Sukses

Food

Resep Kue Segumpal khas Lampung

Fimela.com, Jakarta Lampung memiliki kue tradisional asin gurih yang cocok untuk membuat perut kenyang, namanya adalah kue segumpal. Apakah ukurannya kecil-kecil seperti segumpal daging? Tidak juga, bentuknya cukup besar. Sekilas makanan ini mirip dengan lepet tapi tidak ada tambahan kacang merah di dalamnya. Cara membuatnya juga sangat mudah. Ini dia resepnya.

Bahan:

  • 250 gr beras ketan
  • 250 ml santan kekentalan sedang
  • 1/2 sdt garam
  • daun pisang secukupnya
  • Tali rafia

Cara membuat:

  1. Cuci bersih beras ketan, tiriskan. Akan lebih empuk jika sebelumnya direndam selama paling tidak 2 jam.
  2. Tuang santan ke dalam wajan, masukkan beras ketan dan garam. Masak hingga santan habis sambil terus diaduk. Cara ini sebagai ganti proses aron di kukusan yang agak lama.
  3. Panaskan kukusan. Alasi dengan daun pisang secukupnya. Masukkan ketan yang sudah dimasak tadi dan ratakan. Kukus selama 20 menit. 
  4. Panaskan daun pisang di atas api. agar tidak kaku saat dilipat sebagai pembungkus. 
  5. Jika ketan sudah matang, angkat dan buat bulatan lonjong sepanjang kepalan tangan. Tunggu hingga hangat agar tidak terlalu panas saat dibentuk. Gunakan plastik sebagai alas agar tidak lengket. Lakukan hingga habis.
  6. Bungkus setiap gumpalan ketan dengan daun pisang. Ikat dengan tali rafia. Lakukan hingga habis.
  7. Siapkan panci rebusan yang besar. Masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Rebus kurang lebih 1-2 jam. Tiriskan dan dinginkan kue segumpal.

Potong-potong kue segumpal khas Lampung dan siap dinikmati. Kue segumpal ini bisa dimakan begitu saja atau bisa dijadikan pengganti nasi.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading