Sukses

Food

Kreatifnya Orang Indonesia di Belanda Ubah Ayam Goreng KFC Jadi Ayam Geprek

Fimela.com, Jakarta Kerinduan dengan makanan Indonesia memang menjadi tantangan bagi mereka yang tinggal di luar negeri. Namun, bukanlah hal yang mustahil untuk menyulap dan berkreasi dengan tambahan bahan makanan agar dapat mencicip cita rasa Indonesia.

Salah satunya akun Tiktok @oktamenue, seorang warga Indonesia yang tinggal di Belanda. Perempuan yang rindu makanan Indonesia ini, menyulap ayam goreng cepat saji, KFC, menjadi ayam geprek. 

Ingin tahu bagaimana cara Oktaviani mengubah ayam goreng KFC menjadi sebuah makanan Indonesia yang biasa kita kenal. Simak informasinya berikut ini, dikutip dari liputan6.com.

Kunci dari sambal cobek

Lewat video Tiktok-nya, @oktamenue, ia memperlihatkan proses bagaimana mengubah ayam goreng KFC, menjadi ayam geprek. 

“Bagaimana saya, sebagai orang Indonesia makan KFC di Belanda,” sebutnya pada awal klip.

Setangkup nasi jadi hidangan pertama yang ia tampilkan di piring makannya. Kemudian, dengan cobek batunya, ia mengulek sambal sebagai bumbu dari ayam geprek. 

Terlihat ia mencampurkan cabai merah, dua siung bawang putih, setengah tomat berukuran sedang, garam secukupnya, gula dan bubuk jamur. 

Setelah seluruh bahan tersebut dihaluskan, ia menuang minyak panas untuk mendapatkan cita rasa sambal yang ia inginkan. Lalu, satu potong ayam goreng KFC tersebut ia campurkan dengan sambal yang ia buat.

Selesai menggeprek ayam goreng KFC agar tercampur dengan sambal, Oktaviani menghidangkan ayam tersebut dengan nasi putih dan sayur yang telah ia siapkan.

“Identitasnya berubah dari ayam goreng jadi ayam geprek,” ucapnya.

Melengkapi sajian ayam geprek yang ia buat tersebut, ia ditemani dengan kerupuk untuk memakannya. Konten Tiktok-nya meraih perhatian dari netizen. Video Oktaviani telah mencapai 288 ribu tontonan dan mengundang ratusan komentar. 

Dibanjiri komentar netizen

Tuai banyak komentar, beberapa netizen mengaku terinspirasi dengan “cara baru” ayam goreng KFC oleh akun @oktamenue

“Di Belanda? Saya akan mencobanya di sini, di Malaysia,” ujar seorang pengguna.

“Ko bisa punya cobek di belanda belinya dimana,” sahut akun @zyzyisme.

Omg suka banget kaya gini juga, soalnya ayam geprek di Jakarta gak seenak ayam geprek di Jogja,” ujar akun @666online.

Ada juga netizen luar yang menanyakan apa benar KFC Indonesia menyajikan nasi di menunya. Yang lain ikut berkomentar bahwa ayam geprek buatan Oktaviani merupakan yang “paling ayam geprek” ketimbang menu serupa yang dijual di Indonesia. Ini bukanlah pertama kali perbedaan ayam geprek menjadi perbincangan antar netizen. 

Perbedaan tekstur ayam

Perbincangan mengenai perbedaan ayam geprek di Yogyakarta dan wilayah lain memang benar adanya. Topik ini pernah disoroti foodgram Dadad Sesa atau yang lebih kenal dengan akun Instagram @javafoodie.

Melalui sebuah video singkat, pria yang tinggal di Yogyakarta tersebut menyoroti bagaimana ayam geprek di Yogyakarta diolah sampai hancur dan tercampur sempurna dengan sambalnya. Sementara, seperti di wilayah Jakarta dan lainnya, ayam geprek hanya dipenyek sedikit lalu dioleskan sambal.

“Ini baru ayam geprek. Pertama kali beli ayam geprek di Jakarta kaget kok begini doang,” sahut salah satu pengguna Instagram. 

Melalui konten ini, tak sedikit yang menyatakan setuju dengan pendapat akun @javafoodie

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading