Sukses

Food

Tips Membeli dan Menyimpan Ikan Teri Segar agar Awet

Fimela.com, Jakarta Ketika membeli ikan di pasar, kamu memang harus jeli agar bisa mendapatkan kondisi ikan yang segar dan berkualitas, tidak terkecuali dalam memilih ikan teri basah atau yang dijual segar.

Ikan teri segar bisa diolah sesuai selera dan lebih terasa lembut dagingnya dibandingkan yang kering. Jika tertarik membeli dan menyimpan ikan teri basah, ini dia beberapa tips yang bisa diterapkan.

Cara memilih dan membeli ikan teri segar

Jika menemukan ikan teri segar atau basah, jangan berharap seluruh badan ikan akan utuh. Dagingnya yang sangat lembut dan mudah memar seringkali membuat ikan teri segar mudah hancur. Namun jika bisa menemukan yang badannya utuh, ditekan teksturnya padat tidak lembek, dan aromanya tidak terlalu amis atau busuk, pilih ikan teri dengan kondisi tersebut. Pastikan juga ikan tidak berlendir dan matanya cerah.

Cara menyimpan ikan teri segar

1. Rendam air es

Setelah sampai di rumah, langsung cuci bersih dan rendam ikan teri di dalam air es untuk mempertahankan kesegarannya. Jika ingin langsung diolah, bersihkan ikan teri dengan cara mengeluarkan perut ikan, kemudian rendam air garam dan perasan jeruk nipis.

2. Simpan di dalam freezer

Jika tidak ingin diolah langsung, tiriskan dari air dan lap dengan tisu hingga kering. Bungkus ke dalam plastik kiloan, ratakan dan simpan di dalam freezer. Keluarkan ketika ingin dimasak. Menyimpan ikan teri segar di freezer bisa bertahan hingga berminggu-minggu.

Itu dia cara membeli dan menyimpan teri basah agar awet dan bisa disimpan dalam waktu lama.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading