek dan tengik.

Agar kue kering tetap enak, renyah dan tidak rusak hingga lebaran selesai, kita bisa melakukan beberapa tips agar kue kering awet.

1. Sangrai tepung

Untuk mendapatkan kue yang awet dan renyah, sebaiknya sangrai dahulu tepung terigu yang akan diolah. Cara ini berfungsi menggurangi hingga menghilangkan kelembapan pada tepung, sehingga kue lebih renyah dan kering sehingga lebih awet saat sudah matang. Atau cara lain yang bisa dipakai adalah menjemur tepung di bawah sinar matahari yang terik.

2. Jangan mengulen dengan tangan

Saat menguleni adonan, sebaiknya tidak menggunakan tangan. Kalau pun menggunakan tangan, sebaiknya tidak perlu menguleni terlalu lama karena suhu panas dari tangan dapat membuat adonan menjadi keras atau bantat.

3. Hindari menggunakan topping buah kering

Jika kue kering memakai hiasan buah kering, sebaiknya panggang lagi hingga kering. Pastikan buah itu sudah benar-benar kering, agar tidak lembab ketika kue matang dan membuat kue jadi tidak renyah dan mudah berjamur.

4. Panggang dengan suhu yang tepat

Perhatikan proses memanggang, gunakan suhu yang tepat agar kue kering matang hingga bagian dalam. Seringkali kue kering tampak matang dari luar, tetapi bagian dalam masih basah. Hal ini bisa menyebabkan kue kering tidak tahan lama. Ketika dikemas di dalam stoples, kue kering cenderung cepat berjamur, apek, tengik dan melempem.

5. Jangan letakkan di tempat lembap

Setelah matang dan benar-benar dingin, simpan di dalam stoples yang kering. Setelah itu jangan lupakan cara penyimpanan kue kering yang sudah jadi. Hindari meletakkan atau menyimpannya di tempat-tempat lembap dan gelap karena pasti akan rawan melempem, berjamur dan tidak awet. Jika khawatir tidak tahan lama saat penyimpanan, sebaiknya buat kue kering mendekati lebaran dan cepat dihabiskan.

Itu dia beberapa tips agar kue kering lebaran tetap enak, renyah, awet dan tidak mudah rusak. Selamat mencoba.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading