Sukses

Food

Putri Habibie Populerkan Pangan Lokal Patin jadi Makanan Kekinian Pas untuk Ide Jualan

Fimela.com, Jakarta Penggunaan bahan pangan lokal dalam asupan makanan sehari-hari terus digencarkan. Sebab selain mudah didapat dan memiliki harga lebih terjangkau, kandungan gizinya juga dapat memenuhi kebutuhan harian.

Salah satunya ikan patin yang menjadi hasil budidaya ikan lokal di Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, Bandung, Jawa Barat. Ikan patin yang mudah diperoleh di Desa Ciroyom memiliki kandungan gizi tinggi yang mencakup 132 kalori, 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan 1,1 gram karbohidrat.

Melihat hal tersebut, Putri Habibie menggelar penyuluhan gizi dan kelas praktik memasak berbahan dasar ikan patin bersama kelompok Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Ciroyom. Putri menyiapkan tiga menu berbahan dasar ikan patin menjadi kekinian yaitu nugget patin, bakso ikan patin, dan pempek ikan patin.

"Ketiga resep tersebut punya adonan yang sama, jadi memudahkan para ibu untuk memasak. Plus bisa menjadi produk yang bisa dijual dan menghasilkan," ujar Putri Habibie dalam press conference virtual, langsung dari Desa Ciroyom, Rabu,(27/1/2022).

 

Memenuhi Asupan Gizi Keluarga Atau untuk Usaha

Kegiatan ini merupakan bagian dari program utama Yayasan Berdaya Putri Habibie yang bertajuk “Pangan Lokal Bergizi” (PLB). Setelah meluncurkan Yayasan Berdaya pada akhir tahun 2021, Putri mulai melaksanakan program yayasan secara bertahap.

“Menyusul launching Yayasan Berdaya Putri Habibie, aku menerima banyak respon dari teman-teman di berbagai daerah di Indonesia. Mereka tertarik untuk mengikuti program Pangan Lokal Bergizi, yang mencakup penyuluhan gizi dan kelas praktik memasak menggunakan bahan pangan lokal. Salah satu yang paling banyak memberikan respon adalah Kelompok Ibu PKK di Jawa Barat ini,” ungkap Putri. 

Putri bekerja sama dengan Kepala Desa Ciroyom, H. Wawan Suwandi, untuk menggelar kelas praktik memasak dan memberikan penyuluhan tentang pangan bergizi. Melalui acara perdana di tahun ini, Putri ingin berfokus pada upayanya meningkatkan literasi gizi masyarakat, serta memperkenalkan resep makanan yang kaya akan gizi dan mudah diaplikasikan. 

“Kelompok Ibu PKK di desa kami cukup aktif dan semangat dalam mempelajari hal baru. Saya berharap kegiatan ini dapat membantu warga untuk memahami tentang gizi lebih baik lagi dan warga dapat memanfaatkan resep nugget ikan patinnya untuk keluarga ataupun usaha,” ucap Wawan. 

#WomenForWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading