Sukses

Food

9 Bahan Makanan Pengganti Nasi yang Cocok untuk Pejuang Diet

Fimela.com, Jakarta Nasi adalah bahan makanan yang memiliki kandungan tinggi karbohidrat. Sebagai pejuang diet, karbohidrat adalah kandungan makanan yang harus dihindari, karena bisa menyebabkan berat badan naik. Padahal karbohidrat adalah sumber energi yang dibutuhkan untuk tubuh.

Untuk mendapatkan sumber karbohidrat, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi makanan pengganti nasi, yang tentu saja lebih menyehatkan, serta tinggi akan kandungan serat.

Bahan makanan pengganti nasi sangat mudah untuk diolah, menyehatkan dan bisa membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga aman dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan program diet. Berikut bahan makanan pengganti nasi, yang dilansir dari Liputan6.com:

 

Bahan Makanan Pengganti Nasi yang Pertama

1. Kentang

Bahan makanan pengganti nasi yang pertama adalah kentang. Kentang merupakan bahan yang kerap kali dikonsumsi para pejuang diet, karena memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Agar lebih menyehatkan, kentang bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar bisa digunakan sebagai bahan makanan pengganti nasi. Karena ubi jalar mengandung karbohidrat, vitamin A dan rendah gula. Selain bisa menurunkan berat badan, ubi jalar ini juga bisa mencegah tingginya kadar gula di dalam tubuh.

3. Jagung

Jagung merupakan makanan yang cocok dikonsumsi pejuang diet. Jagung bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, karena mengandung serat, magnesium, fosfor, vitamin dan vitamin C. Jagung juga memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan kolesterol dan melancarkan sistem pencernaan.

 

 

Bahan Makanan Pengganti Nasi yang Selanjutnya

4. Oatmeal

Oatmeal adalah bahan makanan pengganti nasi, yang sering dikonsumsi para pejuang diet. Oatmeal memiliki kandungan serat, yang bisa membuat perut kenyang lebih lama, mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Beras Merah

Beras merah juga termasuk nasi, tetapi nasi yang terbuat dari beras merah lebih aman dikonsumsi, daripada nasi dari beras putih. Karena beras merah mengandung serat, rendah gula, vitamin B6, zinc dan zat besi.

6. Singkong

Singkong adalah bahan makanan pengganti nasi, yang hampir sama dengan kentang. Mengonsumsi singkong bisa membantu menurunkan berat badan, mencegah dehidrasi, mengatasi kelelahan dan mengobati sepsis atau infeksi darah.

Bahan Makanan Pengganti Nasi yang Terakhir

7. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang bisa diolah sebagai makanan pengganti nasi, yaitu dengan cara disangrai atau dikukus. Kandungan serat di dalam brokoli bisa membuat perut kenyang lebih lama, sedangkan kandungan vitamin C dan dan kalsium, bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

8. Kembang Kol

Hampir sama dengan brokoli, kembang kol juga bisa disangrai atau dikukus dan dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Kembangkan kol mengandung senyawa betakaroten, kuersetin, asam sinamat, beta-cryptoxanthin, vitamin C dan vitamin E, yang baik untuk sistem imunitas dan cocok untuk pejuang diet.

9. Pisang

Bahan makanan pengganti nasi yang terakhir adalah pisang. Kandungan karbohidrat pisang bisa dijadikan sebagai sumber energi harian, yang lebih menyehatkan daripada nasi. Di dalam pisang juga terkandung protein, serat,  kalium, zat besi, vitamin B6, vitamin C dan magnesium, yang bisa menurunkan berat badan, mengontrol tekanan darah dan meningkatkan sistem imunitas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading